Menjadi Night Owl Person Tak Selamanya Buruk, Begini Sisi Positifnya!

Iwan Tantomi diperbarui 14 Jun 2024, 17:47 WIB

Fimela.com, Jakarta Menjadi night owl person sering kali dianggap buruk oleh sebagian besar orang. Namun, ternyata pola hidup ini juga memiliki sejumlah keuntungan yang jarang diketahui. Night owl, atau orang malam, mengacu pada individu yang cenderung tidur lebih larut dan bangun lebih siang daripada kebanyakan orang pada umumnya. Mereka biasanya tidur di jam 9 pagi hingga 5 sore, setelah itu barulah merasakan capaian performa terbaiknya.

Maka dari itu mereka sering sekali merasakan lebih produktif dan nyaman untuk mengerjakan berbagai aktivitas di malam hari dibandingkan pagi hari. Meski pola tidur seperti ini seringkali dianggap tidak sehat, ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh para night owl. Berikut 7 keuntungan menjadi night owl person yang jarang diketahui!

2 dari 4 halaman

Menjadi Night Owl Person Tak Selamanya Buruk, Begini Sisi Positifnya!

Lebih Kreatif

Menjadi seorang night owl ternyata bukan hanya sekedar pola hidup, tetapi juga berkaitan erat dengan tingkat kreativitas seseorang. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Catholic University of the Sacred Heart di Milan mengungkap fakta mengejutkan bahwa individu yang cenderung terjaga hingga larut malam justru memiliki pikiran yang lebih kreatif dibandingkan kebanyakan orang pada umumnya.

Temuan ini sejalan dengan kebiasaan para night owl yang cenderung memanfaatkan waktu di kala malam hari dengan lebih maksimal. Selama kebanyakan orang tengah terlelap, para night owl meluangkan jam-jam istimewa ini untuk bereksperimen, merenung, dan mengeksplorasi ide-ide baru. Momen sunyi di tengah malam seakan menjadi katalisator tersendiri bagi kreativitas mereka untuk bermekaran tanpa gangguan.

Tidak hanya itu, kebiasaan begadang juga kerap membuat para night owl lebih produktif dalam mewujudkan gagasan-gagasan kreatif mereka. Tanpa hiruk-pikuk aktivitas siang hari, mereka dapat berkonsentrasi penuh pada proyek-proyek yang sedang digarap, baik dalam bentuk tulisan, karya seni, atau bahkan terobosan ilmiah.

Lebih Pintar

Para night owl juga dikaruniai kecerdasan intelektual yang menonjol. Sebuah studi yang dilakukan oleh Satoshi Kanazawa dari London School of Economics and Political Science mengungkap fakta menarik ini. Penelitian tersebut menelaah pola tidur dan bangun siswa di 80 sekolah menengah pertama dan atas.

Para siswa ditanyai kebiasaan tidur mereka pada hari-hari sekolah dibandingkan hari libur. Hasilnya, siswa dengan kecerdasan paling gemilang cenderung memiliki waktu tidur dan bangun yang lebih lambat, sedangkan siswa dengan IQ rata-rata hingga rendah justru tidur dan bangun lebih awal.

3 dari 4 halaman

Menjadi Night Owl Person Tak Selamanya Buruk, Begini Sisi Positifnya!

Kuat Secara Mental

Salah satu keuntungan menjadi seorang night owl adalah kuat secara mental. Orang yang terbiasa bangun pagi seringkali lebih cepat lelah secara mental dibandingkan mereka yang begadang hingga larut malam.

Penelitian dari The University of Liege di Belgia menemukan perbedaan mencolok dalam kewaspadaan mental kedua kelompok tersebut. Kendati sering bangun lebih siang, para night owl justru lebih mampu mempertahankan kewaspadaan mental dalam jangka waktu yang lebih panjang dibandingkan mereka yang tidur lebih awal. 

Punya Nalar Lebih Baik

Para night owl person juga dikenal memiliki penalaran induktif yang mumpuni. Sebuah studi dari Universitas Madrid menguji berbagai keterampilan pada seribu remaja dan menemukan bahwa mereka yang tergolong night owl person memperoleh nilai tertinggi pada bagian penalaran induktif dalam tes tersebut.

Penalaran induktif merupakan kemampuan untuk menarik kesimpulan berdasarkan serangkaian fakta yang ada, sekaligus dianggap sebagai tanda kecerdasan dan prediktor kesuksesan akademis serta karier.

Berkomunikasi dengan Baik

Keuntungan lainnya saat menjadi seorang night owl person adalah skill komunikasinya lebih baik.  Mereka yang terbiasa begadang kerap menghabiskan waktu larut malam untuk berkomunikasi dengan sesama night owl person melalui forum internet atau grup khusus. Saat kebanyakan orang tengah terlelap, para night owl memanfaatkan kesunyian malam hari untuk berlatih dan mengasah keterampilan komunikasi mereka secara lebih fokus dan mendalam.

4 dari 4 halaman

Menjadi Night Owl Person Tak Selamanya Buruk, Begini Sisi Positifnya!

Punya Waktu Untuk Hobi

Para night owl biasanya memanfaatkan waktu untuk mengasah keterampilan mereka. Baik itu bermain gitar, menulis puisi, atau membuat karya sastra lainnya, mereka memiliki waktu ekstra untuk melakukan aktivitas menyenangkan yang mungkin tidak terlalu produktif. Waktu yang dihabiskan orang lain untuk tidur tersebut, digunakan oleh para night owl untuk berkreasi atau berlatih, menunjukkan kecenderungan mereka yang lebih kreatif.

Fisik yang Lebih Kuat 

Keuntungan terakhir saat menjadi night owl person disik kamu akan lebih kuat. Penelitian dari Universitas Alberta menemukan bahwa kekuatan orang yang bangun pagi relatif stabil sepanjang hari, sedangkan night owl menunjukkan lonjakan kekuatan di malam hari.

Hal tersebut merupakan hasil dari peningkatan aktivitas korteks motorik dan rangsangan sumsum tulang belakang yang bekerja sama pada waktu tersebut. Orang yang bangun pagi tidak mengalami kombinasi kedua faktor ini secara bersamaan. Otak mereka mencapai puncak kinerja di pagi hari, yang perlahan menurun seiring berjalannya waktu.

Itu dia beberapa keuntungan menjadi night owl person, meski sering dipandang sebelah mata, ternyata menjadi night owl memiliki sejumlah manfaat tersembunyi yang patut untuk dipertimbangkan. Jadi, bagi kamu para night owl di luar sana, tidak perlu merasa malu atau terbebani dengan kebiasaan ini.

Selama dijalankan dengan bijak dan seimbang, hal tersebut justru bisa menjadi kekuatan tersendiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pada akhirnya yang terpenting adalah mengenali ritme alami tubuh sendiri dan memanfaatkannya secara optimal untuk mendukung produktivitas dan kesehatan mental.

Penulis: Zahra Utami Putri