4 Jus Buah yang Cocok untuk Detox Tubuh, Bantu Bikin Kulit dan Pencernaan Lebih Sehat

Gloria Trivena May Ary diperbarui 24 Jul 2024, 19:46 WIB

Fimela.com, Jakarta Sering nggak disadari, sebenarnya di dalam tubuh sendiri terdapat banyak racun dan zat-zat kurang baik lainnya yang bila didiamkan saja akan menjadi masalah bagi kesehatan. Oleh karena itulah, dibutuhkan proses detox agar racun-racun atau berbagai zat kurang baik tersebut dapat keluar dari dalam tubuh. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk detoxifikasi tubuh ini adalah dengan rajin minum jus buah.

Yup, buah-buahan pada dasarnya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang amat kaya, sehingga mampu memberikan banyak khasiat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Tapi, buah macam apa sih yang kira-kira bisa dibikin jus untuk detox tubuh. Bagi yang penasaran, ini dia rekomendasinya. 

What's On Fimela
2 dari 5 halaman

1. Jus Buah Berry

Ilustrasi jus stroberi./Copyright pixabay.com

Jika kamu ingin mendetoxifikasi tubuh agar kulit dan pencernaan lebih sehat, cobalah untuk minum jus buah berry. Berbagai buah berry, seperti stroberi, blueberry, blackberry,hingga blackcurrant memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta berbagai vitamin yang berkhasiat. 

Dengan rajin minum jus buah yang terbuat dari aneka berry ini, tubuh pun akan menjadi lebih bersih, terhindar dari efek samping radikal bebas, serta mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker hingga penyakit jantung. Selain itu, jus buah berry ini juga cukup ampuh lho untuk bantu menurunkan berat badan dan bikin kulit lebih kinclong. Buat yang ingin merasakan manfaatnya, kamu bisa banget minum jus buah berry ini dengan rutin setiap hari.

3 dari 5 halaman

2. Jus Pepaya

ilustrasi resep jus pepaya/Umpaporn/Shutterstock

Buah pepaya pun dapat dijadikan jus dan diminum untuk bantu mengeluarkan racun-racun serta berbagai zat kurang baik di dalam tubuh. Ya, pepaya sendiri dikenal memiliki kandungan vitamin C yang baik, sehingga bagus untuk melawan zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, pepaya juga memiliki enzim papain, yang bantu memudahkan pemecahan protein dan pencernaan. Inilah mengapa, rajin mengonsumsi jus pepaya bisa membuat sistem pencernaan dan kulit menjadi lebih terawat.

4 dari 5 halaman

3. Jus Apel

ilustrasi jus apel/Africa Studio/Shutterstock

Siapa yang suka dengan jus apel? Ya, selain dari rasanya yang begitu nikmat, ternyata apel juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk bantu mendetox tubuh dan membuatnya jadi lebih sehat serta bugar. 

Di dalam apel sendiri terdapat kandungan vitamin, mineral, dan fiber yang amat tinggi. Selain itu, buah ini juga kaya phytochemical dan pectin, yang berguna membantu dalam proses detoksifikasi tubuh. Dengan mengonsumsi jus apel, kondisi tubuh pastinya akan terasa lebih baik sehingga kamu pun dapat beraktivitas dengan lebih lancar. 

5 dari 5 halaman

4. Jus Lemon

Jus lemon dapat dijadikan bahan alami untuk perawatan kulit/copyright freepik

Last but not least, ada jus lemon yang jadi salah satu pilihan tepat untuk mendetox tubuh. Meskipun memiliki rasa yang asam, namun buah berwarna kuning ini telah dikenal akan kandungan vitamin C dan antioksidannya yang begitu tinggi. Dengan berbagai nutrisi baik ini di dalamnya, nggak heran jika buah ini sering dimanfaatkan untuk melawan racun yang ada di dalam tubuh. 

Itu dia sejumlah jus buah yang bisa kamu coba sendiri untuk bantu mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Bagaimana, tertarik mencobanya? Nah, untungnya, membuat jus buah di rumah kini nggak perlu repot-repot lagi. Sebab, ada mesin juicer berkualitas yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir untuk mengubah buah-buahan menjadi jus yang super nikmat. 

Menariknya lagi, beberapa mesin juicer yang dijual di pasaran saat ini pun juga dapat menekan sari buah dan sayur dengan lebih maksimal. Sehingga, jus yang dihasilkan bisa lebih mudah diminum dan nutrisi yang ada di dalamnya pun bisa tetap terjaga.