8 Tanda Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai Meski Berat Badan Ideal

Mimi Rohmitriasih diperbarui 07 Jul 2024, 15:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam darah dan penting untuk membangun sel-sel sehat. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Banyak orang beranggapan bahwa kolesterol tinggi hanya dialami oleh mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian Sahabat Fimela. Studi menemukan jika seseorang dengan berat badan ideal, tidak menutup kemungkinan mengalami kelebihan kolesterol dalam tubuhnya. Orang dengan berat badan idealpun bisa memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Saat kadar kolesterol tinggi, ada beberapa hal yang bisa menandainya. Berikut adalah beberapa tanda kolesterol tinggi tersebut. Dan ini sangat perlu diwaspadai meski kamu memiliki berat badan yang ideal.

 

2 dari 5 halaman

1. Nyeri Dada

Ilustrasi Penyakit Jantung Credit: unsplash.com/Emily

Nyeri dada yang muncul tiba-tiba atau terasa seperti ditekan bisa menjadi tanda bahwa arteri kamu tersumbat oleh kolesterol. Kondisi ini dikenal sebagai angina dan sering kali terjadi saat seseorang melakukan aktivitas fisik atau mengalami stres.

2. Kelelahan yang Tidak Wajar

Jika kamu sering merasa sangat lelah tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi tanda bahwa jantungmu harus bekerja lebih keras selama ini. Kelelahan bisa terjadi karena jantung kerja keras untuk memompa darah melalui arteri yang tersumbat oleh kolesterol.

 

3 dari 5 halaman

3. Sesak Nafas

Ilustrasi penyebab sesak nafas pada malam hari/Copyright shutterstock/Cornelius Krishna Tedjo

Sesak napas yang terjadi tanpa aktivitas fisik berat bisa menjadi indikasi bahwa ada masalah dengan aliran darah ke jantung. Ini mungkin disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi. Ini bisa terjadi pada siapa saja. Bahkan pada dirimu yang selama ini memiliki berat badan ideal.

4. Nyeri pada Kaki atau Tangan

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah yang lebih kecil. Hal ini biasanya mengakibatkan rasa nyeri atau kram pada kaki dan tangan, terutama saat bergerak.

 

 

4 dari 5 halaman

5. Xanthomas

ilustrasi Cara Mengobati Benjolan di Bawah Dagu/kei907/shutterstock

Xanthoma merupakan benjolan atau plak kekuningan yang muncul di kulit, terutama di sekitar mata, siku, lutut, atau bokong. Ini adalah tanda fisik yang jelas dari kadar kolesterol yang tinggi.

6. Tekanan Darah Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penumpukan plak di arteri. Hal ini kemudian meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi adalah salah satu indikator penting dari masalah kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh. 

 

5 dari 5 halaman

7. Detak Jantung Tidak Teratur

Ilustrasi Penyakit Jantung Credit: pexels.com/Jonathan

Kolesterol tinggi bisa mempengaruhi aliran darah dan menyebabkan detak jantung yang tidak teratur atau aritmia. Jika kamu merasakan jantung berdebar-debar atau detak jantung yang tidak konsisten, segera konsultasikan dengan dokter. Bisa jadi hal ini sebagai tanda dari risiko kolesterol terlalu tinggi dalam tubuh. 

8. Pembengkakan di Tungkai

Pembengkakan di tungkai atau pergelangan kaki juga bisa menjadi tanda bahwa jantungmu tidak memompa darah dengan efisien. Hal ini mungkin disebabkan oleh penyumbatan arteri karena kolesterol tinggi. Dan ini bisa terjadi meski kamu punya berat badan ideal. 

Seperti yang diketahui, kolesterol tinggi adalah kondisi yang serius dan bisa terjadi pada siapa saja. Termasuk pada mereka yang memiliki berat badan ideal. Penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan menjaga gaya hidup sehat, demi mengelola kadar kolesterol dalam tubuhmu. Jika kamu mengalami salah satu dari tanda-tanda di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat.