Mengungkap Area Misterius Sha Tau Kok di Hong Kong, Penasaran Ada Apa di Dalamnya?

Nabila Mecadinisa diperbarui 08 Jul 2024, 20:40 WIB

Fimela.com, Jakarta Di balik hingar bingar metropolitan Hong Kong, rupanya ada area misterius bernama Sha Tau Kok yang tak semua orang bisa memasuki wilayah tersebut dengan mudah. Untuk memasuki area Sha Tau Kok dibutuhkan surat izin dan pemeriksaan dari pihak berwajib. Sha Tau Kok bisa dibilang sebagai hidden gems yang harus masuk ke dalam agenda, saat berlibur ke Hong Kong. 

Sahabat Fimela bisa melakukan one day trip untuk menjelajah area misterius ini sambil melihat jejak bersejarah yang tertinggal dan mengetahui, mengapa area ini menjadi area tertutup? Sha Tau kok berada di North District Hong Kong dan berada disamping dengan Yantian District Shenzen. Area Sha Tau Kok ditetapkan sebagai bagian Daerah Tertutup Perbatasan pada tahun 1951. Pada akhirnya, pada Januari 2024 area ini dibuka, dan bisa dikunjungi. Namun tentu saja, ada persyaratan yang dibutuhkan untuk memasuki area ini. 

 

What's On Fimela
Lukisan mural yang menyambut para wisatawan di Sha Tau Kok. (Foto: Istimewa.dok)
2 dari 6 halaman

Bagaimana cara memasuki wilayah Sha Tau Kok?

Surat izin yang wajib dibawa untuk memasuki wilayah Sha Tau Kok. (Foto: Istimewa.dok)

Untuk memasuki wilayah Sha Tau Kok, dibutuhkan izin khusus yang didapatkan melalui aplikasi Tourism Closed Area Permit melalui platform aplikasi online Kepolisian Hong Kong. Wisatawan bisa menyertakan dokumen berupa Passport, dan travel dokumen yang valid seperti tiket, kode booking hotel. Selain itu wajib pula didampingi oleh pemandu wisata lokal. 

Guna pengajuan izin mengunjungi Sha Tau Kok, kamu bisa mengajukan melalui aplikasi online yang dibuka pada hari pertama setiap bulan untuk aplikasi bulan berikutnya, karena jumlah pengunjung wisatawan dibatasi, yaitu hanya 1.000 orang (700 grup, 300 wisatawan perorangan).

 

3 dari 6 halaman

Yang bisa dinikmati di dalam Sha Tau Kok

Kantor Pos Sha Tau Kok dengan kotak surat peninggalan Inggris. (Foto: Istimewa.dok)

Dengan dibuka secara terbatas, area Sha Tau Kok kini mulai dikenal walau masih belum banyak orang yang tahu mengenai area ini. Memasuki Sha Tau Kok, pengunjung di sambut dengan mural yang menggambarkan upacara tradisional yaitu perayaan khas seperti tarian perahu naga. 

Chung Ying Street Garden 

Chung Ying Street sempat menjadi area terlarang bagi pengunjung karena salah satu sisi jalan berada di sisi perbatasan Tiongkok Daratan. Jadi hanya orang-orang yang tinggal dan bekerja di sini yang bisa masuk ke jalan tersebut, begitu pula mereka yang memiliki saudara atau teman yang tinggal di sini. 

Chung Ying Street adalah tempat terdekat bagi wisatawan untuk mencapai jalan raya unik ini, dan mereka dapat melihat dek observasi . Pengunjung juga dapat menemukan model lokomotif seukuran aslinya di dinding model stasiun kereta api yang kuno. 

Kantor Pos Sha Tau Kok

Sha Tau Kok memiliki kantor pos dengan kotak surat peninggalan Inggris. Bahkan disebut-sebut jika kini kotak pos tersebut hanya berjumlah sangat terbatas. 

 

4 dari 6 halaman

Kantor pemadam kebakaran

Kantor pemadam kebakaran tua di SHa Tau Kok dengan pintu ikonis. (Foto: Istimewa.dok)

Kantor pemadam kebakaran tua di Sha Tau Kok yang dibangun pada tahun 1962 memiliki gerbang merah khas yang jauh lebih pendek dibandingkan stasiun modern, dan tampilan aslinya masih dipertahankan. 

San Lau Street

Lakukan perjalanan kembali ke masa lalu dengan berjalan-jalan melalui kompleks arcade terbesar bergaya Guangzhou di Hong Kong di Jalan San Lau. Bangunan-bangunan di sini dibangun di atas tanah reklamasi pada awal abad ke-20, dan merupakan salah satu dari sedikit ruko tipe beranda Kanton yang dilestarikan di Hong Kong, yang terkenal dengan perpaduan gaya arsitektur Tiongkok dan Barat. Lantai dasar merupakan tempat pertokoan, sedangkan lantai atas merupakan tempat tinggal. Pada tahun 2011, seluruh 22 ruko tipe beranda di Jalan San Lau diberikan status bangunan bersejarah Kelas 2.

 

Melihat bangunan kuno di San Lau Street yang jadi cagar budaya. (Foto: Istimewa.dok)
5 dari 6 halaman

Ikan harapan

ikan-ikan kayu kecil tergantung di pagar yang disebut dengan 'ikan harapan' (Foto: Istimewa.dok)

Jika kamu berjalan menyusuri Dermaga Sha Tau Kok, kamu akan melihat ikan-ikan kayu kecil tergantung di pagar. Ini adalah 'ikan harapan' wisatawan bisa  menuliskan keinginan, yang akan diteruskan ke laut. Untuk mendapatkan ikan tersebut, cukup membeli di tempat suvenir di pintu masuk Dermaga Sha Tau Kok. 

Menemukan dermaga terpanjang

Dermaga Sha Tau Kok, dermaga terpanjang di Hong Kong juga wajib kalian kunjungi, dengan pemandangan indah yang tak terbantahkan. Dermaga terpanjang di Hong Kong ini sudah dibangun pada 1960, kemudian direstorasi pada 2004. Sha Tau Kok Pier memiliki panjang 280 meter. 

 

Dermaga Sha Tau Kok, dermaga terpanjang di Hong Kong. (Foto: Istimewa.dok)
Cape of Sha Tau Kok yang menjadi salah satu ikon. (Foto: Istimewa.dok)
6 dari 6 halaman

Island hopping

Hong Kong Unesco Global Geopark. (Foto: Istimewa.dok)

Sudah sampai di Sha Tau Kok, jangan lewatkan untuk berlayar dengan kapal feri untuk menjelajahi pulau-pulau di sekitarnya, seperti Lai Chi Wo yang berhasil masuk ke dalam Hong Kong UNESCO Global Geopark.

#Unlocking The Limitless