8 Tanda Seseorang Tulus Mencintai Meski Mustahil untuk Memiliki

Mimi Rohmitriasih diperbarui 27 Jul 2024, 08:35 WIB

Fimela.com, Jakarta Cinta yang tulus sering kali ditandai oleh pengorbanan dan ketulusan hati. Bahkan, ketika orang tersebut tahu bahwa mereka tidak bisa memiliki orang yang mereka cintai. Cinta semacam ini tidak selalu mencari balasan atau kepemilikan. Melainkan, lebih pada kebahagiaan dan kesejahteraan orang yang dicintai. 

Saat seseorang tulus mencintai meski mustahil untuk memiliki, akan ada beberapa sikapnya yang bisa dimengerti. Berikut adalah beberapa tanda seseorang mencintai dengan tulus meski tak bisa memiliki.

What's On Fimela
2 dari 9 halaman

Mengutamakan Kebahagiaan Orang yang Dicintai

ilustrasi pasangan bahagia/Julia Anne/Shutterstock

Orang yang mencintai dengan tulus akan selalu menempatkan kebahagiaan orang yang dicintai di atas keinginannya sendiri. Ia ingin melihat orang yang mereka cintai bahagia, bahkan jika kebahagiaan tersebut tidak melibatkannya. Orang ini mungkin akan merasa sakit hati, tapi kebahagiaan orang yang dicintai tetap menjadi prioritas utama baginya.

3 dari 9 halaman

Memberi Dukungan Tanpa Syarat

ilustrasi teman pria/milatas/Shutterstock

Cinta yang tulus tidak memerlukan imbalan atau pengakuan. Ia yang mencintai dengan tulus, akan selalu siap memberikan dukungan. Baik itu dalam bentuk dorongan, nasihat, atau sekadar menjadi pendengar yang baik. Orang ini akan ada di sana dalam suka dan duka. Tentunya tanpa mengharapkan apapun sebagai balasan dari orang yang dicintai.

4 dari 9 halaman

Menghargai Keputusan Orang yang Dicintai

ilustrasi pasangan cinta/Image by freepik

Orang yang cintanya tulus, selalu menghormati dan menerima keputusan orang yang dicintai. Bahkan, jika keputusan tersebut berarti ia harus melepaskan atau memendam dalam perasaannya. Orang ini memahami bahwa setiap orang berhak membuat pilihan yang terbaiknya. Termasuk pilihan dari orang yang dicinta tanpa memaksa atau mengendalikannya.

5 dari 9 halaman

Menjaga Jarak yang Sehat

Ilustrasi pasangan bahagia. /copyright pixabay.com/HuyNgan

Orang yang mencintai dengan tulus akan menjaga jarak jika itu yang terbaik untuk orang yang dicintai. Ia memahami bahwa kehadirannya bisa menjadi beban emosional atau bahkan menghalangi kebahagiaan orang yang dicintainya. Jadi, ia memilih untuk mundur, meskipun itu berarti ia harus mengorbankan perasaannya sendiri.

6 dari 9 halaman

Bersikap Positif

Ilustrasi pasangan /copyright unsplash.com/aranprime

Alih-alih menyebarkan perasaan negatif atau bersikap negatif, orang yang tulus mencintai akan selalu bersikap positif. Jangankan membuat orang yang dicintai merasa bersalah karena tidak membalas perasaanya, ia justru bersikap sebaik mungkin dan meyakinkan orang yang dicintai untuk meraih bahagianya sendiri. Ia tidak akan merusak hubungan atau menciptakan drama, tetapi sebaliknya akan mencoba untuk tetap positif dan mendukung orang dicintainya.

7 dari 9 halaman

Mengelola Perasaan dengan Bijaksana dan Dewasa

ilustrasi pasangan cinta/tawan75/Shuttterstock

Orang ini mampu mengelola perasaannya dengan cara yang dewasa. Ia tidak menekan perasaan tersebut atau mengabaikannya. Tetapi belajar untuk menerimanya sebagai bagian dari hidup. Ia senantiasa bersikap bijaksana akan perasaannya yang terkadang tak karu-karuan.

8 dari 9 halaman

Menghargai Kebebasan Orang yang Dicintai

Ilustrasi pasangan muslim, Islami, gombalan. (Photo created by wirestock on www.freepik.com)

Orang yang tulus akan menghargai kebebasan dan kemandirian orang yang dicintai. Cinta yang tulus bukan berarti harus mengikat atau membatasi. Sebaliknya, ia memberi ruang untuk tumbuh dan berkembang bahkan jika tanpa dirinya. Orang ini selalu ingin orang yang dicintai memiliki kebebasan untuk mengejar mimpi dan kebahagiaannya. Bahkan tanpa melibatkannya.

9 dari 9 halaman

Bahagia dalam Memberi

Ilustrasi pasangan romantis | copyrigght freepik.com

Ketulusan sejati dapat ditemui dalam kebahagiaan dalam memberi.. Cinta yang tulus sering kali berarti memberikan tanpa mengharapkan apapun kembali. Ia merasakan kepuasan dalam melihat orang yang dicintai bahagia, dan itulah kebahagiaan terbesar baginya.

Cinta yang tulus adalah cinta yang tidak mengenal batasan atau syarat. Ini adalah cinta yang murni dan penuh pengorbanan, di mana kebahagiaan orang yang dicintai menjadi prioritas utama. Apakah kamu telah menemukan orang dengan cinta tulus dan sejati seperti ini Sahabat Fimela. Jangan pernah menyia-nyiakan cinta yang sebaik ini. Semoga informasi ini bermanfaat.