4 Alasan Utama Perempuan Harus Berpendidikan Tinggi yang Harus Kamu Sadari

Vinsensia Dianawanti diperbarui 03 Mei 2024, 09:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Di negara yang menganut budaya patriarki seperti Indonesia, perempuan dinilai tidak perlu memiliki pendidikan yang tinggi. Pertanyaan seperti "Buat apa perempuan punya pendidikan tinggi?" masih membayangi banyak perempuan, terutama di Indonesia.

Mengutip dari laman MyStory, pertanyaan tersebut menjadi sebuah opini yang sangat berprasangka buruk karena membuat kita berpikir bahwa laki-laki berhak mendapatkan pendidikan hanya karena mereka adalah laki-laki. Definisi pendidikan sangat luas tetapi kita dapat menyimpulkannya dalam satu kalimat yang mengatakan- 'pendidikan adalah pengembangan dan pertumbuhan diri sendiri'.

Dengan pendidikan membuat perempuan mampu memperoleh keterampilan baru dan mampu berkomunikasi dengan orang lain secara beradab. Pendidikan adalah hak dasar setiap orang, oleh karena itu dalam memberikan fasilitas pendidikan, kita tidak boleh membeda-bedakan gender atau jenis kelamin.

Sayangnya, diskriminasi ini masih terjadi di berbagai belahan dunia sehingga masyarakat perlu memahami bahwa perempuan juga berhak mendapatkan pendidikan dan merupakan hak dasar mereka, sama seperti laki-laki. Berikut beberapa alasan mengapa perempuan harus berpendidikan tinggi.

 

2 dari 5 halaman

1. Hak dasar

ilustrasi perempuan bahagia/Daenin/Shutterstock

Pendidikan adalah hak dasar bagi setiap orang dan ketika menyebut semua orang, kita tidak boleh lupa bahwa perempuan juga merupakan bagian dari hal ini. Masyarakat memiliki populasi perempuan yang besar dan kita tidak bisa memiliki populasi buta huruf sebanyak itu yang akan menjadi kerugian besar bagi sebuah negara.

Semua anak perempuan dan perempuan baik kaya, miskin, muda, tua, sudah menikah, belum menikah, janda atau dengan status sosial apapun mempunyai hak dasar atas pendidikan. Pendidikan bukanlah sebuah keistimewaan, namun sebuah hak fundamental.

 

3 dari 5 halaman

2. Mewujudkan kesetaraan

ilustrasi sahabat perempuan/Dean Drobot/Shutterstock

Ketika perempuan berpartisipasi dalam pendidikan dengan bersekolah dan kuliah bersama anak laki-laki, anak laki-laki menyadari hak-hak dasar pendidikan dan tidak mengembangkan kompleks superioritas. Jadi, mendidik perempuan bersama laki-laki akan mendorong gagasan kesetaraan dan demokrasi.

 

4 dari 5 halaman

3. Menjadi mandiri dan membangun kepercayaan diri

ilustrasi perempuan belajar/oatawa/Shutterstock

Pendidikan membuat seseorang menjadi mandiri berkat keterampilan yang dimiliki. Jika perempuan terdidik dan mempunyai penghasilan sendiri, maka mereka tidak perlu bergantung pada keluarga untuk hal apa pun. Hal ini membangun kepercayaan diri mereka dan membuat mereka mengambil keputusan sendiri.

Mereka menyadari nilai dan keunikan mereka. Oleh karena itu, pendidikan bagi perempuan sangatlah penting untuk menjadikan perempuan mandiri dan percaya diri.

5 dari 5 halaman

4. Mengarah pada pembangunan bangsa

ilustrasi perempuan cerdas pintar/theshots.co/Shutterstock

Jumlah perempuan sekitar 50% dari total populasi. Jika mereka tidak berpendidikan maka sebagian besar negara tidak akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhannya dan ini merupakan masalah besar. Oleh karena itu, mendidik perempuan akan mendorong pembangunan suatu negara.