Tahan Dirimu, Inilah 3 Tips Mengontrol Keinginan Belanja

Khrisna Ayu diperbarui 25 Apr 2024, 19:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Semakin berkembangnya teknologi, semua kegiatan dapat dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah berbelanja. Belanja sekarang menjadi lebih mudah dengan hadirnya e-commerce atau transaksi jual beli secara online. Bahkan tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk keluar dari rumah karena semua proses belanja bisa dilakukan melalui ponsel. Tapi, terkadang ini bisa membuat Sahabat Fimela terlalu boros karena terlena kemudahan dalam berbelanja.

Tidak jarang juga orang menjadi kecanduan berbelanja. Sehingga tidak bisa menabung dan banyak membeli barang yang kurang dibutuhkan.  Ini akan menimbulkan penyesalan mendalam nantinya. Oleh karena itu, penting untuk mengendalikan gairah belanja. Dilansir dari Forbes.com, inilah 3 tips untuk mengontrol gairah belanja:

What's On Fimela
2 dari 4 halaman

1. Terapkan Prinsip 24 Jam

ilustrasi mempertimbangkan sebelum belanja/nampix/Shutterstock

Prinsip 24 jam adalah prinsip memikirkan kembali untuk membeli barang selama sehari penuh. Selama 24 jam ini bisa digunakan untuk memikirkan dan mempertimbangkan apakah perlu membeli barang itu.  Pikirkan kembali apa urgensi membei barang itu dan pertimbangkan uang yang dikeluarkan.  Setelah 24 jam, Sahabat Fimela bisa memutuskan apakah barang itu sepadan atau tidak untuk dibeli

3 dari 4 halaman

2. Jangan Membeli, Cukup Telusuri

Ilustrasi belanja online/Shutterstock-VAKS-Stock Agency.

Berbelanja ternyata juga bisa meningkatkan dopamin atau bahan kimia yang dilepaskan saat otak melakukan sesuatu yang menyenangkan.  Sehingga menimbulkan kepuasan dan rasa bahagia dalam diri. Perlu diketahui bahwa melakukan penelurusan produk belanja juga sudah meningkatkan dopamin. Sehingga tidak perlu membeli barang untuk menghindari pemborosan.

4 dari 4 halaman

3. Perhatikan Kualitas dan Jumlah

Ilustrasi belanja online. (Foto: Freepik/rawpixel.com)

Saat berbelanja, perhatikan memperhatikan kualitas barang. Pilihlah yang berkualitas sehingga akan awet lebih lama. Tidak apa untuk mengeluarkan uang lebih banyak asalkan bisa bertahan lama dan tidak perlu menggantinya dalam waktu dekat. Saat membeli kebutuhan rumah tangga, perhatikan jumlah dan pertimbangkan dengan harganya. Pilihlah yang sepadan antara harga dan jumlahnya.

Dengan tidak boros dalam belanja, Sahabat Fimela bisa menyisihkan uang untuk ditabung. Kendalikan gairah belanja agar tidak tergoda untuk terus menerus berbelanja. Semoga informasi tadi bermanfaat ya!