7 Tanda Orang yang Sangat Baik, Namun Kerap Dipermainkan Orang Lain

Mimi Rohmitriasih diperbarui 27 Jul 2024, 09:35 WIB

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki karakter masing-masing dalam dirinya. Ada orang-orang dengan karakter mengesankan dan sangat baik hati. Tapi tak sedikit orang yang memiliki karakter misterius dan terkadang cukup menjengkelkan. Kehadiran orang baik senantiasa membawa kedamaian di sekitarnya. Sayangnya, kebaikan seseorang tak jarang justru dimanfaatkan oleh orang lain yang tak bertanggung jawab. 

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita temui orang-orang dengan kebaikan luar biasa. Mereka termasuk pribadi yang selalu berusaha membantu orang lain, bersikap ramah, dan penuh perhatian. Namun, kebaikan hati mereka kadang-kadang justru menjadi sasaran bagi orang-orang yang berniat buruk. Tidak sedikit dari kebaikan orang ini justru kerap dipermainkan oleh orang lain. Saat orang kebaikan seseorang kerap dipermainkan, ada beberapa tanda yang bisa menunjukkannya. 

Berikut beberapa tanda orang baik yang justru kerap dipermainkan dan dimanfaatkan orang lain.  

What's On Fimela
2 dari 8 halaman

Percaya Sepenuhnya ke Semua Orang

Ilustrasi perempuan cantik dan keren/copyright freepik.com/tirachardz

Orang baik cenderung memiliki pandangan positif terhadap orang lain. Mereka sering kali memberikan kepercayaan penuh kepada orang-orang di sekitarnya, tanpa mempertimbangkan kemungkinan bahwa ada orang yang mungkin memanfaatkan kepercayaan tersebut untuk keuntungan pribadi. Mereka selalu berusaha percaya pada siapapun. Bahkan ketika ia jelas-jelas telah dibongi. Orang baik yang dipermainkan, biasanya memiliki sikap penuh percaya kepada siapapun. 

 

3 dari 8 halaman

Sulit Mengatakan Tidak

ilustrasi perempuan karir/photo created by lookstudio - www.freepik.com

Salah satu ciri khas orang baik adalah kesulitan mereka untuk mengatakan tidak. Mereka cenderung merasa bersalah atau khawatir akan mengecewakan orang lain jika menolak permintaan. Hal ini membuat mereka rentan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Menjadi orang baik adalah keharusan, namun kamu juga perlu lebih tegas pada diri sendiri pun orang lain. Beranikan diri untuk mengatakan tidak pada apapun yang kiranya merugikan dan buruk buatmu. 

 

4 dari 8 halaman

Sangat Pemaaf

Ilustrasi perempuan cantik menawan/copyright freepik.com/bristekjegor

Orang yang baik sering kali memiliki sifat pemaaf yang tinggi. Mereka cenderung memberi kesempatan kedua, ketiga, bahkan keempat kepada orang yang telah menyakiti atau memanfaatkan mereka. Sayangnya, sikap ini sering kali dimanfaatkan oleh orang yang tidak jujur. Orang yang terlalu baik dan pemaaf, tidak jarang jadi sasaran empuk bagi orang-orang yang bersikap buruk dan mencari keuntungannya sendiri. 

 

5 dari 8 halaman

Mengutamakan Kepentingan Orang Lain

ilustrasi perempuan bahagia/photo created by tirachardz - www.freepik.com

Mereka yang bersikap baik dan kerap dipermainkan, biasanya adalah orang-orang yang begitu mengutamakan kepentingan orang lain. Orang ini cenderung mengutamakan kebahagiaan orang lain di atas kebahagiaannya sendiri. 

 

6 dari 8 halaman

Suka Menghindar dari Konflik

ilustrasi perempuan sedih/photo created by wayhomestudio - www.freepik.com

Orang yang terlalu baik hatinya, sering kali menghindari konflik dan lebih memilih untuk menjaga kedamaian. Mereka cenderung mengalah atau diam demi menghindari pertengkaran, yang sayangnya sering dimanfaatkan oleh orang yang ingin mengambil keuntungan. Sikapnya ini kerap menjadi alasan bagi orang lain untuk bersikap buruk dan memanfaatkannya saja. 

 

7 dari 8 halaman

Punya Empati Tinggi

Ilustrasi perempuan yang cantik dan tulus | copyright freepik.com/lifeforstock

Memiliki tingkat empati yang tinggi adalah hal yang mulia dalam diri. Namun, empati yang terlampau tinggi membuat seseorang tampak lemah. Ini menjadi sikap yang membuatnya dinilai mudah dimanfaatkan. Orang baik dengan sikap ini, sering kali tergerak untuk membantu tanpa berpikir panjang. Yang kadang-kadang, membuat mereka rentan dimanfaatkan oleh orang yang berpura-pura membutuhkan bantuan.

 

8 dari 8 halaman

Rendah Hati Namun Pemalu

ilustrasi perempuan sedih/photo created by jcomp - www.freepik.com

Orang baik biasanya rendah hati dan tidak suka menonjolkan diri. Mereka lebih suka bekerja di balik layar dan tidak mencari pujian atau pengakuan. Sifat ini kadang membuat mereka dianggap lemah atau mudah dimanfaatkan oleh orang lain. Sikap ini juga kerap membuatnya dipermainkan oleh orang-orang di sekitarnya. 

 

Itulah sekian sikap dari orang baik yang membuatnya mudah dipermainkan oleh orang baik. Bersikap baik dan mulia kepada semua orang adalah hal yang mengesankan. Namun, kita harus tahu batasan dan lebih bijak dalam berbuat kebaikan. Jangan sampai kebaikan kita yang tulus, justru dimanfaatkan dan membuat orang lain mempermainkan kita. Semoga informasi ini bermanfaat.