10 Makanan yang Membuat Kulit Makin Cantik dan Sehat

Mimi Rohmitriasih diperbarui 15 Jul 2024, 19:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin memiliki kulit cantik, menawan dan tampak awet muda? Bisa dipastikan bahwa semua orang terutama para perempuan menginginkan hal ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan demi dapatkan kulit yang tampak awet muda. Salah satunya yakni memerhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Para ahli mengungkapkan jika makanan berperan penting pada kesehatan dan kecantikan terutama kulit. 

Selain perawatan dari luar, asupan nutrisi dari dalam juga sangat penting untuk memiliki kulit yang mengesankan. Makanan yang kamu konsumsi sehari-hari bisa berdampak besar pada kesehatan dan penampilan kulit. Dari laman healthline.com, berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu kulitmu tampak awet muda. Inilah sekian makanan yang bisa bikin kulit makin cantik dan sehat.

 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

Buah-buahan Jenis Beri

Buah beri memiliki antioksidan alamui untuk detoksifikasi/copyright freepik/topntp26

Buah-buahan dari keluarga beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat. Antioksidan melawan radikal bebas yang merusak kulit, sementara vitamin C membantu produksi kolagen yang menjaga elastisitas kulit. Konsumsi buah-buahan ini secara rutin dengan porsi tepat akan membantumu dapatkan kulit cantik dan sehat. Ini juga sangat baik dalam mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Ini bahkan bisa memaksimalkan kesehatan jantung dan organ penting lainnya. 

Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, dan melawan penuaan dini. Omega-3 juga membantu mengurangi kekeringan dan mencegah jerawat. Ikan berlemak bahkan dipercaya sangat baik buat kesehatan otak. 

 

 

3 dari 6 halaman

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik buat kecantikan kulit. (Foto: Unsplash.com/Dan Burton)

Kacang almond, kenari, dan biji chia adalah sumber vitamin E, selenium, dan asam lemak esensial. Vitamin E melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan membantu menjaga kelembapan kulit, sementara selenium membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Ini juga baik buat kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli kaya akan vitamin A, C, dan K serta folat. Vitamin A membantu memperbaiki jaringan kulit, vitamin C meningkatkan produksi kolagen, dan vitamin K membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Sayuran hijau wajib dikonsumsi sehari-hari tak hanya untuk kulit tetapi juga untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

 

4 dari 6 halaman

Teh Hijau

ilustrasi teh hijau/photo By KMNPhoto (Shutterstock)

Teh hijau mengandung katekin, antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan memperbaiki elastisitas kulit. Minum teh hijau secara rutin juga membantu mengurangi peradangan dan menjaga kelembapan kulit. Ini juga baik dalam menstabilkan berat badanmu. 

Tomat

Tomat kaya akan likopen, sebuah antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan membantu meningkatkan tekstur kulit. Mengonsumsi tomat secara rutin akan cukup membantu kulit tampak lebih cerah dan sehat. Ini bahkan bisa menurunkan koelsterol, kadar gula dan mencegah risiko kanker dalam tubuh. 

 

5 dari 6 halaman

Alpukat

ilustrasi es krim/Brent Hofacker/Shutterstock

Buah alpukat mengandung lemak sehat, vitamin E, dan vitamin C yang semuanya penting untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Alpukat juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Ini bahkan baik buat kecerdasan otak. Ini juga membantu melancarkan program diet dengan mengurangi berat badan berlebih. 

Cokelat Hitam

Cokelat hitam yang mengandung setidaknya 70% kakao kaya akan flavonoid yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan meningkatkan hidrasi serta kelembutan kulit. Ini juga baik dalam menjaga kesehatan jantung. Ini juga menurunkan risiko stres atau depresi. Suasana hati yang bahagia dengan konsumsi cokelat hitam, akan cukup membantumu tampak awet muda dan lebih menawan. 

 

6 dari 6 halaman

Yogurt

Ilustrasi Yogurt Credit: unsplash.com/Sara

Yogurt mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan dan kulit. Probiotik membantu mengurangi peradangan dan jerawat, serta meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Mau kulit sehat dan cantik, usahakan untuk konsumsi yogurt secara teratur. 

Air Putih

Tidak kalah penting, air putih adalah kunci untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat. Minum cukup air setiap hari membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga kelembapan kulit dari dalam. Ini membantu membuat kulit tampak segar, awet muda dan sehat. Ini juga mempercantik kulit dan organ tubuh secara keseluruhan. 

Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut secara rutin, kamu bisa membantu menjaga kulit tetap sehat, awet muda, dan cantik. Ingatlah bahwa kecantikan kulit tidak hanya bergantung pada perawatan luar, tetapi juga dari apa yang kamu makan setiap hari. Semoga informasi ini bermanfaat.