Mudah! Inilah Tutorial Membuat Rambut Bouncy Blowout di Rumah

Miftah DK diperbarui 25 Jun 2024, 20:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela menginginkan rambut tebal dan bertubuh penuh yang memancarkan glamor serta kepercayaan diri? Menggunakan teknik bouncy blowout bisa menjadi tampilan baru. Rambut bouncy blowout adalah teknik blow yang menghasilkan rambut terlihat bouncy, mengembang, dan berkilau.

Dalam teknik ini, rambut diblend menggunakan alat seperti hair dryer dan sisir bundar untuk menciptakan ikal yang natural dan memberikan volume pada rambut. Blowout yang sempurna dapat membuat rambutmu terlihat sehat, memamerkan gaya, dan memberi keyakinan bahwa apa pun hari yang kamu hadapi, rambut akan tetap rapi dan sempurna.

Namun, mendapatkan hasil terbaik bisa jadi rumit jika Sahabat Fimela tidak tahu apa yang dilakukan. Melansir dari revamphair.com, inilah tutorial untuk kamu membuat tampilan rambut bouncy blowout hanya dari rumah saja.

2 dari 6 halaman

1. Mempersiapkan rambut

Mempersiapkan rambut. (Foto: Pinterest/Mint Arrow)

Mulailah dengan mengeringkan rambut dengan handuk. Sahabat Fimela mungkin kesulitan mendapatkan pantulan indah dengan rambut basah karena akan membebani rambut. Idealnya, kamu harus memastikan rambut kira-kira 60-80% kering (tergantung ketebalan rambut) sebelum menggunakan alat penata rambut.

Jika kamu merasa rambut sudah cukup kering, sisirlah bagian-bagian rambut dengan sisir anti kusut atau sisir bergigi jarang agar ujungnya tidak rusak. Namun, jika rambutmu cenderung rontok, coba masukkan mousse penambah volume, serta pelindung panas ke dalam rutinitas sebelum menata rambut.

3 dari 6 halaman

2. Memilih alat untuk menata rambut

Memilih alat untuk menata rambut. (Foto: Freepik)

Sama seperti gaya rambut lainnya, ada beberapa alat dan metode yang dapat digunakan untuk menciptakan tampilan bervolume tinggi. Apakah Sahabat Fimela lebih suka hair dryer barrel brush atau hair dryer air styler

Saat mencari hair dryer yang cocok, pastikan kamu memilihnya dengan pengaturan panas yang dapat disesuaikan untuk memastikannya dapat menata tekstur alami rambut. Ingat, periksa juga hair dryer memiliki pengaturan dingin, yang dirancang dalam membantu mengatur gaya rambut untuk hasil tahan lama.

4 dari 6 halaman

3. Membagi rambut

Membagi rambut. (Foto: Dokumen/ghdhair.com)

Setelah rambut Sahabat Fimela setengah kering, mulailah membaginya menjadi beberapa bagian. Hal ini sangat penting terutama jika kamu memiliki rambut tebal, karena akan mempersingkat waktu pengeringan.

Bagilah rambut dengan mengikat bagian atas menjadi simpul atas atau menjepitnya. Penting agar fokus pada bagian bawah rambut terlebih dahulu untuk memastikan pengangkatan maksimal dan hair dryer merata, bukan hanya lapisan atas rambut saja. 

5 dari 6 halaman

4. Mulailah mengeringkan

Mulailah mengeringkan. (Foto: Dokumen/ghdhair.com)

Jika Sahabat Fimela menggunakan hair dryer, pastikan memasang concentrator nozzle untuk penataan rambut yang presisi. Bungkus bagian rambut pertama di sekitar sikat berbentuk bulat dan keringkan rambut berlawanan dengan arah letaknya. Hal ini akan mendorong akar untuk berdiri tegak, bukannya jatuh langsung ke kulit kepala. Lepaskan perlahan rambut dari sikat dan kamu akan mendapatkan ikal yang lembut. Setelah selesai mengeringkan setiap bagian, ambil jepit rambut dan kencangkan rambut keriting dalam gulungan hingga dingin, ini akan membantu mengatur gaya.

Namun, jika kamu memilih untuk menggunakan air dryer, gunakan bulu alat penata rambut untuk membungkus rambut. Kemudian gerakkan perlahan ke seluruh bagian rambut sambil memutar pergelangan tangan pada saat yang bersamaan.

6 dari 6 halaman

5. Sentuhan terakhir

Tambahkan hairspray. (Foto: Freepik/diana.grytsku)

Berhati-hatilah saat menata rambut bagian depan, karena ini akan digunakan untuk membingkai wajah. Setelah Sahabat Fimela menata seluruh rambut, gerakkan jari dengan lembut untuk mendapatkan hasil alami dan tambahkan sedikit hairspray. Pilihlah hairspray yang ringan dan fleksibel untuk memastikan rambut tidak terbebani dan gelombang akan bertahan lama.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless