Sederet Tips Liburan Bersama Anak dengan Budget Terbatas dari Financial Planner

Naela Marcelina diperbarui 05 Jun 2024, 12:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Aroma liburan tengah tahun sudah tercium nih, Sahabat Fimela. Bagi para orangtua, apakah sudah menentukan akan liburan ke mana? Jika belum, coba deh tentukan dari sekarang untuk menciptakan momen kehangatan bersama keluarga. 

Walaupun budget pas-pasan, kamu bisa tetap berlibur lho. Tiket.com, Online Travel Agent (OTA) pertama di Indonesia, berkomitmen untuk menyediakan segala kebutuhan perjalanan, termasuk pilihan akomodasi yang semakin lengkap dan beragam lewat kehadiran produk Vila dan Apartemen untuk menyambut musim liburan

Berikut tips liburan bersama anak dengan hemat dari financial planner. Catat dan persiapkan liburan mu!

2 dari 4 halaman

Tips Liburan Bersama Anak

Saat berlibur bersama anak, orangtua harus mengetahui hal apa yang harus dipersiapkan. (Foto: Dokumentasi/Naela Marcelina)

Liburan bersama anak dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus menantang. Aliyah Natasya, seorang financial planner yang juga merupakan seorang ibu, memberikan beberapa tips berharga untuk membantu orangtua merencanakan dan menikmati liburan bersama anak dalam acara media luncheon Tiket.com. Berikut adalah tips dari Aliyah:

1. Bikin Checklist Liburan

Saat memutuskan untuk berlibur, orangtua harus membuat checklist apa saja yang harus dibawa. "Jika membawa balita, aku tidak menantang tempat-tempat yang tidak child-friendly. Pasti aku akan cari tahu dulu tempat yang akan dikunjungi, karena kita tidak tahu medan yang akan ditempuh seperti apa," ucap Aliyah. Dengan membuat checklist, Anda dapat memastikan bahwa semua kebutuhan anak sudah dipersiapkan dengan baik.

2. Kelola Emosi

Orangtua harus bisa mengelola emosi selama liburan, karena tempat baru bisa menjadi hal yang menantang bagi si kecil. Perubahan lingkungan dan rutinitas bisa mempengaruhi mood anak, jadi penting bagi orangtua untuk tetap tenang dan sabar.

3. Siapkan Skenario Terburuk

Aliyah menyarankan untuk menyiapkan beberapa skenario terburuk yang mungkin dihadapi saat berlibur. "Biasanya aku akan membuat 5 skenario terburuk yang akan menjadi tantangan saat berlibur dan membuat emosi. Salah satu hal yang sering aku temui adalah masalah makanan, terutama di kota baru atau negara baru yang pola makannya berbeda. Makanya aku lebih memilih untuk menyewa rumah agar bisa memasak untuk anak," ungkap Aliyah. Dengan demikian, Anda bisa lebih siap menghadapi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan.

4. Siapkan Obat-obatan

Pastikan untuk membawa obat-obatan yang mungkin diperlukan selama liburan. Hal ini sangat penting terutama jika anak memiliki kondisi kesehatan tertentu atau alergi. Selalu siapkan obat-obatan dasar seperti obat demam, obat batuk, dan salep antiseptik.

5. Siapkan Asuransi

Jangan pernah lewatkan hal ini, apalagi jika berlibur ke luar negeri. "Daya imun anak lebih rendah dibanding orang dewasa, apalagi dengan cuaca yang berbeda bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan. Masuk UGD saja di luar negeri, di negara eropa mencapai 60 juta. Jadi, jangan sampai hal kecil ini membuat lubang besar," kata Aliyah. Asuransi perjalanan dapat memberikan perlindungan finansial jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika budget terbatas, Aliyah menyarankan untuk menggunakan paylater. "Namun, kita harus menerima dengan kepala dingin, alat pembayaran seperti kartu kredit, baik atau buruknya tergantung orang yang menggunakan. Harus ada syarat dan ketentuan yang dipatuhi," jelas Aliyah. Penggunaan paylater bisa menjadi solusi, asalkan dilakukan dengan bijak dan penuh pertimbangan.

