3 Resep Kreasi Sale Pisang yang Mudah dan Gurih Crispy

yosefin natalie diperbarui 21 Sep 2024, 09:22 WIB

Fimela.com, Jakarta Jika kamu punya banyak persediaan pisang di rumah jangan bingung mau diolah menjadi apa. Sale pisang adalah salah satu solusi dan olahan yang nikmat. Mungkin membuat sale pisang bisa kamu coba dengan beberapa resep seperti dibawah ini. Pisang yang dipakai bisa pisang emas, kepok atau pisang raja, tipe pisang dengan tekstur kenyal dan lebih padat. Cara membuatnya juga sangat mudah, berikut beberapa resep dengan berbagai kreasi sale pisang yang bisa kamu coba dirumah. Yuk intip berbagai resep berikut.

1. Resep Sale Pisang Basah

Bahan:

  • 1 sisir pisang emas matang

Cara Membuat:

  1. Kupas pisang bersih dan belah memanjang jadi dua.
  2. Tata pisang di atas nampan, tutup dengan kain tipis atau tisu kain.
  3. Jemur pisang di bawah terik matahari hingga kering dan pisang mengeluarkan karamel kecoklatan.
  4. Jika tidak ada sinar matahari, bisa juga memprosesnya dengan oven.
  5. Cukup oles loyang dengan carlo atau minyak tipis saja, tata pisang di loyang, beri jarak. Panggang pisang selama 25-30 menit dengan api sangat kecil.
  6. Cek apakah sale pisang sudah matang, jika belum lanjutkan menambah beberapa menit lagi. Hati-hati terlalu lama sehingga menimbulkan rasa gosong.
What's On Fimela
2 dari 3 halaman

2. Resep Sale Pisang Krispi

ilustrasi sale pisang goreng/Tiwuk Suwantini/Shutterstock

Bahan:

  • 1 sisir pisang raja yang sudah matang

Bahan pelapis:

  • 300 ml air
  • 10 sdm tepung terigu
  • 7 sdm tepung beras
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt gula pasir

Cara membuat:

  1. Kupas pisang dan belah jadi 3-4 bagian. Tebal tipisnya bisa sesuai selera ya.
  2. Tata pisang di tampah, keringkan di bawah terik matahari hingga benar-benar kering dan warnanya menjadi coklat karamel.
  3. Campurkan semua bahan pelapis, pastikan adonannya tidak terlalu kental agar bisa krispi dan tidak terlalu tebal menutupi sale.
  4. Celup sale ke dalam bahan pencelup.
  5. Panaskan minyak secukupnya, goreng pisang hingga matang kering krispi. Angkat dan tiriskan.
3 dari 3 halaman

3. Resep Pisang Sale Gurih Ala Rumahan

ilustrasi sale pisang/Ratih Ra/Shutterstock

Bahan-bahan:

  • Pisang kepok atau pisang raja matang.
  • Gula pasir secukupnya (opsional, untuk memberikan rasa manis tambahan).
  • Peralatan dapur: pengupas pisang, pisau, rak oven atau pemanggang, loyang atau nampan panggangan, kertas roti atau alas panggangan.

Cara Membuat:

  1. Kupas kulit pisang yang sudah matang dan iris-iris pisang secara memanjang menjadi potongan tipis (sekitar 0,5 cm hingga 1 cm).
  2. Jika kamu suka rasa manis, balurkan potongan pisang ke dalam gula pasir secukupnya hingga seluruh bagian permukaannya tertutup gula. Ini pilihan dan dapat diabaikan jika kamu lebih suka tanpa gula tambahan.
  3. Siapkan nampan oven atau pemanggang, lalu tutupi dengan kertas roti atau bahan anti lengket yang mirip.
  4. Tata potongan pisang yang sudah diiris dan dibalut gula di atas nampan atau rak dengan jarak yang cukup antara satu potongan dan yang lain agar udara bisa sirkulasi dengan baik.
  5. Panaskan oven atau pemanggang dengan suhu sekitar 50-60°C. Proses pengeringan pisang dilakukan dengan suhu yang rendah agar pisang mengering secara perlahan.
  6. Masukkan nampan atau rak yang berisi pisang ke dalam oven atau pemanggang yang sudah dipanaskan. Biarkan pisang mengering dan menyerap asap selama beberapa jam. Proses ini bisa memakan waktu 4-6 jam atau bahkan lebih, tergantung pada ketebalan potongan pisang dan suhu oven yang digunakan.
  7. Periksa pisang secara berkala dan balikkan atau putarkan potongan pisang agar proses pengeringan merata di kedua sisi.
  8. Setelah pisang terasa kering dan memiliki tekstur yang agak keras, angkat dari oven atau pemanggang, dan biarkan dingin sebelum disajikan.

Nah itu dia beberapa resep sale pisang rumahan yang bisa kamu coba dirumah. Selamat mencoba ya!