Tips Makeup Bold Tanpa Rasa Berat di Wajah

Karina Alya diperbarui 25 Mar 2024, 21:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Gaya makeup bold biasanya dipilih untuk menghadiri acara-acara penting, seperti pesta pernikahan hingga pesta kelulusan. Riasan mata hingga riasan bibir yang menyala menjadi kunci dari look makeup yang bold. Gaya makeup seperti ini akan semakin mengeluarkan aura kuat dari wajah Sahabat Fimela karena warna-warna yang digunakan adalah warna yang kontras dengan wajah.

Walaupun gaya makeup bold digemari, masih terdapat beberapa pertimbangan saat ingin mengaplikasikannya ke wajah. Berbagai produk dan warna yang digunakan terkadang masih sering terasa “berat” di wajah. 

Siapa sangka, ternyata tampil bold tidak mewajibkan seluruh fitur wajah untuk diberi riasan yang mencolok, loh. Sahabat Fimela dapat memilih fitur mana yang ingin menjadi perhatian, cukup fokuskan riasan di bagian tersebut. Yuk, cari tahu tips mudah mengaplikasikan makeup bold. Dilansir dari Vivienne Sabó Paris, berikut cara mudah membuat look makeup bold.

2 dari 3 halaman

Riasan ala red carpet

Bibir merah merupakan look klasik untuk makeup bold. (Foto: Pexels/Sam Lion)

Riasan tipe ini mudah untuk diaplikasikan karena tidak membutuhkan banyak produk. Sahabat Fimela hanya perlu mengaplikasikan makeup sederhana dan mencari lip product dengan warna yang paling mencolok, seperti warna merah. Selain lip product, Sahabat Fimela juga siapkan maskara untuk membuat look yang bold. Bibir merah dengan bulu mata yang lentik, perpaduan klasik yang sederhana akan membuat Sahabat Fimela terlihat menawan.

Smokey eye

Smokey eye lekat dengan kesan seksi dan misterius. Dengan sedikit twist, look smokey eye akan menjadi lebih memesona dibandingkan smokey eye pada umumnya. Sahabat Fimela dapat fokus pada bagian bawah mata untuk dibuat menjadi smokey. Gunakan kombinasi eyeshadow berwarna coklat dan hitam. Dua warna itu akan membuat look yang lebih hangat dan finish yang menawan.

All-over shimmer

Riasan ini hanya membutuhkan beberapa produk saja. Untuk tampilan yang lebih sederhana, Sahabat Fimela dapat menggunakan warna-warna netral. Untuk mencapai all-over shimmer, Sahabat Fimela dapat menggunakan shimmer highlighter di tulang pipi dan di bawah alis. Tambahkan juga lip gloss untuk menghasilkan tampilan glossy yang maksimal pada wajah.

Double metallic

Riasan mata yang berani juga menjadi kunci makeup bold. Double metallic eyeshadow menjadi jawaban mudah untuk memberikan kesan yang glamor. Pilihlah dua warna kesukaan Sahabat Fimela untuk nanti dipadukan di kelopak mata. Biasanya untuk mencapai look seperti ini, Sahabat Fimela dapat menggunakan warna silver dan emas. Namun, tentu Sahabat Fimela dapat berkreasi memadukan warna lainnya. Aplikasikan salah satu warna pada kelopak mata, sekitar 1—2 cm di bawah alis. Lalu, aplikasikan warna lainnya di bagian bawah lash line. Tidak perlu sempurna, Sahabat Fimela dapat bermain-main dengan kedua warna tersebut. Jika sudah, Sahabat Fimela dapat mengaplikasikan maskara sebagai final touch.

Half and Half

Tipe riasan ini sangat mudah dan dapat diaplikasikan dengan cepat. Sahabat Fimela hanya membutuhkan dua warna eyeshadow yang berbeda dan sebuah eyeshadow brush. Sahabat Fimela dapat menggunakan warna yang cerah supaya riasan mata lebih mencolok.

3 dari 3 halaman

Filled-in cat eye

Filled-in cat eye dapat menjadi pilihan untuk makeup bold yang simple. (Foto: Pexels/Amir SeilSepour)

Riasan mata ini mudah untuk dilakukan di rumah. Buatlah garis outline di bagian atas dan bawah mata. Tidak perlu sempurna karena fokusnya bukan di sana. Jika sudah, isi bagian seluruh bagian tersebut dengan eyeshadow yang cocok dengan riasan atau pakaian Sahabat Fimela.

Pretty pastels

Pilihlah warna eyeshadow atau eyepencil yang pastel atau soft, lalu aplikasikan di bagian lash line atas. Jika Sahabat Fimela ingin look yang lebih sederhana, garis yang dibuat tidak perlu terlalu tebal. Namun, jika Sahabat Fimela ingin look yang lebih nyata, silakan buat garis yang tebal dan panjang. Tentu, jangan lupakan maskara, ya, supaya finish look Sahabat Fimela sempurna!

Color clash

Warna yang terkesan tidak cocok menjadi kunci dari makeup bold. Tidak perlu mengikuti aturan warna tertentu hanya sesuai dengan warna tertentu, gunakan warna sesuka Sahabat Fimela. Gunakan warna yang berbeda untuk bibir dan mata. Contohnya adalah warna emas mengkilap untuk eyeshadow dan warna jingga sebagai warna lipstick atau warna bibir yang merah dengan warna ungu di mata. Silakan bermain-main mencampurkan warna sesuka hati dan sesuaikan dengan skin tone Sahabat Fimela.

French girl daydream

Riasan ini mudah dan sederhana, tetapi menawan. Kunci dari riasan ini adalah winged eyeliner dengan sedikit twist. Twist yang dimaksud adalah Sahabat Fimela menitikberatkan pada bagian atas garis mata dan gambar hanya setengah garis pada bawah garis mata. Untuk mencapai look yang sempurna, jangan lupa untuk gunakan maskara.

Punchy pink lip

Jika Sahabat Fimela bosan dengan tampilan bibir merah merona, Sahabat Fimela dapat mencoba warna bibir merah muda yang cerah. Warna lipstick merah muda bisa menjadi menyala seperti warna merah. Warna ini juga akan pas dipasangkan dengan makeup yang natural. Jangan lupa untuk berikan lip line agar lebih tahan lama!

 

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless