Para Pelaku Usaha Harus Tahu! Ini Tips untuk Beralih ke Kemasan Produk yang Ramah Lingkungan

Karina Alya diperbarui 11 Mei 2024, 12:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Praktik keberlanjutan dan ramah lingkungan sudah semakin banyak digandrungi sampai hari ini. Kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan barang-barang yang ramah terhadap lingkungan menjadi salah satu alasan kuat untuk masyarakat mengubah gaya hidupnya. Mulai dari penggunaan pribadi seperti menggunakan sedotan dari bambu alih-alih sedotan plastik dan menggunakan botol minum yang dapat diisi ulang alih-alih menggunakan botol air sekali pakai. Begitu pula para pelaku usaha, sudah mulai banyak perusahaan yang mengimplementasikan produk maupun kemasan berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Kemasan berkelanjutan merujuk pada pengadaan, pengembangan, dan penggunaan kemasan yang akan memberikan dampak baik bagi lingkungan. Sebuah kemasan dapat dikatakan berkelanjutan jika memenuhi 8 kriteria, seperti aman, sehat, dan bermanfaat bagi individu dan komunitas, sesuai dengan kriteria pasar untuk kinerja dan biaya, diproduksi hingga dikirimkan menggunakan energi yang dapat diperbaharui,  hingga terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Sebagai pelaku usaha, Sahabat Fimela harus mengetahui tips mudah untuk memulai beralih menggunakan kemasan berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dilansir dari Big Commerce, terdapat 4 cara mudah untuk berubah dari kemasan konvensional ke kemasan ramah lingkungan bagi para pelaku usaha.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Langkah mudah untuk beralih menggunakan kemasan ramah lingkungan

Lakukan peralihan ke kemasan berkelanjutan dan ramah lingkungan secara perlahan sembari memeriksa kecocokan dengan produk yang dijual. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Lakukan secara bertahap

Jika usaha Sahabat Fimela belum pernah menggunakan kemasan ramah lingkungan, cobalah untuk melakukan perubahan secara perlahan, jangan terlalu gegabah. Sahabat Fimela dapat mulai dengan trial and error untuk berbagai tipe kemasan yang diperlukan. Jika perubahan dilakukan secara besar-besaran, Sahabat Fimela akan merasa terbebani dan kewalahan akan banyaknya penyesuaian yang dilakukan. 

Pesan sampel produk

Sudah banyak perusahaan yang menawarkan kemasan ramah lingkungan. Cara paling tepat untuk mengetahui produk mana yang paling cocok dengan usaha yang sedang digeluti adalah dengan mencobanya sendiri. Sahabat Fimela dapat mencoba membeli sampel untuk dievaluasi sesuai dengan kebutuhan. Pastikan kemasan yang diincar memenuhi kebutuhan barang yang akan dikemas. Pertimbangkan apakah barang yang akan dikemas di dalamnya cukup atau apakah masih banyak ruang bernapas untuk produknya. Selain itu, Sahabat Fimela dapat mempertimbangkan ketahanan dari kemasan ramah lingkungan tersebut. Lakukan stress test terhadap kemasan tersebut untuk mengetahui seberapa kuat kekuatannya. 

Sesuaikan dengan harga produk yang diinginkan

Jangan lupa untuk memperhitungkan harga final yang ingin diberikan pada produk yang akan dijual. Tipe kemasan akan memengaruhi harga jual, jadi pastikan Sahabat Fimela menggunakan kemasan yang pas dengan target harga jual.

Pesan dalam jumlah sedikit terlebih dahulu

Ini adalah langkah yang penting ketika baru beralih menggunakan kemasan ramah lingkungan. Pesan kemasan dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu untuk melihat apakah benar-benar cocok untuk jangka panjang. Jangan memesan dalam partai besar terlebih dahulu untuk menghindari sampah apabila tidak cocok dengan usaha yang sedang digeluti.

3 dari 3 halaman

Keuntungan dari menggunakan kemasan ramah lingkungan

Implementasi kemasan berkelanjutan adalah dengan tidak menggunakan banyak kemasan untuk satu produk. (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)

Selain bermanfaat bagi lingkungan, penggunaan ramah lingkungan juga dapat berdampak pada usaha, pelaku usaha, dan juga konsumen.

Memperluas cakupan pasar dan meningkatkan brand loyalty

Dengan mengimplementasikan produk-produk yang berkelanjutan, Sahabat Fimela dapat menggaet lebih banyak lagi pelanggan sekaligus meningkatkan brand loyalty pada saat yang sama. Terdapat berbagai penelitian yang menemukan bahwa konsumen semakin mempertimbangkan keberlanjutan sebuah produk ketika mereka sedang memilih merek mana yang akan mereka ajak berbisnis. Selain itu, terdapat pula penelitian yang dilakukan oleh Nielsen yang menemukan bahwa 48% pelanggan rela untuk mengubah pola konsumsi mereka menjadi lebih ramah lingkungan dan hal tersebut terbukti dari produk-produk ramah lingkungan yang dibeli.

Tempat penyimpanan yang lebih efisien

Saat menggunakan kemasan berkelanjutan atau ramah lingkungan, semakin sedikit kemasan yang digunakan. Tidak ada lagi kemasan berlapis-lapis yang membutuhkan banyak komponen, kemasan ramah lingkungan cenderung lebih sederhana. Ketika diimplementasikan dengan baik, Sahabat Fimela dapat mengurangi ruang penyimpanan karena tidak harus menyimpan begitu banyak kemasan dan hal tersebut akan membantu mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk menyewa tempat penyimpanan. 

Biaya pengiriman yang murah

Dengan kemasan yang diminimalisir, tentu ukuran produk yang dikirimkan tidak lagi sebesar sebelumnya. Dengan demikian, Sahabat Fimela dapat mengurangi biaya pengiriman yang juga merupakan berita bahagia bagi para pelanggan karena tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk hal tersebut.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless