5 Aktivitas Menyenangkan yang Efektif Mengatasi Stres

Mimi Rohmitriasih diperbarui 12 Jul 2024, 07:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Seperti yang kita tahu, stres merupakan respons alami tubuh terhadap tekanan atau ancaman. Kondisi ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kita. Meskipun kita tidak dapat sepenuhnya menghilangkan stres dari kehidupan, ada banyak cara untuk mengelolanya dengan lebih baik. Dengan pengelolaan stres yang baik, diharapkan kita bisa hidup lebih bahagia, nyaman dan tenang. Diharapkan kita juga bisa bersikap lebih bijak setiap harinya baik pada diri sendiri pun pada diri orang lain. 

 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

Olahraga

ilustrasi olahraga aerobik/photo By TuiPhotoEngineer (Shutterstock)

Aktivitas pertama yang bantu turunkan risiko stres ada olahraga. Olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi stres. Aktivitas fisik meningkatkan produksi endorfin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa dicoba untuk menurunkan tingkat stres. Antaranya jogging atau berjalan cepat, yoga, berenang dan senam. Berbagai aktivitas olahraga sederhana ini dipercaya bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan.

 

3 dari 6 halaman

Meditasi dan Pernafasan Dalam

Ilustrasi menarik nafas dalam. (Shutterstock/fizkes)

Meditasi adalah teknik kuno yang telah terbukti efektif dalam mengurangi stres. Dengan fokus pada pernapasan dan kesadaran, meditasi membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Beberapa jenis meditasi yang bisa kamu coba antaranya meditasi mindfulness. Ini adalah aktivitas yang merujuk pada fokus pada saat ini dan menerima pikiran serta perasaan tanpa menghakimi. Kamu juga bisa melakukan pernafasan dalam. Ini sebagai teknik melibatkan pernapasan perlahan dan dalam. Para ahli percaya ini mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi ketegangan.

 

 

4 dari 6 halaman

Melatih Kreativitas

Ilustrasi zodiak, kreatif, cerdas, wanita, santai, bahagia. (Freepik)

Melibatkan diri dalam aktivitas kreatif dapat menjadi pelarian yang menyenangkan dari stres sehari-hari. Beberapa aktivitas yang bisa kamu coba adalah:

  • Melukis atau Menggambar: Menyalurkan emosi melalui seni dapat memberikan rasa pencapaian dan ketenangan.
  • Menulis: Menulis jurnal atau puisi dapat membantu mengeluarkan perasaan dan pikiran yang terpendam.
  • Memasak atau Membuat Kue: Aktivitas ini tidak hanya menenangkan tetapi juga memberikan hasil yang bisa dinikmati.

 

5 dari 6 halaman

Menjalin Interaksi Sosial

Ilustrasi perempuan kreatif/copyrightshutterstock/Shutter.B

Interaksi sosial yang positif bisa membantu mengurangi stres. Menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga, bahkan hanya untuk berbicara atau tertawa bersama, cenderung meningkatkan suasana hati dan memberikan dukungan emosional. Semakin sering kamu berinteraksi sosial dengan orang-orang yang menularkan energi positif, ini akan membantumu lebih bahagia. Ini juga membantumu terhindar dari stres. 

 

6 dari 6 halaman

Menghabiskan Waktu di Alam

Ilustrasi maxi dress. (dok. Edwin Andrade/Unsplash)

Berada di alam terbuka memiliki efek menenangkan dan bisa membantu mengurangi stres. Aktivitas seperti berjalan di taman, berkemah, atau berkebun cenderung memberikan rasa kedamaian dan keseimbangan. Ini juga meningkatkan ketenangan pun kenyamanan dalam hati. 

 

Itulah sekian aktivitas menyenangkan yang bisa bantu turunkan risiko stres. Berbagai aktivitas ini juga erat kaitannya dengan peningkatkan kesehatan fisik pun psikis secara keseluruhan. Bahagia tidaknya kamu, ini tergantung pada dirimu sendiri Sahabat Fimela. Semoga informasi ini bermanfaat.