Penting! Inilah 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membuka Bisnis Kecantikan

Miftah DK diperbarui 14 Jul 2024, 20:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Menjelajah ke bisnis kecantikan sama mengasyikkan dengan tujuannya. Dengan perpaduan yang tepat antara minat terhadap kecantikan, kecerdasan bisnis, dan pemahaman tentang target audiens, Sahabat Fimela dapat mengubah impian menjadi usaha yang menguntungkan.

Bisnis kecantikan memiliki banyak saluran dan ceruk yang bervariasi serta menarik untuk dieksploitasi. Triknya adalah menentukan tujuan dan bagaimana kamu mencapai tujuannya. Apakah Sahabat Fimela memiliki keahlian kecantikan yang komprehensif, atau apakah kamu memiliki keahlian khusus yang memungkinkan untuk menargetkan pasar tertentu?

Sebelum mengambil langkah berani itu, penting untuk membekali diri dengan pengetahuan dan mempersiapkan diri menghadapi rintangan unik yang dihadirkan bisnis ini. Oleh karena itu, berikut ini hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuka usaha di bidang kecantikan yang dilansir melalui essentiallabs.com.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

1. Lakukan riset pasar secara menyeluruh

Melakukan riset pasar. (Foto: Freepik)

Riset pasar menyeluruh adalah fondasi bisnis yang kuat. Sebaiknya memulai dengan mengidentifikasi, apakah itu perawatan kulit organik, makeup mewah, atau solusi kecantikan berbasis teknologi? Setelah Sahabat Fimela menentukan di mana minat memenuhi permintaan pasar, kenali pesaing kamu. Apa yang mereka lakukan dengan benar? Di mana kamu bisa menawarkan sesuatu yang lebih baik atau berbeda?

Jangan lupa untuk melibatkan calon pelanggan juga. Wawasan mereka dapat memandu pengembangan produk dan membantu menciptakan sesuatu yang benar-benar diinginkan pelanggan. Survey online, jajak pendapat media sosial, dan melakukan pertemuan dapat sangat berharga untuk mengumpulkan umpan balik.

 

2. Buat rencana bisnis terperinci

Rencana bisnis terperinci adalah kompas yang memandu kamu melalui setiap tahap bisnis, mulai dari awal hingga peluncuran. Rencana yang matang harus menguraikan hal-hal seperti pernyataan misi, tujuan bisnis, analisis pasar, struktur organisasi, lini produk, strategi pemasaran, dan proyeksi keuangan.

Sahabat Fimela juga perlu mendalami secara spesifik penawaran dan bagaimana penawaran tersebut menonjol dibandingkan pesaing. Proyeksi keuangan, termasuk biaya awal, strategi penetapan harga, dan prakiraan pendapatan, akan sangat penting jika kamu ingin mendapatkan pendanaan atau menarik minat investor.

3 dari 3 halaman

3. Biasakan diri dengan persyaratan hukum

Persyaratan hukum. (Foto: Freepik)

Sebelum mencampurkan krim wajah organik atau memesan klien, Sahabat Fimela harus memahami lanskap hukum bisnis kecantikan. Hal ini diatur secara ketat, terutama ketika membuat klaim tentang produk serta manfaatnya bagi kulit dan rambut. Pastikan kamu memahami persyaratan pelabelan untuk produk kecantikan, bahan apa yang dicantumkan pada kemasan dan deskripsi produk juga urutannya. Menavigasi persyaratan hukum mungkin tampak sulit, namun langkah ini melindungi bisnis, pelanggan, dan dirimu sendiri. 

 

4. Kembangkan strategi pemasaran komprehensif

Membuat strategi pemasaran yang komprehensif seperti menggambar peta yang menghubungkan bisnis kecantikan dengan target audiens. Di era digital, memanfaatkan platform media sosial, kemitraan influencer, dan pemasaran konten dapat membuat perbedaan yang signifikan.

Sahabat Fimela sebaiknya memulai dengan mengidentifikasi di mana calon pelanggan menghabiskan sebagian besar waktunya online, apakah itu Instagram, TikTok, Facebook, atau menelusuri artikel di Google? Idealnya, kamu harus menyesuaikan konten dan kampanye promosi agar sesuai dengan platform tersebut dan memastikan konten serta kampanye sesuai dengan audiens. Selain itu, berkolaborasi dengan influencer yang mendukung nilai merek dapat memperkuat jangkauan dan kredibilitas.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless