Anak Zaman Now Wajib Tahu! Ada 8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat dari Frugal Living

Iwan Tantomi diperbarui 18 Jun 2024, 10:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Zaman sekarang, gaya hidup frugal semakin menjadi tren di kalangan anak muda. Frugal living bukan lagi dianggap kuno atau ketinggalan zaman, melainkan justru dilirik sebagai gaya hidup yang bijak dan menguntungkan.

Di tengah tren konsumerisme yang masif dan budaya instan yang menggiurkan, berhemat dan menghindari pemborosan justru menjadi pilihan cerdas bagi anak-anak zaman now yang paham akan nilai-nilai kehidupan yang sesungguhnya.

Dengan menerapkan pola hidup frugal, kamu nggak hanya menghemat pengeluaran dan menghindari pemborosan. Namun ternyata, ada sederet manfaat lain yang bisa kamu raih dari frugal living yang patut kamu ketahui.

Mulai dari peningkatan kesadaran akan kebutuhan versus keinginan, kepuasan batin yang lebih besar, hingga peluang investasi yang terbuka lebar. Menarik bukan? Jadi, apa sajakah 8 manfaat utama dari menerapkan frugal living yang wajib diketahui anak zaman sekarang? Simak ulasannya berikut ini!

What's On Fimela
2 dari 4 halaman

Anak Zaman Now Wajib Tahu! Ada 8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat dari Frugal Living

Tabunganmu Bakal Makin Gede!

Kalau kamu lebih hemat dan nggak boros, jelas deh tabunganmu bakal makin banyak. Kamu bisa nge-save buat dana darurat, beli mobil atau rumah, liburan, atau tujuan lainnya. Nge-save sedikit demi sedikit tapi dilakukan terus juga bisa bikin tabunganmu menggelembung karena bunga majemuk dan pertumbuhan investasi.

Frugal Living Bikin Kamu Peka Terhadap Lingkungan

Nggak cuma menguntungkan bagimu, hidup frugal juga bermanfaat buat bumi kita tercinta! Gimana nggak, dengan nggak boros dan konsumtif, kamu secara nggak langsung turut menjaga kelestarian lingkungan, lho.

Coba deh bayangkan, dengan nggak terus-menerus beli barang baru, kamu mengurangi sampah dan eksploitasi sumber daya alam. Selain itu, hidup frugal juga berarti kamu lebih selektif dalam mengonsumsi sesuatu. Pola makan yang lebih sehat, mengurangi penggunaan plastik, sampai gaya hidup yang ramah lingkungan lainnya.

Stres Akibat Keuangan Bakalan Berkurang

Orang yang hidup frugal pasti nggak bakal pernah ngeluarin duit lebih banyak dari pendapatannya. Ini bikin mereka nggak terlalu khawatir soal finansial. Nggak perlu kerja keras banget cuma buat nutup kebutuhan sehari-hari. Walaupun kadang masih kesusahan, tapi mereka lebih siap ngadepin masa-masa sulit.

3 dari 4 halaman

Anak Zaman Now Wajib Tahu! Ada 8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat dari Frugal Living

Tercapai Kebebasan Finansial Lebih Cepat

Kalau tujuanmu adalah kebebasan finansial, frugal living bisa membantumu mencapainya lebih cepat. Orang-orang kaya terkenal hidup frugal, lho. Mereka nggak akan jadi sekaya itu tanpa pandai berhemat.

Hidup Jadi Lebih Simpel

Hidup hemat seringkali berujung pada hidup yang simpel. Cara untuk menghemat biaya hidup bisa dengan menyederhanakan gaya hidup. Misalnya dengan nggak terlalu banyak barang yang justru bikin repot, punya sedikit baju supaya praktis, atau punya rumah kecil yang gampang dirawat.

Kamu Bakalan Punya Skill Baru

Salah satu prinsip frugal living adalah swadaya. Dengan melakukan banyak hal sendiri, kamu bisa menghemat biaya yang seharusnya dibayar ke orang lain. Semakin banyak Do It Yourself alias DIY yang kamu lakukan, semakin banyak kemampuan baru yang didapat.

Mulai dari masak sendiri sampai memperbaiki barang. Hidup swadaya juga membuat kamu lebih kreatif karena harus mikir cara memanfaatkan barang bekas atau menyelesaikan masalah tanpa mengeluarkan biaya.

4 dari 4 halaman

Anak Zaman Now Wajib Tahu! Ada 8 Manfaat yang Bisa Kamu Dapat dari Frugal Living

Hidup Jadi Lebih Sehat

Percaya nggak kalau gaya hidup frugal juga bisa membuat kamu lebih sehat? Pertama, dengan memasak sendiri di rumah, kamu bisa mengontrol apa saja bahan-bahan yang digunakan. Ini jauh lebih sehat dibandingkan jika kamu sering makan di luar yang tidak tahu persis apa saja komposisi dalam makanannya.

Kedua, dengan mengerjakan sendiri pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan rumah, mencuci, ataupun berkebun, kamu jadi lebih banyak bergerak sehingga tingkat aktivitas fisikmu meningkat.

Ini bagus untuk kesehatan tubuh. Ketiga, ketika kamu nggak merasa terbebani masalah finansial karena sudah hidup frugal, kamu akan lebih jarang stres dan bisa tidur lebih nyenyak. Stres berkepanjangan bisa memicu berbagai masalah kesehatan lainnya.

Banyak Waktu Luang yang Tersisa

Dengan hidup yang lebih simpel, kamu akan punya lebih banyak waktu luang ketimbang sebelumnya. Waktu ini bisa digunakan buat menikmati hidup lebih banyak lagi dan menjalin hubungan lebih erat dengan keluarga dan teman-teman.

Nah, itulah beberapa manfaat dari menerapkan gaya hidup frugal atau hemat yang wajib diketahui oleh anak-anak zaman now. Gaya hidup ini bikin kamu jadi hemat, terbebas dari jeratan hutang, hingga bisa membawa kamu ke kehidupan yang lebih sehat dan ramah lingkungan. So, frugal living benar-benar membawa banyak dampak positif dalam hidup.

Penulis: Elma Salsabila El Zahro