Latih Gaya Bicara dengan 6 Tips Berikut agar Terlihat Cerdas

Naela Marcelina diperbarui 21 Mei 2024, 16:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Gaya bicara dapat mengungkapkan karakter seseorang. Bahkan bagi individu yang ahli dalam berbicara di depan umum, kecerdasan dan daya tarik mereka bisa terpancar. Sahabat Fimela pasti menginginkannya, bukan?

Seperti yang diketahui, keterampilan komunikasi lisan yang kuat sangat penting untuk kesuksesan dalam karier atau bisnis. Bahkan, itu juga memengaruhi kinerja akademik Sahabat Fimela. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Association of American Colleges and Universities, mayoritas eksekutif dan manajer perekrutan mengutamakan keterampilan komunikasi lisan yang kuat.

Jadi, bagaimana cara melatih gaya bicara agar terlihat cerdas? Nah, untuk itu Sahabat Fimela perlu menyimak artikel berikut karena akan ada tips ampuh untuk melatihnya yang dilansir dari Better Up dan Best Colleges. Yuk, simak sampai habis!

What's On Fimela
2 dari 4 halaman

Tips Melatih Gaya Bicara agar Terlihat Cerdas

Berbicara dengan lancar dan fasih bisa dilatih asalkan ada kemauan. (Foto: Freepik/pch.vector)

1. Pelajari gaya bicara public speaker yang hebat 

Pertama, Sahabat Fimela dapat belajar dari gaya bicara seorang public speaker yang hebat dengan menonton cuplikan video mereka.Perhatikan gerakan tubuh, pengaturan suara, dan cara mereka menarik perhatian audiens. Selain itu, perhatikan juga bagaimana mereka menggunakan humor atau cerita untuk menghidupkan suasana dan membuat pesan mereka lebih mudah dipahami dan diingat oleh para pendengar. Catat apa yang didapat, dan cobalah berbicara seperti seorang public speaker. 

2. Berlatih kontrol suara dan napas

Bagi banyak orang, berbicara di depan umum dapat membengkokkan indra waktu mereka, membuat  gaya berbicara lebih cepat dari biasanya. Waspadai fenomena ini dan pertahankan kecepatan yang stabil saat berbicara. Sahabat Fimela bisa menggunakan pernapasan diafragma untuk mengontrol volume dan nada. 

3. Pelajari bahasa tubuh 

Bahasa Tubuh terdiri gerakan, ekspresi wajah, dan postur tubuh. Ini merupakan bagian integral dari komunikasi kita dan membantu audiens memahami nuansa pesan saat berbicara. Jika bahasa tubuh Anda tidak sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan atau terlihat tidak konsisten, maka pesan yang Anda sampaikan bisa jadi membingungkan. 

 

3 dari 4 halaman

Latih Terus Gaya Bicaramu untuk Meraih Kunci Kesuksesan

Gaya bicara dapat menunjukkan kecerdasan seseorang, oleh karena itu Sahabat Fimela perlu melatihnya. (Freepik/zinkevych)

4. Latih cara penyampaian komunikasi 

Tujuan komunikasi adalah untuk saling memahami pesan yang akan disampaikan. Untuk itu, Sahabat Fimela perlu melatih cara penyampaian agar mudah dimengerti. Perhatikan tips berikut: 

  • Bicaralah dengan kecepatan percakapan normal. Hindari berbicara terlalu cepat karena bisa membuat pendengar tersesat dalam apa yang Anda katakan. Namun, jangan bicara terlalu lambat juga karena bisa membuat mereka bosan.
  • Berhenti sebentar. Memberi kesempatan kepada pendengar untuk menyerap konsep dan ide yang disampaikan. Selain itu, hal ini juga membuat Anda terlihat lebih percaya diri.
  • Jangan menggumamkan atau memakan kata-kata. Artikulasikan kata-kata dengan jelas agar pesan lebih mudah dipahami.
  • Hindari membuat suara seperti "ahh" atau "umm" di antara kata-kata.  

5. Rekam gaya bicara Sahabat Fimela

Rekam gaya berbicara di depan kamera sehingga Sahabat Fimela dapat kembali dan menonton diri sendiri. Periksa bahasa tubuh, bagaimana suara terdengar. Bahkan pembicara terbaik melakukan ini secara teratur dan sering menemukan cara mereka dapat meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum mereka.

6. Cari umpan balik

Ajak teman yang Sahabat Fimela percayai untuk memberikan pendapat. Beri tahu mereka bahwa kamu menginginkan umpan balik yang konstruktif dan bahwa mereka dapat bersikap jujur.Berikan petunjuk penilaian seperti, nada bicara, kecepatan berbicara, dan ekspresi yang digunakan.

4 dari 4 halaman

Tips agar Terlihat Cerdas Saat Berbicara

Perhatikan postur dan gaya tubuh saat berbicara karena hal itu akan dilihat oleh orang lain. (Foto: Freepik/freepik)

Untuk terlihat cerdas, Sahabat Fimela perlu memperhatikan gaya saat berbicara. Terdapat beberapa tips yang bisa ditiru, dilansir dari Inc.com. 

1. Berdiri atau duduk dengan punggung tegak dengan rileks

Posisi punggung yang tegak dan terbuka adalah dasar dari bahasa tubuh yang percaya diri dan mengkomunikasikan kefasihan. Ketika Sahabat Fimela memperhatikan posisi punggung, pastikan untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan tubuh Anda. Hindari membungkuk atau melengkungkan punggung, karena hal ini dapat mengirimkan sinyal kurangnya kepercayaan diri atau ketidakpastian kepada orang lain. 

2. Gunakan kata-kata yang jelas yang dipahami semua orang

Pilih kata-kata atau frasa yang tidak terduga tetapi umum yang menggambarkan poin dengan cara yang mudah diingat. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang tanpa harus menggunakan istilah teknis atau frasa yang rumit. Serta pilih kata yang tepat dan tidak mengandung unsur ambigu agar tidak terjadi kesalahpahaman. 

3. Posisikan kepala dengan tegak

Posisikan kepala dengan tegak saat berbicara agar terlihat cerdas bukan hanya karena alasan fisiologis, tetapi juga karena memancarkan kesan percaya diri dan kompeten kepada orang lain. Leher yang tegang atau cenderung menunduk dapat mengganggu aliran udara dan menghambat kelancaran bicara. 

4. Gunakan jeda untuk membuat penekanan

Gunakan jeda dengan baik untuk membuat penekanan saat berbicara.Hal ini bertujuan agar orang lain bisa memahami apa yang dikatakan oleh Sahabat Fimela. Hindari berbicara terlalu cepat sehingga audiens memiliki waktu untuk menyerap informasi yang Anda sampaikan.

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless