Jangan Terus Dibiarkan: Kenali 5 Tips Mengatasi Kecanduan Ponsel pada Anak

Khrisna Ayu diperbarui 27 Sep 2024, 16:44 WIB

Fimela.com, Jakarta Di era teknologi yang semakin maju, pemandangan anak-anak yang bermain ponsel adalah hal yang lumrah untuk di lihat. Keseringan bermain ponsel bisa menyebabkan kecanduan pada anak. Fenomena ini cukup mengkhawatirkan,  karena anak-anak yang harusnya masih perlu banyak interaksi dengan sesamanya menjadi berkurang. Waktunya banyak tersita di depan layar ponsel.

Fenomena kecanduan ponsel pada anak cukup mengkhawatirkan. Pola pikir anak-anak yang sedang berkembang akan rentan terpengaruh apa yang mereka lihat di dunia maya. Apabila diteruskan, ini akan berdampak buruk pada perkembangan kognitif, emosi dan kesehatan sosial bahkan kesehatan fisik mereka. Dilansir dari laman livewellandfully.com, inilah 5 tips mengatasi kecanduan ponsel pada anak:

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Cari Kegiatan Alternatif

Ilustrasi anak menyalurkan hobinya. (Foto: Pexels/Monstera Production)

Salah satu cara yang efektif untuk mengurangi penggunaan ponsel pada anak. Carilah kegiatan lain seperti olahraga, seni, kerajinan, membaca, atau hobi yang mungkin disukai anak. Atau ajak untuk bermain bersama. Usahakan untuk mengalihkan perhatian anak dari ponsel dengan kegiatan bermanfaat.

3 dari 6 halaman

2. Pengurangan Bertahap

Ilustrasi penggunaan gadget dengan pengawasan orang tua. (Foto: Unsplash.com/Alexander Dummer)

Jangan ambil ponsel anak secara tiba-tiba. Karena ini akan menyebabkan emosi anak yang mendadak melunjak. Sahabat Fimela bisa mencoba mengurangi penggunaan ponsel dengan secara bertahap. Contohnya adalah menetapkan jadwal waktu tertentu untuk penggunaan. Terapkan secara perlahan hingga anak terbiasa hidup tanpa ponsel.

4 dari 6 halaman

3. Terapkan Zona Bebas Ponsel

Ilustrasi makan keluarga tanpa ponsel. (Foto: Unsplash.com/National Cancer Institute)

Mulai terapkan area tertentu di rumah yang melarang penggunaan ponsel. Seperti saat berada di kamar tidur, ruang keluarga, atau saat di ruang waktu. Biasakan anak untuk melakukan interaksi dengan keluarga saat berada di zona-zona tertentu di rumah tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Terapi dan Konseling

Ilustrasi konseling untuk anak. (Foto: Freepik)

Apabila dalam yang sudah mengalami kecanduan ponsel parah. Lebih baik meminta bantuan pada profesional agar ditangani dengan tepat. Lakukan terapi dan konseling teratur untuk menangani kecanduan ponsel pada anak. Dukungan dan bimbingan dari orang terdekat akan sangat berharga bagi anak saat tahap ini.

6 dari 6 halaman

5. Instal Aplikasi Kontrol

Ilustrasi anak bermain gadget/Copyright unsplash.com/Kelly Sikkema

Terdapat beberapa aplikasi yang tersedia untuk membantu orang tua untuk mengelola penggunaan ponsel anak. Instal aplikasi seperti pemantauan waktu pemakaian perangkat, pemblokiran aplikasi tertentu, atau laporan penggunaan ponsel.  Ini akan membantu mengontrol penggunaan ponsel anak.

Nah, itu tadi adalah tips untuk mengatasi kecanduan ponsel pada anak. Lakukan pemantauan pada pengguanaan ponsel anak. Jangan sampai anak kecanduan ponsel. Semoga informasi ini termanfaat bagi Sahabat Fimela!