12 Aktivitas Seru untuk Ajari Anak Cara Menjaga Lingkungan

Karina Alya diperbarui 14 Jun 2024, 15:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Perubahan iklim dan pemanasan global adalah masalah yang menjadi sorotan seluruh belahan dunia. Berbagai cara diambil untuk mengurangi permasalahan yang ada pada alam. Permasalahan yang ada tidak hanya mengancam alam, tetapi juga seluruh hal yang ada di dalamnya, tidak terkecuali manusia.

Sejak dini, anak-anak sudah harus diperkenalkan dengan alam dan bagaimana cara menjaganya. Melihat bagaimana alam sudah semakin rusak, penting bagi mereka yang nanti akan menjadi masa depan planet ini untuk mengerti cara menjaga alam yang kaya ini.

Tentu mengajari anak hal tersebut tidak harus selalu dari bangku sekolah, orangtua di rumah juga dapat memberikan pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang isu ini ke pada anak-anaknya. Dilansir dari cleanchoiceenergy.com, inilah 12 aktivitas menyenangkan yang dapat membantu anak-anak memahami cara menjaga lingkungan dan isinya.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Bermain bingo atau “perburuan” di alam terbuka

Ajak anak menjelajahi alam terbuka untuk melihat hal-hal baru. (Foto: Pexels/cottonbro studio)

Permainan ini adalah salah satu permainan yang menyenangkan untuk membantu anak menjelajahi alam terbuka yang mungkin belum pernah mereka lihat sebelumnya. Dengan menggunakan bingo, anak-anak dapat mencoret hal yang sudah mereka temui di luar sana. Anak-anak akan “berburu” untuk melihat hal-hal yang tertulis di papan bingo. Hal tersebut akan membuka wawasan mereka tentang apa saja yang ada di alam terbuka.

Buat karya seni menggunakan bahan-bahan yang ditemukan di alam terbuka

Saat sedang berada di luar ruangan, ajak anak-anak untuk mengumpulkan hal-hal yang dapat mereka gunakan untuk membuat karya kreatif, seperti gambar atau kolase. Sahabat Fimela juga dapat mengajari anak-anak untuk membuat karya dari barang-barang bekas. Dengan demikian, anak-anak juga akan belajar untuk mengolah sampah menjadi sesuatu yang berguna.

Lakukan eksperimen sains yang menyenangkan

Sahabat Fimela dapat mencoba membuat miniatur laut dan mengajarkan anak-anak tentang limbah dan polusi yang ada di laut. Selain itu, Sahabat Fimela juga dapat membuat miniatur lainnya untuk mengajarkan anak-anak menggunakan media yang menyenangkan.

Berkebun

Ajak anak-anak untuk menanam bunga, pohon, sayur-sayuran, atau buah-buahan di kebun untuk mengajarkan mereka bagaimana proses tumbuhnya tumbuhan dan apa saja yang diperlukan untuk membuatnya berkembang dengan baik. Proses ini membutuhkan waktu yang lumayan lama, tetapi anak-anak dapat belajar menjaga tumbuhan dan melihat apa saja yang mengancam keberadaannya.

Kemah di alam terbuka

Anak-anak senang untuk keluar di malam hari. Berangkat dari hal tersebut, Sahabat Fimela dapat mengajak mereka berkemah di alam terbuka atau bahkan di halaman belakang rumah. Menghabiskan malam di luar ruangan dapat membuat anak lebih terhubung dengan dunia luar dan melihat bagaimana bentuk dunia di malam hari. Anak-anak dapat melihat bintang dan merasakan angin malam yang sejuk.

Ajak anak-anak melakukan kegiatan yang dapat membantu menjaga lingkungan

Salah satu metode yang baik untuk mengajari anak adalah mengajaknya untuk ikut langsung di dalam prosesnya. Sahabat Fimela dapat memulai dari hal-hal kecil, seperti mengingatkan untuk mematikan lampu ketika sudah tidak digunakan. Selain itu, gunakan tas untuk berbelanja, bukan kantong plastik. Ajari anak untuk menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi untuk mengurangi emisi. Beri anak pemahaman bahwa aksi yang kita lakukan akan memberikan dampak pada lingkungan dan seisinya, termasuk manusia.

3 dari 3 halaman

Mengambil sampah di taman bermain

Ajak anak-anak untuk membantu membersihkan lingkungan. (Foto: Pexels/Ron Lach)

Anak-anak pasti bersemangat jika diajak ke taman bermain. Ajari mereka bahwa membuang sampah harus pada tempatnya, yaitu tempat sampah. Dengan demikian, anak-anak akan menyadari bahwa sampah-sampah yang tercecer di jalan atau di taman adalah hasil dari sikap manusia yang tidak baik, yaitu membuang sampah sembarangan. Untuk meningkatkan kesadarannya, Sahabat Fimela dapat mengajak anak-anak untuk mengumpulkan sampah yang ada di sekitar mereka dan membuangnya ke tempat sampah. 

Kunjungi perkebunan setempat

Ajak anak-anak untuk mengeksplor daerah tempat tinggalnya. Ajak mereka mengunjungi tempat di mana makanan mereka tumbuh dan dipanen. Mereka akan melihat beragamnya hasil panen yang ada dan juga mereka akan mengetahui bagaimana proses buah atau sayur dari bibit hingga menjadi siap panen.

Baca buku dan tonton video tentang alam

Banyak sekali buku, video, hingga film anak-anak yang membahas tentang alam, keindahannya, hingga ancamannya. Sahabat Fimela dapat mendampingi anak-anak menonton atau membacanya dan memberikan pemahaman mendalam tentang alam dan bagaimana cara menjaganya. Dengan menggunakan cara yang familiar dengan kebiasaan mereka, anak-anak akan jauh lebih mudah memahami sesuatu.

Bicarakan tentang perubahan iklim

Topik seputar perubahan iklim mungkin terasa terlalu berat untuk dibicarakan dengan anak-anak. Namun, penting untuk orangtua memastikan anak-anak mereka sadar dan paham akan hal yang terjadi saat ini, yaitu perubahan iklim. Ajak anak berandai-andai, membayangkan kondisi bumi dengan apa yang terjadi di masa sekarang, lalu ajak mereka mencari solusi untuk itu. Dengan membuka percakapan tentang perubahan iklim yang terjadi, anak-anak akan menjadi waspada dan peduli dengan apa yang terjadi dengan planet ini.

Berikan banyak waktu untuk anak-anak bermain di luar ruang

Sebisa mungkin hindari anak-anak dari penggunaan gawai secara berlebihan. Ajak anak-anak untuk bermain dan beraktivitas di luar ruang. Dengan banyak bermain di luar ruangan, anak-anak akan menjadi lebih terhubung dan tumbuh rasa cinta akan alam di sekitarnya. Jika sudah ada rasa cinta, anak-anak pasti ingin menjaganya sebaik mungkin.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless