Generasi Muda Rentan Penyakit Metabolik, Faktornya Karena Malas Bergerak

Vinsensia Dianawanti diperbarui 01 Jun 2024, 11:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Gen Z maupun milenial kini dihantui banyak penyakit yang berada di sekitarnya. Mulai dari penyakit metabolik, autoimun, hingga masalah kesehatan mental. Menurut penelitian, ternyata deretan penyakit ini bisa dicegah dengan aktif berolahraga, seperti bermain basket maupun voli.

Sun Life Indonesia bekerja sama dengan Beyond Sport mendorong generasi muda untuk lebih aktif berolahraga melalui program Hoops + Health. Salah satu upaya nyata yang dilakukan adalah melakukan renovasi lapangan olahraga.

"Melalui kemitraan kami dengan Beyond Sport, kami memanfaatkan popularitas olahraga basket untuk mempromosikan gaya hidup sehat, mendorong peningkatan aktivitas fisik, serta berkontribusi untuk menciptakan masa depan yang lebih sehat bagi generasi muda di Asia, termasuk Indonesia," ungkap Kah Jing Lee selaku Chief Client Officer Sun Life Indonesia.

Lee melihat bahwa penyakit metabolik tidak hanya menyerang usia lansia, namun juga generasi muda. Salah satu faktornya adalah malas bergerak. Sehingga revitalisasi lapangan basket menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendorong generasi muda aktif bergerak.

 

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Revitalisasi lapangan

Rentan kena penyakit metabolik, generasi muda didorong untuk aktif bergerak (Sun Life)

Sebagai permulaan, kerjasama ini diwujudkan dengan merenovasi sebuah lapangan basket yang menjadi bagian dari fasilitas rekreasi umum yang berada di kawasan Tanah Baru, Depok. Lapangan basket ini sudah mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga diperlukan adanya revitalisasi.

Untuk itu, Sun Life bersama Beyond Sport dan masyarakat setempat melakukan pengecatan ulang garis futsal, serta membuat garis voli tambahan agar lapangan basket ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga, serta meningkatkan kesehatan bagi 1.500 keluarga yang berada di sekitarnya.

 

3 dari 3 halaman

Latihan mingguan

Rentan kena penyakit metabolik, generasi muda didorong untuk aktif bergerak (Sun Life)

Selain perbaikan lapangan, ASA Foundation, mitra Sun Life di enam lokasi program Hoops + Health juga akan memberikan pembinaan bagi calon pelatih basket pada bulan Juni mendatang. Pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan seputar olahraga basket sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan di kalangan generasi muda.

Tidak hanya itu, kegiatan basket mingguan juga akan diadakan secara gratis dan memungkinkan para calon pelatih untuk mengaplikasikan pembelajaran mereka. Saat ini, Sun Life bersama Beyond Sport juga sedang mempertimbangkan untuk melakukan pembinaan bagi calon pelatih tambahan.