Kenali dan Jelajahi Alam, Ini 15 Kegiatan Asyik untuk Membantu Menjaga Lingkungan

Karina Alya diperbarui 21 Mei 2024, 09:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Semakin hari, semakin banyak permasalahan yang muncul di bumi. Berbagai ancaman hadir mengancam keselamatan bumi dan seisinya. Pemanasan global dan perubahan iklim yang semakin ekstrem adalah beberapa contoh dari betapa kacaunya alam ini. Disebabkan oleh ulah manusia, kondisi alam menjadi terganggu. Polusi udara yang berlebihan, sampah yang berserakan tidak dikelola dengan baik, hingga emisi karbon yang semakin meningkat menjadi sebab rusaknya alam.

Menjaga lingkungan bukan sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Terkadang, yang terlintas di pikiran saat mendengar kata “menjaga lingkungan” adalah sebuah aksi besar, seperti menguruk sampah yang ada di sungai besar atau menanam pohon bakau di pinggir pantai. Padahal, banyak sekali aktivitas yang mudah dan seru yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga lingkungan. Dilansir dari teenvogue.com, berikut adalah 15 cara untuk turut membantu menjaga bumi dan isinya!

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Menanam pohon

Menanam pohon merupakan aktivitas klasik yang dapat meningkatkan kadar oksigen di udara. (Foto: Pexels/Alfo Medeiros)

Kegiatan menanam pohon adalah kegiatan yang umum dilakukan pada saat Hari Bumi. Pohon tidak hanya berfungsi untuk menurunkan suhu bumi, tetapi juga berkontribusi dalam membersihkan udara dan memberikan oksigen lebih bagi lingkungan. Sahabat Fimela tidak harus menanam pohon di lahan khusus, tetapi Sahabat Fimela dapat memulai menanam pohon dari lahan pribadi di halaman rumah.

Mengendarai sepeda

Kendaraan bermotor memproduksi banyak emisi karbon yang bertebaran di udara dan emisi tersebut berkontribusi pada pemanasan global. Dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki, Sahabat Fimela dapat membantu mengurangi emisi karbon. Tidak hanya membantu alam, Sahabat Fimela juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh dengan bergerak aktif lebih banyak. Selain itu, Sahabat Fimela dapat menggunakan transportasi umum untuk mengurangi emisi yang dihasilkan oleh kendaraan pribadi.

Menyuarakan permasalahan lingkungan

Jika Sahabat Fimela memiliki kekhawatiran tentang lingkungan, cobalah cari komunitas-komunitas yang bergerak di bidang tersebut. Hari Bumi adalah momen untuk komunitas-komunitas ini muncul dan Sahabat Fimela dapat melihat apa yang mereka perjuangkan dan lakukan dalam menjaga lingkugan. Tidak harus bergabung pada komunitas tertentu, tetapi Sahabat Fimela dapat bergabung pada kegiatan-kegiatan sukarela yang diadakan oleh komunitas-komunitas tersebut.

Membuat rencana konservasi air

Sahabat Fimela dapat memperhatikan air yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari dan bagaimana Sahabat Fimela menggunakannya. Untuk mengurangi jumlah air yang digunakan, banyak sekali langkah mudah yang dapat dilakukan, seperti menggunakan water-saving shower, mematikan keran air saat sedang menggosok gigi, atau menanam tanaman-tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak air. Upaya menghemat penggunaan air akan memberikan dampak yang baik, tetapi harus dilakukan secara konsisten dalam jangka waktu yang panjang. 

Menggunakan tas yang dapat dipakai berulang kali

Sampah plastik sudah melampaui kapasitas normal dan sudah menjadi “bencana” bagi bumi dan seisinya. Sebagai upaya mengurangi permasalahan yang muncul, Sahabat Fimela dapat menggunakan tas yang dapat digunakan berulang kali daripada menggunakan kantong plastik sekali buang. Kini tersedia banyak reusable bag dengan desain dan gambar unik yang menarik untuk dibawa kemanapun Sahabat Fimela pergi.

Menggunakan wadah minuman yang dapat dipakai berulang kali

Selain mengurangi penggunaan kantong plastik, Sahabat Fimela juga dapat membantu menjaga lingkungan dengan menggunakan wadah minuman yang dapat digunakan berkali-kali. Sahabat Fimela dapat berinvestasi pada reusable bottle dengan filter yang terpasang di dalamnya untuk membantu Sahabat Fimela mendapatkan air bersih setiap harinya. 

