Tips Belajar Menggambar Digital untuk Pemula, Ini Rekomendasi Produk yang Bisa Menunjang Kreativitas dan Produktivitas

Naela Marcelina diperbarui 13 Agu 2024, 14:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Perkembangan teknologi terus mengubah cara kita berinteraksi dengan seni, khususnya dalam konteks penggunaan media digital. Dahulu, seniman sering mengandalkan kanvas dan kuas untuk menciptakan karya mereka, tetapi saat ini hanya memerlukan alat elektronik dan aplikasi gambar

Seperti GoPaint dari HUAWEI memberikan cara baru untuk mengekspresikan kreativitas secara digital. Hal ini tidak hanya membuka pintu bagi pengalaman baru dalam menciptakan seni, tetapi juga memungkinkan akses lebih luas bagi siapa saja yang tertarik untuk memasuki dunia seni digital.

Jika Sahabat Fimela tertarik untuk memulai perjalanan dalam menggambar digital, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memulai dengan baik. Simak juga rekomendasi produk unggulan yang bisa membantu kamu meningkatkan kreativitas dan produktivitas. 

What's On Fimela
2 dari 5 halaman

Tips Menggambar Digital untuk Pemula dari Illustrator

Wastana telah mencoba aplikasi GoPaint dari HUAWEI dan merasa terbantu dalam menghasilkan karya yang luar biasa. (Foto: Dokumen/Naela Marcelina)

Wastana Haikal selaku illustrator mengungkapkan tantangan yang dihadapi saat beralih dari media gambar konvensional ke digital saat peluncuran produk terbaru HUAWEI pada Selasa (25/06/2024), “Keep up sama perkembangan teknologi, sebagai seniman kita kadang suka nyaman dengan salah satu tools, tetapi karena ada perkembangan kita harusnya bisa menyesuaikan. Disini tantangannya, aku suka takut tidak bisa mencapai kualitas yang diinginkan.” Selanjutnya ia membagikan tips untuk menggambar digital. 

1. Memperbanyak Referensi 

Memperbanyak referensi merupakan langkah krusial dalam proses pengembangan seni digital. Dengan mengumpulkan berbagai referensi, seperti gambar, sketsa, dan karya seni lainnya, seniman dapat memperluas wawasan mereka terhadap berbagai gaya dan teknik yang ada.

2. Latihan dan Latihan 

Wastana mengatakan “Aku percaya art adalah eksplor, jadi kita harus latihan, karena usaha tidak menghianati hasil”. Melalui praktik yang rutin, Sahabat Fimela dapat mengasah ketajaman mata dalam mengamati detail dan pola, serta meningkatkan keahlian mereka dalam mengendalikan alat-alat digital untuk menghasilkan karya yang semakin kompleks dan menarik secara visual.

3. Pelajari dan Telusuri Lebih dalam Aplikasi yang Digunakan 

Terakhir, dalam menggambar digital Sahabat Fimela perlu mengetahui seluk beluk dari aplikasi yang akan digunakan.Mengetahui berbagai jenis kuas yang tersedia dalam aplikasi akan memungkinkan mereka untuk memilih dengan bijak sesuai dengan gaya dan tujuan karya seni mereka. Selain itu, memahami efek yang dapat dihasilkan oleh setiap jenis kuas akan membantu dalam menciptakan tekstur dan detail yang lebih mendalam dalam gambar digital. Pemahaman tentang penggunaan warna yang tepat juga sangat penting, karena warna dapat memengaruhi mood dan kesan dari sebuah karya seni digital.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Tablet 

1. Stylus Pen 

“stylus pen menjadi penting karena dia ini menjadi pengganti kuas, krayon, atau pensil warna dan menjadi kunci kelancaran saat proses menggambar”Ungkap Wastana.  Fitur ini memungkinkan seniman untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan lebih bebas dan detail yang lebih halus. 

2. Mobilitas 

Keberadaan Wastana sebagai pekerja yang sering bekerja di mana saja menuntut tablet yang tidak hanya powerful tetapi juga ringan dan mudah dibawa. Memilih tablet dengan desain yang ramping dan ringan akan meningkatkan kenyamanan dalam mobilitas sehari-hari tanpa mengorbankan performa.

3. Kesehatan Mata 

Sebagai seorang animator dengan pekerjaan yang melibatkan banyak layer dan sesi kerja yang panjang, kesehatan mata menjadi faktor penting dalam memilih tablet. Memilih tablet dengan layar yang nyaman untuk mata, seperti yang dilengkapi dengan teknologi pengaturan cahaya biru atau sertifikasi untuk kenyamanan visual seperti TÜV Rheinland, dapat mengurangi kelelahan mata dan meningkatkan produktivitas dalam jangka panjang.

3 dari 5 halaman

HUAWEI MatePad 11.5 S

HUAWEI MatePad 11.5 S hadir untuk membantu pengguna meningkatkan kreativitasnya. (Foto: Dokumen/HUAWEI)

Tablet ini menawarkan pengalaman yang ditingkatkan dalam berkreasi di layar tablet bertekstur layaknya kertas berkat dukungan teknologi PaperMatte Displays 2.0 terbaru. Teknologi tersebut, bersama dengan fitur anti-reflection, mampu  mengeliminasi interferensi cahaya hingga 99% dan mengurangi pantulan cahaya berbayang di layar, sehingga saat ditempatkan di lokasi yang memiliki banyak pencahayaan atau pada area outdoor, konten pada layar masih terlihat jelas, berbeda dengan layar glossy yang banyak pantulan.

