7 Tanda Kamu Punya Sikap Gampang Diremehkan dan Direndahkan Orang Lain

Febi Anindya Kirana diperbarui 25 Jun 2024, 15:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki kepribadian dan pembawaan diri yang berbeda-beda. Tidak semua orang memiliki kesan tangguh dan kuat di mata orang lain sehingga ia tidak mudah diremehkan atau direndahkan. Tapi ada juga orang-orang yang dari caranya membawa diri sudah menunjukkan ia mudah diremehkan. Lalu tampilan seperti apakah yang membuat seseorang jadi mudah diremehkan? Ternyata ini tanda-tanda jika kamu punya sikap dan pembawaan diri yang mudah diremehkan dan direndahkan.

2 dari 8 halaman

1. Kurang Percaya Diri

ilustrasi perempuan pemalu/Art_Photo/Shutterstock

Seseorang yang kurang percaya diri seringkali terlihat ragu-ragu, tidak berani mengemukakan pendapat, bingung, mudah cemas dan mudah terintimidasi oleh orang lain. Sikap ini dapat mengundang sisi dominan orang lain terhadapmu karena kamu terlihat mudah diperlakukan buruk tanpa bisa melawan dengan sikapmu yang minder. Terkadang dengan sikap kurang percaya diri, orang akan menganggapmu bodoh karena tidak memiliki keterampilan sosial yang baik.

3 dari 8 halaman

2. Berbicara Pelan dan Tidak Jelas

ilustrasi perempuan cantik/Jirawatfoto/Shutterstock

Cara berbicara yang pelan dan tidak jelas dapat membuat orang lain menganggapmu tidak punya hal penting untuk dikatakan, tidak kompeten, atau bahkan tidak cerdas. Komunikasi yang baik sama pentingnya dengan penampilan yang tegas. Orang akan mudah sekali membuat penilaian buruk ketika kamu menutupi mulut, tidak lantang dalam berbicara, bahkan suka bergumam tidak jelas. Sikap ini akan mudah membuat orang lain meremehkan kemampuan, keterampilan dan potensimu.

4 dari 8 halaman

3. Bahasa Tubuh yang Tertutup

Ilustrasi perempuan bersedih/copyrightshutterstock/Kmpzzz

Bahasa tubuh yang tertutup, seperti membungkuk, menghindari kontak mata, menyatukan kedua tangan di depan badan, atau suka memainkan ujung baju, dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman dan enggan untuk berinteraksi denganmu. Hal ini dapat membuatmu mudah diremehkan dan dianggap tidak menarik untuk diajak bicara karena kamu menunjukkan aura gusar dan tidak menyenangkan. Belajarlah memiliki postur tubuh yang baik, tegap dan pandangan lurus ke depan.

5 dari 8 halaman

4. Penampilan yang Tidak Terurus

ilustrasi perempuan cemas/Mix and Match Studio/Shutterstock

Penampilan seringkali memberi penilaian yan besar terhadpa diri seseorang. Ketika kamu terlihat tidak terurus, tentu orang akan enggan mendekat apalagi memulai percakapan denganmu. Akhirnya kamu mendapatkan tatapan sinis dan sikap meremehkan dari mereka. Mulailah berpakaian yang bagus, rapi, bersih dan terawat. Pakaian yang kusut, rambut yang berantakan atau bau badan, dapat membuat orang lain menganggapmu tidak profesional, tidak disiplin, atau bahkan tidak sopan.

6 dari 8 halaman

5. Sering Melakukan Kesalahan

Ilustrasi perempuan menyendiri/copyrightshutterstock/Mix and Match Studio

Tentu setiap orang pernah melakukan kesalahan, tapi berbeda dengan sering melakukan kesalahan. Baik dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari, kebiasaan ini dapat membuat orang lain menganggapmu kurang cerdas, kurang kompeten, ceroboh, tidak teliti atau bahkan tidak bisa diandalkan. Kurang memiliki keterampilan sosial yang mumpuni juga bisa membuat orang lain sulit memberimu kepercayaan. Kamu tidak akan dianggap penting oleh mereka, bahkan akan dianggap bodoh.

7 dari 8 halaman

6. Tidak Bisa Mengatakan "Tidak"

ilustrasi perempuan ngobrol/mentatdgt/Shutterstock

Ketegasan dibutuhkan jika kamu tidak ingin diremehkan atau direndahkan orang lain. Bersikap baik itu perlu, tapi tegas tak boleh dikesampingkan. Seseorang yang selalu mengatakan "ya" untuk semua permintaan, padahal ia tidak mampu atau tidak ingin melakukannya, bisa membuatnya dianggap mudah dimanfaatkan dan diperdaya. Termasuk dalam percakapan, jangan hanya menjadi pendengar, aktiflah bertanya atau mengajukan isi pikiran.

8 dari 8 halaman

7. Selalu Mencari Pengakuan

ilustrasi kepribadian perempuan/Twinsterphoto/Shutterstock

Zaman sekarang, banyak orang hasu validasi. Seseorang yang selalu mencari perhatian, pengakuan, validasi atau persetujuan orang lain dan tidak berani mengambil keputusan sendiri ternyata dapatnya terlihat lemah, tidak mandiri, tidak punya pendirian, tidak memiliki inisiatif, dan tidak mampu memimpin dirinya sendiri. Karena itulah orang sering mendapat perlakuan diskriminatif, bahkan sering diremehkan.

Jadi jika kamu merasa memiliki sekian poin di atas, sebisa mungkin segera ubah sekarang juga. Ketika kamu mampu membawa dirimu dengan lebih baik di mata orang lain, maka akan dengan sendirinya orang akan menghargai dan menghormatimu, alias kamu tidak akan mudah diremehkan orang lain.

#Unlocking The Limitless