Deretan Makeup Hacks untuk Perbaiki Tampilan Foundation yang Terlalu Gelap, Bisa Jadi Penyelamat Nih!

Wuri Anggarini pada 11 Jul 2024, 14:18 WIB

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau foundation memegang peranan penting buat menciptakan hasil makeup yang flawless dan glowing. Makanya, memilih shade produk yang tepat sangat penting agar bisa menghasilkan tampilan makeup yang natural. Tapi, kadang banyaknya shade dari sebuah produk yang sekilas tampak mirip sering bikin bingung dalam memilih. Begitu diaplikasikan, kok malah tampak gelap di wajah ya?

Eits, nggak perlu panik apalagi buru-buru menghapus makeup. Soalnya ada sederetan makeup hacks yang bisa jadi cara cepat untuk memperbaiki tampilannya agar tetap cantik. Intip lebih jauh yuk, Sahabat Fimela!

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Campurkan dengan Moisturizer

Kunci dari look seperti porselen adalah skin preparation yang baik. (Foto: Unsplash/Poko Skincare)

Salah satu trik cepat yang bisa kamu coba untuk menyelamatkan tampilan foundation yang lebih gelap adalah dengan mencampurkannya dengan moisturizer. Caranya simpel banget, tinggal ambil foundation secukupnya di punggung tangan, lalu tambahkan beberapa tetes moisturizer. Aduk rata dan voila, kamu akan mendapatkan foundation dengan warna yang lebih terang dan tekstur yang lebih ringan.

Tips ini juga bisa membuat foundation lebih mudah diaplikasikan dan memberi tampilan yang lebih natural. Banyak beauty blogger juga merekomendasikan cara ini karena tidak hanya memperbaiki warna, tapi juga memberikan tambahan kelembapan pada kulit. Namun, supaya hasil akhirnya tidak terlalu berminyak, perhatikan juga formula dasar moisturizer yang dipakai. Sebaiknya cari produk pelembap berbahan dasar air yang memiliki tekstur lebih ringan dan lebih mudah meresap ke dalam kulit.

3 dari 6 halaman

2. Tambahkan Concealer

Pilih concealer yang tepat. (Foto: Freepik)

Trik lainnya yang nggak kalah praktis adalah menambahkan concealer berwarna terang ke foundation yang terlalu gelap. Caranya mudah, pertama gunakan concealer terlebih dulu untuk menyamarkan bekas jerawat atau noda hitam lainnya pada wajah. Pastikan produk yang digunakan memiliki shade yang berwarna lebih terang dibandingkan foundation.

Setelah itu, gunakan foundation yang terlalu gelap ini untuk area countouring wajah. Blend dengan baik hingga kedua produk tercampur merata yang memberikan hasil complexion lebih seimbang.

4 dari 6 halaman

3. Kombinasikan dengan Primer

Menggunakan primer makeup. (Foto: Freepik/lookstudio)

Trik lain yang bisa dicoba adalah dengan menggabungkan foundation yang terlalu gelap dengan primer. Produk yang satu ini biasanya memiliki fungsi untuk membuat makeup lebih tahan lama dan menyamarkan pori-pori. Namun, nggak hanya sebatas itu karena bisa juga digunakan untuk mencerahkan foundation yang terlalu gelap.

Pilih primer yang berwarna putih atau memiliki efek brightening untuk hasil yang optimal. Aplikasikan primer terlebih dahulu di wajah, kemudian campurkan sedikit foundation pada area tertentu untuk memastikan warna yang dihasilkan lebih terang dan sesuai dengan warna kulit.

5 dari 6 halaman

4. Ratakan dengan Sponge yang Lembap

Ilustrasi Beauty Blender/https://www.shutterstock.com/Roman Samborskyi

Aplikasikan foundation dengan sponge yang lembap untuk membantu meratakan warnanya agar terlihat lebih natural. Teknik ini membantu menyerap kelebihan produk dan memberikan hasil akhir yang lebih halus serta mengurangi intensitas warna foundation. Banyak makeup artist merekomendasikan teknik tersebut karena selain membuat foundation lebih rata, juga memberi efek dewy yang segar pada kulit.

6 dari 6 halaman

5. Gunakan Finishing Powder yang Memiliki Shade Lebih Terang

Cara membuat makeup yang tahan air (foto: Pexels/PNW Production)

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah menggunakan finishing powder yang memiliki shade lebih terang. Setelah mengaplikasikan foundation, gunakan brush untuk mengaplikasikan finishing powder di seluruh wajah. Powder yang lebih terang akan membantu menetralisir warna foundation yang terlalu gelap dan memberikan tampilan akhir yang lebih cerah.

Trik ini juga bisa membantu mengontrol minyak berlebih di wajah sehingga makeup tetap terlihat segar sepanjang hari. Banyak beauty guru yang setuju bahwa finishing powder adalah penyelamat saat foundation terlalu gelap karena bisa langsung memperbaiki tampilan makeup tanpa ribet.

Well, sekarang nggak perlu panik lagi kalau terjebak foundation yang terlalu gelap saat bermain makeup. Beberapa trik di atas bisa jadi alternatif untuk menyelamatkan tampilan agar tetap glowing alami dan sehat. Selamat mencoba!