Nggak Cuma Rendang, Ini Ragam Olahan Daging Sapi Lainnya yang Bisa Dicoba

Gloria Trivena May Ary diperbarui 13 Jun 2024, 19:53 WIB

Fimela.com, Jakarta Di Indonesia, daging sapi seringkali diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat dan menggugah selera. Akan tetapi, dari semua makanan yang berbahan daging sapi tersebut, mungkin rendang jadi salah satu yang paling terkenal dibandingkan yang lainnya. 

Ya, makanan khas Minangkabau ini memang selalu menjadi primadona saat berbicara tentang olahan daging sapi. Cita rasa pedas dan gurih dengan tekstur daging yang empuk membuatnya digemari oleh banyak orang. Bahkan, momen-momen tertentu seperti Idulfitri dan Iduladha, rendang daging sapi kerap dihadirkan bersama dengan makanan lainnya, seperti ketupat hingga sambal kentang.

Namun, olahan daging sapi nyatanya nggak hanya terbatas pada rendang. Ada banyak variasi hidangan yang bisa kamu coba untuk menyajikan daging sapi dengan cara yang berbeda. Selain itu, rasa dan aromanya pun juga nggak bakal kalah, lho. Penasaran apa saja ragam olahan daging sapi yang bisa dicoba?

2 dari 4 halaman

1. Coto Makassar

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Buat kamu yang ingin mengolah daging sapi dengan cara berbeda, mungkin menu satu ini bisa banget untuk dipertimbangkan. Coto Makassar adalah salah satu makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan yang terbuat dari potongan daging sapi dan berbagai macam rempah. 

Dibandingkan dengan makanan berkuah lainnya, coto Makassar ini memiliki kuah kuning yang cenderung lebih pekat dan rasanya pun lebih dominan ke gurih. Nah, untuk menikmati hidangan lokal satu ini, kamu bisa menambahkan sambal, perasan jeruk nipis, dan taburan bawang goreng yang semakin membuat rasanya semakin kaya dan berbekas di lidah. Makin enak lagi kalau makannya sambil ditemani dengan buras, beras yang dimasak dengan santan dan dibungkus dengan daun pisang. Tertarik membuatnya?

3 dari 4 halaman

2. Sate Maranggi

Sate Maranggi Daging Sapi (Dok. Cookpad/@NINGJULIE_RECIPES)

Sate Maranggi jadi olahan daging sapi selanjutnya yang dapat kamu coba bikin sendiri. Berbeda dengan sate pada umumnya, Hidangan khas dari Purwakarta, Jawa Barat ini justru nggak menggunakan bumbu kacang, melainkan bumbu rempah khas yang meresap hingga ke dalam daging. Perpaduan bumbu tersebut memberikan rasa yang manis, gurih, dan sedikit pedas.

Bukan cuma itu saja, aroma bakar yang berasal dari proses pembuatan sate maranggi pun juga semakin membuatnya enak dan menggiurkan. Nah, untuk menikmatinya, kamu bisa menambahkan acar timun dan wortel yang segar serta jangan lupa menyediakan sambal pilihan biar rasanya semakin istimewa. 

4 dari 4 halaman

3. Rawon

Ilustrasi/Shutterstock.com/Marla_Sela

Hidangan selanjutnya adalah rawon, sup daging sapi berwarna hitam yang berasal dari Jawa Timur. Warna hitam yang khas ini berasal dari kluwek, biji tanaman yang memberikan rasa dan aroma khas pada rawon. Nah, rawon sendiri memiliki rasa yang kaya dengan perpaduan bumbu rempah yang menggugah selera.

Seporsi rawon daging sapi biasanya disajikan bersama dengan nasi hangat, telur asin, kerupuk, sambal, serta tempe mendol. Dengan kombinasi ini, dijamin lidahmu akan menari-nari karena kenikmatan yang tiada tara.

Lihat sendiri kan, ternyata masih banyak olahan daging sapi selain rendang. Selain nggak kalah dari segi rasa, berbagai makanan tersebut pasti juga mampu menawarkan tekstur yang empuk dan aroma yang menggiurkan jika dimasak dengan cara yang tepat. Dari ketiga hidangan tersebut, mana nih yang mau kamu coba masak?

Kabar baiknya, saat ini sudah ada banyak sekali bumbu kemasan berbagai makanan nusantara yang tersedia. Mulai dari bumbu rawon, soto, sate, nasi goreng, hingga rendang bisa kamu temukan dengan mudah. Dengan menggunakan bumbu-bumbu tersebut, kamu nggak perlu repot-repot lagi menyiapkan ragam bumbu rempah. Cukup tuangkan saja ke dalam hidangan yang dibuat, dan masakanmu akan berubah jadi lebih enak serta istimewa.