3 dari 4 halaman

Tips Memaksimalkan Liburan dengan Budget Terbatas

Orang tua bisa memaksimalkan momen kehangatan liburan walaupun budget terbatas. (Foto: Freepik)

Aliyah menyarankan untuk berlibur ke destinasi domestik. Mengingat nilai tukar rupiah yang sedang lemah, berlibur di dalam negeri menjadi pilihan yang lebih ekonomis dibandingkan berlibur ke luar negeri. Indonesia memiliki banyak destinasi menarik yang bisa dijelajahi tanpa perlu mengeluarkan biaya besar. Berikut beberapa tips lainnya yang bisa Sahabat Fimela perhatikan. 

1.  Liburan Beramai-Ramai

Ajak keluarga besar untuk berlibur bersama. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk menekan budget. Dengan berlibur bersama, kamu bisa berbagi biaya akomodasi dan transportasi, sehingga lebih hemat.

2. Cari Aktivitas Gratis

Aliyah menekankan pentingnya mencari aktivitas gratis yang bisa mendukung kebersamaan. "Kalau ada tempat baru tidak harus selalu bayar, cari aktivitas free yang bisa mendukung kebersamaan seperti ke taman atau mall di daerah yang dikunjungi," ujarnya. 

3. Atur Makan dengan Bijak

Salah satu cara menghemat biaya adalah dengan mengatur makan. Aliyah menyarankan untuk makan di rumah atau membawa bekal saat berlibur. "Mau gak mau harus makan di rumah," katanya. Dengan memasak sendiri, Anda bisa menghemat banyak dibandingkan makan di restoran setiap saat.

4. Menggunakan Villa Dibanding Hotel

Ketika berlibur bersama keluarga besar, menginap di villa atau rumah bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis daripada memesan beberapa kamar hotel. "Yang aku sadari dengan anakku dua dan beberapa saudara yang punya tiga anak, itu tidak bisa pesan satu kamar hotel," jelas Aliyah. Dengan menyewa villa yang mungkin harganya lebih rendah, Sahabat Fimela bisa mendapatkan beberapa kamar dan fasilitas yang lebih lengkap, seperti dapur untuk memasak.

4 dari 4 halaman

Villa dan Apartemen Menjadi Pilihan yang Pas Untuk Berlibur dengan Budget Terbatas

Salah satu cara untuk berlibur dengan hemat adalah dengan menekah akomodasi, menggunakan villa akan lebih efektif dibanding hotel. (Foto: Dokumen/Tiket.com)

Villa dan apartemen menjadi pilihan yang pas untuk berlibur dengan budget terbatas. Menjelang libur sekolah tahun 2024, tiket.com mencatat peningkatan signifikan dalam pemesanan akomodasi hingga 43,5% dibandingkan 2023. Produk baru tiket.com, vila dan apartemen, cocok untuk keluarga besar dengan fasilitas lengkap yang membuat liburan semakin berkesan. 

Cisyelya Bunyamin, SVP of Accomodation, tiket.com mengatakan, “Sebagai one stop travel solution yang menawarkan solusi kebutuhan perjalanan, tiket.com terus berupaya memberikan layanan dan produk terbaik dengan memperhatikan tren dan kebutuhan sobat tiket. Oleh karena itu, tiket.com meluncurkan Vila dan Apartemen yang akan memudahkan sobat tiket memilih akomodasi favorit dan menikmati pengalaman private stay yang maksimal untuk liburan keluarga yang tak terlupakan.”

Fitur Jaminan Harga Termurah dan 100% Refund & Reschedulet

Tiket.com menyediakan fitur Jaminan Harga Termurah (JHT) yang memastikan Anda mendapatkan harga terbaik untuk vila dan apartemen di dalam negeri. Selain itu, fitur 100% Refund & Reschedule memberikan fleksibilitas pembatalan atau perubahan jadwal tanpa biaya tambahan, sehingga Sahabat Fimela bisa lebih tenang dalam merencanakan liburan.

“Libur sekolah segera tiba. Bagi sobat tiket yang ingin menciptakan momen tak terlupakan bersama keluarga di berbagai destinasi pilihan, susunlah rencana dan persiapkan semua kebutuhan perjalanan dari jauh-jauh hari. Jangan lewatkan untuk memilih berbagai opsi akomodasi, seperti Vila dan Apartemen dengan fasilitas terbaik. Jadikan momen kebersamaan semakin berwarna dengan harga bersahabat dari tiket.com,” tutup Cisyelya.

 

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless