10 Sikap yang Membuatmu Dicintai Semua Orang

Mimi Rohmitriasih diperbarui 11 Jul 2024, 18:35 WIB

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin dicintai dan dihargai oleh orang sekitar? Bisa dipastikan bahwa dicintai oleh orang-orang sekitar akan membuat perasaan seseorang nyaman. Ini juga membuatnya merasa dihargai, mendapat perlindungan pun dipedulikan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali bertemu dengan berbagai macam orang. Ada yang langsung membuat kita merasa nyaman dan senang berada di dekatnya, sementara ada juga yang mungkin tidak memberikan kesan yang sama.

Kiranya, aoa yang membuat seseorang dicintai oleh banyak orang? Berikut adalah beberapa sikap yang bisa membantumu menjadi pribadi yang lebih disukai dan dihargai oleh orang lain. Sebaiknya miliki sikap ini dalam dirimu ya Sahabat Fimela. 

 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

Empati

ilustrasi perempuan tersenyum bahagia/oatawa/Shutterstock

Sikap yang pertama yakni empati. Sikap ini merupakan kemampuan untuk memahami dan merasakan apa yang dirasakan orang lain. Dengan menunjukkan empati, kamu bisa membuat orang lain merasa dihargai dan dimengerti. Ini adalah fondasi dari hubungan yang kuat dan penuh kasih. Saat kamu ingin dicintai secara tulus oleh orang-orang di sekitarmu, pastikan kamu juga mencintai mereka dengan tulus. 

Ketulusan

Ya, orang yang tulus dalam perbuatan dan perkataan cenderung lebih dihargai. Ketulusan menciptakan kepercayaan dan kejujuran dalam hubungan. Ketika kamu bersikao tulus, orang akan merasa aman dan nyaman di sekitarmu. Orang lain akan memperlakukanmu secara lebih tulus ke depannya. 

 

3 dari 6 halaman

Kebaikan Hati

ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by Thiều Hoàng Phước from Pexels

Sikap baik hati dan murah hati selalu dihargai. Tindakan kecil seperti membantu orang lain, memberi pujian yang tulus, atau sekadar mendengarkan dengan penuh perhatian cdnderung membuat perbedaan besar dalam cara orang memandangmu. Sikap baik hati akan membuatmu tampak baik secara keseluruhan. Baik itu fisikmu pun karaktermu. 

Optimisme

Orang yang optimis dan positif cenderung lebih disukai. Sikap positif tidak hanya mempengaruhi suasana hati dirimu sendiri. Tetapi juga mempengaruhi orang-orang di sekitarmu. Sikap optimisme cenderung menular dan membuat lingkungan sekitar menjadi lebih menyenangkan. Ini membuat suasana di sekitarmu terasa lebih mengesankan. 

 

4 dari 6 halaman

Terbuka

ilustrasi perempuan bahagia/photo created by lookstudio - www.freepik.com

Jadilah pribadi yang terbuka untuk lebih dicintai dan disukai. Keterbukaan dalam berkomunikasi dan menerima perbedaan adalah sikap yang sangat dihargai. Dengan bersikap terbuka, kamu menunjukkan bahwa kamu menghargai pendapat dan perasaan orang lain. Ini juga menunjukkan bahwa dirimu mau untuk terus belajar dan berkembang bersama.

Rendah Hati

Kerendahan hati merupakan sikap yang menunjukkan bahwa kamu menghargai dan menghormati orang lain. Orang yang rendah hati tidak merasa dirinya lebih baik dari orang lain dan selalu siap untuk belajar dari siapa saja. Orang yang rendah hati selama ini dikenal sebagai orang yang sangat baik. Ia juga tak mudah membuat orang lain merasa kecewa pun terluka. 

 

 

5 dari 6 halaman

Konsistensi

ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by Hải Nguyễn from Pexels

Konsistensi dalam sikap dan tindakan menciptakan kepercayaan. Ketika kamu memiliki sikap konsisten, orang akan tahu apa yang bisa diharapkan darimu. Orang akan yakin bahwa kamu bisa diajak membangun rasa aman dan kepercayaan dalam hubungan.

Selera Humor yang Baik

Memiliki rasa humor yang baik cenderung membuatmu lebih disukai. Humor yang sehat akan mencairkan suasana, mengurangi stres, dan membuat interaksi sosial lebih menyenangkan. Biasanya, orang yang memiliki selera humor baik juga dikenal cerdas. Ia juga dikenal rendah hati dan memiliki kebaikan hati yang tulus. 

 

6 dari 6 halaman

Sabar

ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by Jay-r Alvarez from Pexels

Kesabaran adalah sikap yang sangat dihargai, terutama dalam situasi yang menantang. Dengan bersikap sabar, kamu menunjukkan bahwa selama ini kamu menghargai proses. Sikap ini menunjukkan kamu tidak mudah menyerah pada kesulitan.

Kepekaan Sosial

Kepekaan sosial adalah kemampuan untuk membaca situasi dan memahami dinamika sosial. Dengan memiliki kepekaan sosial, kamu bisa berinteraksi dengan lebih efektif dan membuat orang lain merasa nyaman di sekitarnu. Kamu juga dinilai sebagai pribadi yang patut diandalkan. 

Nah, itulah sekian sikap yang bisa membuatmu semakin dicintai orang lain saat kamu memiliknya. Menjadi orang yang dicintai oleh banyak orang bukanlah hal yang instan. Dibutuhkan usaha dan kesadaran diri untuk terus memperbaiki sikap dan perilaku. Semoga informasi ini bermanfaat ya.