Ruben Onsu Ajukan Cerai Atas Sarwendah ke Pengadilan, Berikut Beberapa Faktanya

Anto Karibo diperbarui 12 Jun 2024, 16:24 WIB

Fimela.com, Jakarta Adanya permasalahan dalam rumah tangga Ruben Onsu dan Sarwendah akhirnya terkuak sudah. Keretakan hubungan dalam pernikahan mereka menjadi kenyataan setelah diketahui bahwa Ruben Onsu mengajukan perceraian atas Sarwendah.

Pengajuan cerai tersebut sudah didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor perkara 551/Pdt.G/2024/PN JKT.SEL. Hal itu juga dibenarkan oleh Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Tumpanuli Marbun.

"Benar nomor perkara no 551, dengan Majelis Hakim Djoyamto, Agung Sutomo Thoba dan Arif Budi Chayono," kata Tumpanuli Marbun saat dihubungi awak media, baru-baru ini.

Mengiringi pengajuan perceraian tersebut, beberapa fakta pun mengiringinya. Apa saja? Mari kita simak sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

2 dari 7 halaman

Gonjang-Ganjing Keluarga

Ruben Onsu dan Sarwendah (Instagram/ruben_onsu)

Sebelum akhirnya terkuak mengenai pengajuan cerai Ruben Onsu tersebut, kabar mengenai keretakan hubungan rumah tangga Ruben dan Sarwendah sudah menyeruak kuat. Hal itu terlihat dari Sarwendah dan Ruben Onsu yang jarang mengunggah kebersamaan dan keromantisan lagi.

3 dari 7 halaman

Pisah Rumah

Yang tidak kalah penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangganya adalah waktu bersama keluarga. Sarwendah bersyukur memiliki waktu banyak bersama anak-anaknya. "Yang penting family time, bareng keluarga sama anak-anak," sambung perempuan 34 tahun ini. [Instagram/sarwendah29]

Saat Sarwendah dirawat di rumah sakit beberapa waktu lalu, tak ada Ruben Onsu yang menemaninya. Bahkan hanya sang adik, Jordi Onsu yang sempat menjenguk kakak iparnya. Dari situ juga terkuak bahwa Sarwendah dan Ruben sudah pisah rumah.

Kala itu Sarwendah mengakui bahwa dirinya dan anak-anak sudah tak lagi seatap dengan Ruben Onsu. Ia mengaku sudah beberapa waktu lamanya tinggal di rumah adiknya.

"Aku kebetulan sama anak-anak lagi tinggal di rumah Aunty Wendy. Jadi pulang ke rumah Aunty Wendy karena kan biar bolak-baliknya (ke rumah sakit) juga gampang lah. Udah berapa lama ya kita di rumah Aunty Wendy?" ucap Sarwendah beberapa waktu lalu.

4 dari 7 halaman

Diduga Gugat Cerai

Sarwendah dan Ruben Onsu pun menggelar pesta perayaan ultah untuk kedua putrinya di sebuah taman bermain anak-anak. [@ruben_onsu]

Seiring rumor yang berhembus mengenai masalah dalam rumah tangga Ruben Onsu dan Sarwendah, sempat tersiar kabar bahwa Sarwendah lah yang melayangkan gugatan cerai atas suaminya. Namun, kala itu Sarwendah membantah.

"Nggak ada. Aku nggak ada gugatan apapun," tutur Sarwendah saat ditemui di kediamannya, kawasan Cipete, Jakarta Selatan.

5 dari 7 halaman

Terdaftar 11 Juni

Selain itu, juga saling percaya. Tidak memperdulikan opini atau gosip dari luar. "Kita juga tidak mendengarkan yang di luar. Sama-sama saling percaya aja," ungkap Sarwendah. [Instagram/sarwendah29]

Pengajuan cerai Ruben Onsu tertera dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pengajuan cerai ini didaftarkan Ruben melalui kuasa hukumnya, Minola Sebayang ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan terdaftar pada 11 Juni.

"Iya benar ada gugatan perceraian yang diajukan RSO [Ruben Samuel Onsu] melawan istrinya S [Sarwendah]," kata Tumpanuli Marbun.

6 dari 7 halaman

Jadwal Sidang

Tak mau melewatkan momen tersebut, Ruben dan Sarwendah pun menggelar acara dinner di Talassa Jakarta, restoran buah kolaborasi antara GIOI, Jakarta Phinisi dan Agung Sedayu Group. [@ruben_onsu]

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan juga sudah menetapkan jadwal sidang perdana Ruben Onsu dan Sarwendah pada awal Juni 2024. Masih menurut Marbun, bahwa sidang perdana akan dilangsungkan pada 9 Juli mendatang.

Rencananya, baik penggugat maupun tergugat atau kuasa hukumnya akan dipanggil terlebih dulu oleh majleis hakim yang sudah ditunjuk pengadilan.

7 dari 7 halaman

Alasan Perceraian

Anniversary pernikahan Sarwendah dan Ruben Onsu (Sumber: Instagram/sarwendah29)

Mengenai alasan perceraian dari Ruben Onsu dan Sarwendah, pihak pengadilan tak mau mengungkapkannya secara gamblang. Sang humas menyatakan bahwa hal itu sudah termasuk privasi.

"itu nggak bisa kami sampaikan ke publik karena menyangkut masalah rumah tangga orang atau sifatnya privat," tuturnya.