Perubahan Gaya Hidup untuk Mengurangi Rambut Rontok, Cobain untuk Rasakan Manfaatnya

Gloria Trivena May Ary diperbarui 17 Jul 2024, 20:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Perubahan gaya hidup untuk mengurangi rambut rontok sangat diperlukan apabila kamu ingin berpenampilan menarik dan paripurna. Ya, rambut rontok berlebih merupakan salah satu masalah rambut yang kerap terjadi dan bikin banyak orang kesal. Rambut yang mudah berguguran tanpa ada aba-aba hingga sisir yang selalu dipenuhi dengan banyak helai rambut, siapa yang akan senang jika situasi ini sampai terjadi?

Nah, perlu diketahui pula bahwa kerontokan pada rambut dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah penerapan gaya hidup yang kurang baik dalam kehidupan sehari-hari. Sering stres berlebihan, jarang makan makanan yang bernutrisi, hobi begadang, serta penggunaan peralatan styling rambut nyatanya adalah beberapa kebiasaan yang menyebabkan rambut rontok. Itulah mengapa, berbagai kebiasaan buruk ini wajib dihentikan atau dihindari agar rambut nggak rontok dan terjaga kesehatannya.

Perubahan gaya hidup untuk mengurangi rambut rontok sendiri dapat dilakukan dengan hal-hal yang sederhana. Walau begitu, kunci suksesnya tentu berasal dari diri kamu sendiri. Jika ingin mengubah lifestyle sebagai cara mengatasi rambut rontok parah, kamu wajib memiliki komitmen yang kuat dan keinginan untuk besar untuk bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sebab, dengan begitulah, mengatasi rambut rontok secara alami akan bisa membawakan hasil yang memuaskan dan bantu kamu untuk wujudkan penampilan rambut yang sehat, kuat, dan tentunya indah.

Lantas, perubahan gaya hidup untuk mengurangi rambut rontok seperti apakah yang seharusnya diterapkan dalam keseharian? Temukan jawabannya berikut ini.

1. Pola Makan yang Seimbang

Menjaga pola makan yang sehat serta seimbang merupakan salah satu perubahan gaya hidup untuk mengurangi rambut rontok yang wajib diterapkan. Ketahuilah bahwa makanan untuk rambut rontok sendiri dapat menjadi kunci yang sangat penting apabila kamu ingin mengatasi kerontokan. Sebab, di dalam makanan, terdapat berbagai macam nutrisi yang bikin rambut lebih sehat serta kuat. 

Pastikan kamu mengonsumsi aneka ragam makanan untuk rambut rontok yang kaya akan protein, zat besi, dan vitamin, terutama vitamin A, C, serta E. Berbagai nutrisi ini dapat ditemukan dengan mudah pada daging tanpa lemak, telur, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau, dan buah-buahan berwarna cerah. Jika rutin menjalankan kebiasaan yang menyebabkan rambut rontok satu ini, pastinya rambut akan bisa menjadi lebih kuat dan kerontokan pun berkurang. 

2. Penuhi Waktu Istirahat yang Cukup

What's On Fimela
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Piya_kiewkamjeen

Selain menjaga setiap makanan untuk rambut rontok yang masuk ke dalam tubuh, penting pula bagi kamu untuk selalu memperhatikan waktu istirahat setiap harinya. Tidur di malam hari merupakan kebutuhan dasar dari setiap manusia. Sebab, dengan tidur, tubuh bisa menjalankan setiap fungsinya dengan baik dan mencegah kehadiran penyakit tertentu. Akan tetapi, apa jadinya bila tubuh nggak mendapatkan waktu istirahat malam yang cukup?

Tentu saja, daya tahan tubuhmu akan menurun dan jadi lebih rentan terkena masalah kesehatan. Bukan hanya itu saja, menurunnya imunitas ini nyatanya juga berdampak pada kesehatan rambutmu, lho. Berbagai permasalahan, termasuk rambut rontok berlebihan, dapat menimpa kehidupanmu. Inilah mengapa, dalam upaya mengatasi rambut rontok secara alami, tidur malam memiliki peran yang penting dan sudah seharusnya dijalani dengan benar. 

