Cara Membuat Kacang Kedelai pada Rempeyek Lebih Renyah dan Empuk

Mimi Rohmitriasih diperbarui 12 Jul 2024, 11:23 WIB

Fimela.com, Jakarta Rempeyek menjadi salah satu makanan yang tak hanya cocok dijadikan camilan. Tapi juga cocok dijadikan lauk untuk jenis masakan tertentu termasuk soto, bakso dan lainnya. Rempeyek yang identik dengan cita rasa gurihnya, juga tekstur renyahnya, bikin siapapun nyaris enggan untuk menolaknya. 

Mengenai rempeyek sendiri, ada banyak bahan yang bisa dimanfaatkan untuk rempeyek. Umumnya, bahan yang digunakan adalah kacang tanah, kacang kedelai, udang rebon dan ikan teri. Dan untuk rempeyek kacang kedelai, salah satu tantangan yang sering ditemukan adalah tekstur kacang kedelai yang keras. Lantas, bagaimana cara membuat kacang kedelai pada rempeyek lebih renyah dan empuk? 

Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu coba Sahabat Fimela.

What's On Fimela
2 dari 4 halaman

Rendam Air Hangat

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan merendam kacang kedelai dengan air hangat. Sebelum memasukkan ke adonan tepung, penting bagimu merendam kacang kedelai dengan air hangat. Rendam kira-kira selama 30 menit agar kacang kedelai menjadi lebih lunak dan semakin renyah pun empuk setelah digoreng.

3 dari 4 halaman

Rendam dengan Air Garam

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Untuk membuat kacang kedelai selanjutnya, kamu bisa merendamnya dengan air garam. Selain membuat kacang kedelai empuk saat dijadikan rempeyek, ini juga membuatnya semakin renyah dan gurih. Rendam kacang kedelai dengan air garam kurang lebih selama 1 jam.

4 dari 4 halaman

Rebus Sebentar

ilustrasi peyek kacang/Wistiaman/Shutterstock

Kacang kedelai untuk rempeyek juga bisa direbus sebentar agar empuk dan renyah saat dijadikan rempeyek. Merebus kacang kedelai ini tak perlu lama-lama. Cukup 10 sampai 15 menit hingga ukuran kacang menjadi lebih besar dari aslinya. 

Itulah sekian cara yang bisa dilakukan untuk membuat kacang kedelai pada rempeyek lebih empuk dan renyah. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencobanya.