Lakukan Cara Ini, 4 Tips Menghilangkan Rasa Pahit pada Lobak Putih

Febi Anindya Kirana diperbarui 06 Jul 2024, 09:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Lobak putih terkadang dihindari banyak orang karena rasanya yang pahit. Namun sebenarnya jika diolah dengan tepat, lobak bisa jadi makanan yang bergizi dan enak disantap, apalagi sebagai acar. Cara menghilangkan pahit lobak juga tidak susah, ini beberapa tips yang bisa diikuti agar dapat menghilangkan rasa pahit lobak dan menikmati sayuran ini dengan lebih baik.

2 dari 5 halaman

1. Pilih Lobak yang Tepat

ilustrasi lobak/copyright By pilipphoto (Shutterstock)

Pemilihan lobak yang tepat sangat penting untuk menghilangkan rasa pahit. Lobak muda memiliki rasa yang lebih segar dan tekstur yang renyah, sedangkan lobak tua cenderung pahit dan langu. Pilih lobak yang berwarna putih cerah dan memiliki kulit yang halus serta tidak keriput. Raba permukaan lobak untuk menakar teksturnya, pilih lobak yang keras dan tidak banyak berbintik hitam.

3 dari 5 halaman

2. Kupas lobak

ilustrasi lonak putih/unsplash

Salah satu penyebab rasa pahit yang muncul pada lobak adalah kulitnya. Jika tidak dikupas, lobak akan terasa pahit. Jadi kupas dan cuci lobak hingga bersih dengan air yang mengalir untuk menghilangkan kotoran dan getahnya. Boleh juga sekalian dipotong-potong kemudian dibilas bersih beberapa kali untuk menghilangkan getahnya.

4 dari 5 halaman

3. Rendam dengan air garam

ilustrasi soto bandung/copyright by Ika Rahma H from Shutterstock

Setelah mencuci lobak, bisa dipotong-potong kemudian direndam dalam air garam untuk menghilangkan getah dan aroma langu penyebab rasa pahit. Remas-remas garam hingga merata ke semua bagian lobak. Cuci bersih dengan air, atau boleh juga dibiarkan terendam sebentar selama 10 menit untuk membantu mengeluarkan getahnya. Setelah itu, bilas bersih.

5 dari 5 halaman

4. Rebus Lobak dengan Teknik Blanching

Ilustrasi acar lobak/copyrightshutterstock/ctktiger

Meski telah dicuci, direndam, dan direbus, masih ada kemungkinan sisa pahit dan aroma langu pada lobak putih. Cara menyiasati selanjutnya adalah dengan menggunakan cara blansir atau blanching. Caranya mudah, rebus air hingga mendidih di panci, kemudian masukkan lobak pada air mendidih dan rebus sebentar saja selama 1 menit. Tujuannya agar tekstur lobak tidak rusak tapi bisa menghilangkan rasa pahit yang masih tertinggal.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kita dapat menghilangkan rasa pahit lobak putih dan menikmati sayuran ini dengan lebih enak. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat.

#Unlocking The Limitless