Perubahan gaya hidup untuk mengurangi rambut rontok yang satu ini dapat dilakukan selama 7-8 jam setiap harinya. Ingat pula, untuk membuat aktivitas tidurmu lebih berkualitas, ya. Caranya, hindari semua gangguan yang bisa saja mendistraksi tidurmu, misalnya seperti smartphone atau TV yang menyala. Lalu, ciptakan suasana ruang tidur yang nyaman dan tenang. Yuk, cobain perubahan cara mengatasi rambut rontok parah ini.

3. Rajin Berolahraga di Waktu Luang

Perubahan gaya hidup untuk mengurangi rambut rontok selanjutnya adalah rajin berolahraga. Rambut rontok parah karena apa? Jika akhir-akhir ini rambutmu lebih rentan rontok, mungkin saja salah satu penyebabnya yaitu peredaran darah pada kulit kepala yang nggak lancar. Hal seperti ini bisa diatasi, salah satunya dengan rutin berolahraga di sela-sela kesibukanmu.

Nyatanya, olahraga nggak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kesehatan rambut. Aktivitas fisik yang teratur meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, yang membantu menstimulasi folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Untuk cara mengatasi rambut rontok parah, cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang. 

4. Hindari Stres Berlebihan

ilustrasi perempuan meditasi/photo created by karlyukav - www.freepik.com

Rambut rontok parah karena apa? Salah satu penyebab rambut rontok parah ini biasanya terjadi karena faktor stres. Masalah psikologi ini memang bisa terjadi pada siapa saja dalam kondisi apa saja. Puncaknya, seseorang akan merasa stres apabila mereka mendapatkan beban atau tekanan yang sangat besar, entah dari sekolah, rumah, hingga tempat kerja. Tapi ketahuilah bahwa stres sendiri bukan sesuatu yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk rambut kamu. 

Stres dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut, menyebabkan rambut rontok lebih banyak dari biasanya. Inilah mengapa, perlu dilakukan perubahan gaya hidup untuk mengurangi rambut rontok, misalnya saja dengan mengelola stres dengan baik dan bijak. Untuk mengelola stres agar rambut nggak rontok, coba praktikkan teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, atau olahraga ringan. Di sisi lain, tidur yang cukup juga penting untuk mengurangi stres dan menjaga kesehatan rambut.

5. Rutin Keramas dengan Sampo yang Tepat

Rambut rontok parah karena apa? Mungkin saja salah satunya akibat kebersihan kepala yang kurang terjaga. Oleh karena itu, agar rambut nggak rontok, penting bagi kamu untuk senantiasa menjaga kesehatan kulit kepala serta batang rambut. Caranya adalah dengan rutin keramas menggunakan produk sampo untuk rambut rontok. 

Mengatasi masalah rambut rontok berlebihan dengan rajin keramas dapat dilakukan setiap dua kali seminggu. Jika kamu melakukannya lebih dari itu atau bahkan setiap hari, yang ada rambut akan semakin kering dan kerontokan pun bakal lebih parah. Selain itu, perhatikan pula produk sampo yang digunakan. Sesuaikan dengan jenis kulit kepala dan rambutmu biar hasil perawatan bisa lebih maksimal.

6. Menggunakan Vitamin Rambut yang Menutrisi

Vitamin rambut. (c) Shutterstock/Ivanna Pavliuk

Asal kamu tahu bahwa kebiasaan yang menyebabkan rambut rontok dapat berasal dari kegiatan styling yang kerap dilakukan sehari-hari. Suhu panas dari alat-alat tersebut dapat menghilangkan kelembapan alami pada rambut dan membuatnya kering serta gampang rontok. Inilah mengapa, sebagai solusinya, kamu dari menggunakan vitamin untuk rambut rontok parah yang sesuai.

Lantas, rambut rontok kurang vitamin apa dan bagaimana cara memilih vitamin yang tepat untuk mengatasi rambut rontok secara alami? Kerontokan yang terjadi pada rambut merupakan hasil dari kurangnya vitamin B, D, hingga E. Sementara untuk memilih vitamin yang tepat, kamu bisa mencari produk yang dilengkapi dengan kandungan alami dan juga heat protector, yang mampu menjaga rambut dari paparan suhu panas.

7. Gunakan Produk Perawatan Rambut Lainnya yang Bermanfaat

Selain dengan sampo dan vitamin, jangan lupa lengkapi pula perawatan lainnya agar rambut nggak rontok. Nyatanya, melakukan perawatan rambut dengan nggak maksimal dapat menjadi salah satu kebiasaan yang menyebabkan rambut rontok berlebihan. Oleh karena itu, atasi permasalahan rambut rontok berlebihan dengan rangkaian perawatan yang tepat, mulai dari menggunakan sampo, masker rambut, kondisioner, serum rambut, hingga vitamin rambut untuk rambut rontok. 

Menggunakan produk perawatan rambut yang tepat dan teknik yang baik bisa membantu mengurangi rambut rontok. Di sisi lain, hindari penggunaan alat pemanas seperti pengering rambut, catokan, atau alat pengeriting terlalu sering karena dapat merusak rambut. Selain itu, hindari mengikat rambut terlalu kencang agar batang rambut nggak patah atau rontok.

8. Konsumsi Suplemen Kesehatan

Ilustrasi Perempuan Minum Suplemen Kesehatan via Shutterstock.com

Cara mengatasi rambut rontok parah berikutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen kesehatan. Perubahan gaya hidup seperti ini tentunya dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan rambutmu. Apalagi jika penyebab rambut rontok parah karena kurangnya nutrisi penting dalam tubuh.

Agar rambut nggak rontok, kamu bisa mengonsumsi suplemen ini secara rutin. Pilih produk suplemen kesehatan yang berkualitas dan telah teruji secara klinis. Selain itu, cari juga yang memiliki dosis rendah, biar lebih minim efek samping dan juga nggak membahayakan kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. 

Satu hal yang perlu diingat, kamu wajib berkonsultasi dulu kepada dokter profesional untuk memastikan apakah hal seperti aman bagi tubuhmu atau nggak. Sebab, kondisi tubuh setiap orang pastinya berbeda-beda, termasuk pula dirimu. Selain itu, hindari penggunaan suplemen kesehatan untuk rambut rontok yang berlebihan. Ini karena mengonsumsi sesuatu yang berlebihan bukanlah hal yang baik dan sangat nggak direkomendasikan. 

9. Hindari Gaya Hidup yang Kurang Baik

Tips mengatasi rambut rontok secara alami yang terakhir dapat dicoba dengan menghindari gaya hidup yang kurang baik. Mungkin kamu sudah melakukan perawatan rambut rontok dengan penggunaan produk-produk hair care. Bisa juga bila kamu sudah rajin makan makanan yang sehat serta mengonsumsi suplemen kesehatan dengan mengikuti saran dari dokter. Tapi, semua hal ini nyatanya akan sia-sia saja apabila kamu masih melakukan gaya hidup negatif lainnya yang dapat berdampak pada kesehatan dan keindahan rambutmu.

Rambut rontok parah karena apa? Perlu kamu sadari bahwa beberapa kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol secara berlebihan dapat memengaruhi kesehatan rambut. Merokok dapat mengganggu aliran darah ke kulit kepala, sementara alkohol dapat mengurangi penyerapan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan rambut. Itulah mengapa, mengurangi atau berhenti dari kebiasaan-kebiasaan ini dapat memiliki efek positif pada kesehatan rambut kamu dan menjadi tips agar rambut nggak rontok.

Well, itu dia beberapa perubahan hidup yang dapat dicoba sebagai ragam cara mengatasi rambut rontok parah. Pada dasarnya, mengurangi rambut rontok memang memerlukan pendekatan yang holistik dengan mengubah beberapa aspek gaya hidup kamu. 

Dengan menerapkan pola makan yang seimbang, mengelola stres, merawat rambut dengan benar, berolahraga secara teratur, menghindari kebiasaan buruk, dan lain sebagainya, kamu dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mengurangi kerontokan rambut secara signifikan. Ingatlah bahwa hasil dari melakukan berbagai hal ini mungkin nggak langsung terlihat, tetapi dengan konsistensi dan kesabaran, kamu pasti akan melihat perbedaan yang positif. Selamat mencoba!