Bagi para penggiat desain, HUAWEI MatePad 11.5 S kini dilengkapi dengan aplikasi GoPaint yang dirancang eksklusif oleh Huawei. Aplikasi ini memuat serangkaian fitur inovatif yang menjadikan aktivitas menggambar dan melukis digital di layar tablet semakin terasa nyata dan menyenangkan. Baik pengguna profesional maupun amatir dapat dengan mudah mengaplikasikan berbagai kreasi visual dengan dukungan HUAWEI M-Pencil 3rd Gen, yakni stylus pencil yang dilengkapi teknologi NearLink untuk hasilkan goresan yang lebih realistis dan minim latensi.

Berikut keunggulan yang ditawarkan oleh HUAWEI MatePad 11.5 S: 

  • Canggihnya PaperMatte Display 2.0 bikin aktivitas menulis, memutar video, hingga bermain game jadi lebih lancar dan lebih hidup
  • Leluasa berkreasi visual layaknya di atas kertas lewat aplikasi GoPaint
  •  Teknologi NearLink pada stylus pencil dan wireless keyboard bikin aktivitas bekerja dan belajar di tablet makin seamless
  • Desain yang trendy dengan warna baru yang premium
4 dari 5 halaman

HUAWEI MateBook X Pro

HUAWEI MateBook X Pro memiliki desain yang tipis dan berat kurang dari 1 kilogram. (Foto: Dokumen/HUAWEI)

Apabila Sahabat Fimela adalah seorang eksekutif dengan mobilitas tinggi karena banyaknya jadwal meeting, kamu tentu butuh laptop dengan desain yang tipis dan ringan. Berkat bobot yang hanya mencapai 980 gram dan ketebalan 13,55mm, HUAWEI MateBook X Pro dapat membuat mobilitas kamu jadi lebih nyaman dan fleksibel. Apalagi dengan desainnya yang mewah, kamu bisa menonjolkan  kesan profesional di hadapan klien.

Selain itu, laptop yang juga dilengkapi prosesor Intel Core™ Ultra 9 dan Thermal Design Power (TPD) hingga 40W ini juga dapat diandalkan untuk menangani tugas-tugas berat seperti rendering, coding, dan exporting data berukuran besar dengan lancar serta bebas lag. Ditambah adanya sistem pendingin HUAWEI Shark fin fan yang inovatif, pengguna jadi tidak perlu takut laptopnya gampang panas saat digunakan dalam waktu yang lama. Fitur unggulan HUAWEI MateBook X Pro: 

  • Layar OLED 14.2 inci Real Colour Display dengan resolusi 3.1K dan rasio screen-to-body 93% memastikan warna akurat dan realistis. Layarnya luas, jernih, dan tajam, meski digunakan di tempat remang sekalipun.
  • Memori 32GB dan penyimpanan sebanyak 2TB.
  • Multi-screen Collaboration memungkinkan koneksi antar perangkat menjadi lebih ringkas.
  • Dilengkapi AI Search canggih untuk menemukan informasi dengan cepat dan mudah menggunakan perintah suara.
  • Fitur Super Turbo membantu menangani aktivitas komputasi berat dengan efisien.
  • Free Touch memungkinkan kontrol laptop selama video call tanpa menyentuh perangkat, menggunakan gerakan inovatif.
  • Konektivitas optimal dengan HUAWEI 3D Metaline Antenna, meski di area sinyal lemah.
  • Pengisian daya baterai juga cepat berkat fitur Super Fast Charging.
5 dari 5 halaman

HUAWEI MateBook 14

HUAWEI MateBook 14 cocok untuk anak kuliah terlebih jurusan desain. (Foto: Dokumen/HUAWEI)

Jika Sahabat Fimela masih mahasiswa khususnya desain yang  membutuhkan perangkat portabel, HUAWEI MateBook 14 bisa menjadi pilihan yang tepat. Desainnya yang ramping (14,5 mm) dan ringan (1,31 kg) membuat laptop flagship ini cocok digunakan untuk mendukung produktivitas harian mahasiswa yang sering berpindah tempat untuk mengikuti perkuliahan atau bahkan untuk mengerjakan tugas.

Dengan prosesor Intel® Core™ Ultra berperforma tinggi, laptop ini juga mampu memproses berbagai aktivitas komputasi yang berat dengan cepat dan ringkas. Sama seperti sister product-nya, HUAWEI MateBook 14 juga telah dilengkapi fitur HUAWEI Dual Shark Fin Fan, yang dapat mengoptimalkan pendinginan mesin laptop saat pengguna sedang mengerjakan tugas komputasi berat, sehingga performa laptop tetap baik dan terjaga meski dipakai berjam-jam. Fitur unggulan HUAWEI MateBook 14:

  • Dibekali layar sentuh OLED beresolusi 2.8K dengan refresh rate hingga 120 Hz, sehingga pengguna dapat merasakan kualitas visual yang jernih dan mendetail. 
  • Dilengkapi memori 32 GB dan penyimpanan 1 TB.
  • Fitur Multi-screen dari Super Device yang ada di HUAWEI MateBook X Pro dan HUAWEI MateBook 14 memungkinkan koneksi dari perangkat satu ke yang lainnya jadi lebih ringkas. 
  • Dilengkapi AI Search canggih, yang memudahkan pengguna dalam menemukan informasi dengan lebih cepat dan mudah. 
  • Daya tahan baterai yang luar biasa, yaitu 19 jam waktu pemakaian dengan daya sebesar 70 Wh dan Mode Penghematan Daya Pertama di lini PC Huawei. 
  • Free Touch, yang memungkinkan pengguna mengatur laptop selama sesi video call berlangsung tanpa harus menyentuh perangkat.
  • Dibekali HUAWEI 3D Metaline Antena, yang dapat mengoptimalkan koneksi internet, meski pengguna berada di area dengan sinyal lemah. 

Penulis: Naela Marcelina

#Unlocking The Limitless