Membeli bahan-bahan dari petani lokal

Selain mendukung pedagang lokal, Sahabat Fimela juga dapat membantu bumi dengan membeli buah-buahan dan sayur-sayuran dari pedagang lokal. Hal tersebut disebabkan oleh bahan makanan yang dikirim ke supermarket setempat akan melalui proses pengantaran menggunakan kendaraan yang akan menghasilkan polusi udara. Kendaraan-kendaraan pengantar tersebut menggunakan bahan bakar fosil yang dapat meningkatkan kadar karbon di udara. Dengan membeli di pasar lokal, bahan-bahan makanan tidak perlu melalui proses tersebut karena dekatnya lahan perkebunan dengan pasar.

3 dari 3 halaman

Bijak dalam berbelanja pakaian

Pilihlah pakaian yang berbahan ramah lingkungan untuk mengurangi limbah tekstil. (Foto: Pexels/Vika Glitter)

Jika Sahabat Fimela ingin membeli pakaian baru, pilihlah pakaian yang ramah lingkungan. Selain pakaian baru, Sahabat Fimela dapat menjadikan pakaian second sebagai opsi. Sahabat Fimela dapat mengurasi pakaian-pakaian yang masih baik kondisinya untuk digunakan kembali. Bahan-bahan yang ramah lingkungan juga sudah mulai banyak dilakukan untuk membuat pakaian. Sahabat Fimela dapat mencoba mencari pakaian-pakaian yang tidak memberikan dampak buruk bagi lingkungan.

Membuat lokakarya untuk memperbaiki produk tekstil

Produk-produk tekstil, seperti pakaian dan dompet sering mengalami kerusakan-kerusakan kecil. Kerusakan seperti robek sedikit karena tersangkut dapat diatasi tanpa harus membuang barang tersebut. Sahabat Fimela dapat membuat lokakarya untuk memperbaiki produk-produk tekstil yang rusak tersebut. Hanya membutuhkan kemampuan dasar untuk menjahit, Sahabat Fimela dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah.

Membuat komunitas berkebun

Selain komunitas untuk memperbaiki produk-produk tekstil, Sahabat Fimela juga dapat membuat komunitas untuk berkebun. Sahabat Fimela juga dapat bergabung dalam komunitas yang sudah ada untuk turut berkontribusi melestarikan tumbuhan di lingkungan sendiri. Berbagai tanaman dapat ditanam, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, hingga bahan dapur untuk membantu menurunkan kadar karbon yang dihasilkan dari pengantaran bahan-bahan makanan jarak jauh.

Mendaur ulang kaca bekas

Abrasi menjadi sebuah hal yang mengkhawatirkan. Area pantai di Louisiana dapat hilang sebesar lapangan football setiap 90 menit karena air laut yang pasang dan garis pantai yang terkikis. Terdapat organisasi yang mengubah kaca bekas menjadi pasir buatan yang dapat membantu menopang garis pantai dan melindungi ekosistem.

Mengaryakan halaman belakang

Berkat pembangunan yang masif terjadi di berbagai belahan dunia, habitat bagi para satwa liar berkurang drastis. Sahabat Fimela dapat mengaryakan pekarangan atau halaman belakang rumah untuk ditanami tanaman-tanaman yang dapat menjadi sumber makanan bagi hewan di sekitar. Langkah kecil yang kita lakukan dapat memberikan dampak yang besar bagi makhluk hidup yang lain.

Membuat eco-friendly craft night

Ajak sahabat, keluarga, atau rekan kerja untuk menghabiskan malam mengerjakan proyek-proyek kreatif yang ramah lingkungan. Sahabat Fimela dapat mencari inspirasi di internet untuk berbagai karya kreatif yang menggunakan barang-barang bekas atau sampah. Dengan demikian, Sahabat Fimela tidak hanya membuat aktivitas seru bagi sesama, tetapi juga turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan dengan mengolah kembali barang-barang bekas.

Berhenti berlangganan katalog

Industri kertas yang bertanggung jawab atas produksi katalog merupakan pelaku utama penggundulan hutan karena memakan 13—15% konsumsi kayu di seluruh dunia. Biasanya akan datang ke rumah-rumah, katalog yang tidak pernah Sahabat Fimela kehendaki sebelumnya. Katalog-katalog tersebut akan berakhir di tempat sampah dan hanya akan menambah jumlah sampah. Berhenti berlangganan dengan mencabut nama dan alamat dari tempat yang terus memberikan katalog promosi berbasis kertas.

Kenali dan jelajahi alam

Sahabat Fimela perlu untuk mengenali dan menjelajahi alam untuk lebih menyayangi dan menjaganya. Saat Sahabat Fimela sudah mengenal lebih dalam tentang alam di sekitar, Sahabat Fimela akan lebih menghargai dan menjaga dengan sepenuh hati. Sahabat Fimela dapat berjalan kaki di sekitar rumah, memperhatikan apa saja yang ada di sekitar, dan mulai menghargai kehadiran mereka. 

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless