5 Cara Bangkit saat Disepelekan dengan Menunjukkan Pesona Diri

Ayu Puji Lestari diperbarui 14 Mei 2024, 10:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Apakah pernah merasa diremehkan atau disepelekan oleh orang lain? Rasanya tidak menyenangkan dan bisa membuatmu merasa rendah diri. Namun, penting untuk diingat bahwa kamu memiliki nilai dan potensi yang tak terbatas. Jangan biarkan perlakuan negatif orang lain meruntuhkan semangat dan percaya dirimu.

Tentu rasanya tidak menyenangkan saat direndahkan dan disepelekan. Padahal kamu memiliki pesona lebih. Kamu memiliki velue diri yang tinggi, dan tidak selayaknya sedih karena hal ini. Sahabat Fimela, berikut adalah 5 cara efektif untuk bangkit saat disepelekan dan menunjukkan nilai diri yang sebenarnya.

Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini. 

2 dari 6 halaman

1. Percaya Diri

Bangun kepercayaan diri. (Foto: Freepik/wayhomestudio)

Kunci pertama untuk bangkit saat disepelekan adalah memiliki keyakinan diri yang kuat. Percayalah pada kemampuan dan potensi diri sendiri. Sadarilah bahwa pendapat orang lain hanyalah sudut pandang mereka dan tidak mencerminkan nilai sebenarnya dari dirimu. Jangan biarkan kata-kata negatif atau sikap merendahkan orang lain merusak harga dirimu. Tetaplah yakin dan fokus pada tujuan kita sendiri.

 

3 dari 6 halaman

2. Tingkatkan Keterampilan dan Pengetahuan

tingkatkan pengetahuanmu agar tak ada lagi yang menyepelekanmu./Copyright shutterstock.com/id/g/lingtsyr

Ketika kamu memiliki keahlian yang unggul dalam bidang tertentu, orang lain akan sulit untuk mengabaikan atau meremehkanmu. Ambillah waktu untuk belajar dan mengembangkan diri melalui membaca buku, mengikuti kursus, atau menghadiri seminar. Dengan meningkatkan kompetensi, kamu akan memiliki kepercayaan diri yang lebih besar dan mampu memberikan kontribusi yang berarti.

4 dari 6 halaman

3. Jaga Sikap Positif

ilustrasi perempuan bahagia/Auttapol Tatiyarat/Shutterstock

Saat merasa disepelekan, mudah untuk terjerumus dalam sikap negatif. Namun, sikap negatif hanya akan merugikan diri sendiri. Jaga sikap positif dan tetap fokus pada hal-hal yang baik dalam hidup. Temukan kekuatan dan kegembiraan dalam hal-hal kecil sehari-hari. Berlatihlah bersyukur dan menghargai diri. Sikap positif akan membantu kita mengatasi rasa tidak dihargai dan menjaga semangat tetap berkobar. 

5 dari 6 halaman

4. Jalin Hubungan yang Positif

ilustrasi sahabat teman perempuan/Chakkaphong Nutalay/Shutterstock

Saat merasa diremehkan, penting untuk mengelilingi diri dengan orang-orang yang mendukung dan menghargaimu. Cari teman atau mentor yang dapat memberikan dorongan dan inspirasi. Jalin hubungan yang positif dengan orang-orang yang memiliki pandangan positif terhadap hidup. Mereka akan membantumu melihat nilai diri yang sebenarnya dan memberikan dukungan saat merasa down.

 

6 dari 6 halaman

5. Fokus pada Tujuan

pastikan dirimu untuk fokus pada tujuan hidup / Freepik by drobotdean

Daripada terlalu memikirkan pendapat orang lain, fokuslah pada tujuan dan prestasi pribadi. Tetapkan tujuan yang jelas dan kerjakan dengan tekun. Ketika mencapai prestasi dan meraih kesuksesan, orang lain akan melihat nilai dan potensi kita yang sebenarnya. Ingatlah bahwa tidak perlu membuktikan apapun kepada siapapun selain diri kita sendiri. Jadilah yang terbaik dalam hal yang kita tekuni dan biarkan prestasi kita berbicara sendiri.

Dalam hidup, kamu tidak dapat mengontrol pendapat atau perlakuan orang lain terhadapmu. Namun, kamu dapat mengontrol bagaimana kamu meresponsnya. Jangan biarkan perlakuan negatif orang lain merusak harga dirimu. Tetap semangat ya Sahabat Fimela.