Mengenal Yerba Mate, Teh Tubruk Favorit Pesepak Bola Top Argentina Lionel Messi

Iwan Tantomi diperbarui 08 Jul 2024, 18:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Ada banyak varian teh herbal di dunia ini. Masing-masing tak hanya hadir dengan nama dan cita rasa berbeda, tetapi juga menyuguhkan manfaat yang begitu melimpah bagi kesehatan. Salah satu teh herbal yang lagi ramai diulas di media sosial adalah Yerba Mate.

Minuman tersebut menarik perhatian karena rupanya jadi salah satu minuman favorit pesepak bola top dunia asal Argentina, yaitu Lionel Messi. Lantas, seperti apa sebenarnya yerba mate ini?

2 dari 3 halaman

Mengenal Yerba Mate, Teh Tubruk Favorit Pesepak Bola Top Argentina Lionel Messi

Yerba Yate Berasal dari Amerika Selatan

Secara umum, yerba mate adalah teh herbal yang terbuat dari daun dan ranting tanaman Ilex paraguariensis. Teh ini berasal dari Amerika Selatan, terutama populer di negara seperti Argentina, Brazil, Uruguay, dan lainnya. Minuman ini juga telah menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk di komunitas Druze dan Alawite di Levant, terutama di Suriah dan Lebanon.

Yerba mate umumnya dikonsumsi dengan menggunakan labu-labu berongga sebagai wadah dan sedotan logam yang disebut bombilla. Namun, ada juga wadah dan sedotan yang terbuat dari bahan lain seperti keramik atau kayu. Yerba mate dapat disajikan baik dalam keadaan hangat maupun dingin, dan sering dinikmati dengan tambahan es batu.

Kandungan Kafeinnya Hampir Setara Kopi

Yerba mate dijuluki memiliki kekuatan kopi, manfaat kesehatan dari teh, dan euforia dari cokelat. Minuman ini telah dikonsumsi oleh sejumlah suku di Amerika Selatan selama berabad-abad untuk meraih efek peremajaan, seperti kulit jernih dan vitalitas tubuh.

Yerba mate juga diketahui memiliki efek relaksasi yang dapat menenangkan emosi dan membuat seseorang lebih kebal terhadap kebiasaan emotional eating saat dilanda stres.

Uniknya, yerba mate mengandung kafein yang hampir setara dengan kandungan kafein dalam kopi. Untuk gelas kecil berukuran 150 ml, yerba mate mengandung sekitar 78 g kafein, sedangkan kopi memiliki kandungan kafein sebesar 85 g untuk ukuran yang sama.

3 dari 3 halaman

Mengenal Yerba Mate, Teh Tubruk Favorit Pesepak Bola Top Argentina Lionel Messi

Yerba Yate dan Para Atlet Sepak Bola Terkenal

Lionel Messi dikenal sebagai penggemar yerba mate. Ia sering terlihat menikmati minuman ini sebelum dan setelah pertandingan sepak bola, serta membawanya saat bepergian. Messi bahkan membawa sekitar 500 kilogram yerba mate bersama timnas Argentina saat memenangkan Piala Dunia FIFA 2022.

Selain Messi, banyak atlet terkenal lainnya seperti Luis Suarez, Sergio Aguero, dan Neymar juga diketahui sebagai penggemar yerba mate. Minuman ini dianggap dapat memberikan dorongan energi yang berkelanjutan dan membantu atlet dalam latihan dan pertandingan.

Manfaat Yerba Yate Bagi Kesehatan

Yerba mate memiliki beberapa manfaat kesehatan. Teh ini mengandung xanthines yang berperan sebagai stimulan, derivatives caffeoyl sebagai kandungan antioksidan utama, dan saponins yang dapat meredakan peradangan dan menurunkan kolesterol.

Yerba mate juga mengandung polyphenols yang berguna untuk menyembuhkan berbagai masalah penyakit dan merupakan antioksidan yang populer. Selain itu, yerba mate juga dapat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh, yang dapat mendukung penurunan berat badan.

Lebih lanjut, yerba mate diketahui juga dapat membantu mengurangi pembentukan AGEs, yang terlibat dalam perkembangan dan memburuknya banyak penyakit. Ini dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, meskipun penelitian pada manusia masih terbatas.

Selain itu, yerba mate juga dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung, serta mengandung antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Bukan itu saja, yerba mate juga dipercaya dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi, serta memiliki potensi untuk meredakan peradangan dan menurunkan kadar kolesterol. Kandungan kafein dalam yerba mate dapat memberikan dorongan energi, meningkatkan fokus, dan membantu meningkatkan kewaspadaan.