Layaknya Dewan Perwakilan di Suatu Negara, KidZania Jakarta Gelar KidZania CongreZZ Kids 2023-2025

Fimela Reporter diperbarui 04 Jan 2024, 07:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Setelah melewati masa pandemi yang cukup panjang dan sebagai bentuk komitmen yang berkelanjutan, edutainment theme park KidZania Jakarta kembali menyelenggarakan KidZania CongreZZ Kids Jakarta 2023-2025. Program ini diselenggarakan guna mempersiapkan generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa kepemimpinan dan peduli terhadap sekitar.

KidZania CongreZZ sendiri merupakan salah satu event besar dwitahunan KidZania untuk mencari 14 anak-anak berprestasi yang akan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat KidZania, layaknya anggota dewan legislatif di Indonesia. KidZania CongreZZ Kids Jakarta 2023-2025 mengusung tema “What Action are Needed for a Better World” yang menjadi periode ketujuh sejak program ini diadakan pada tahun 2009.

Setelah melewati serangkaian proses pemilihan yang sangat selektif, mulai dari Paper Selection, Coaching Class, serta acara final debat/diskusi kelompok, akhirnya terpilihlah 14 anggota CongreZZ Kids 2023-2025 oleh lebih dari 2.500 pendaftar yang berusia antara 7-14 tahun. Setiap anggota memiliki talenta dan pengetahuan yang beragam dan luar biasa.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Prosesi pelantikan CongreZZ Kids

Penandatanganan penugasan anggota CongreZZ Kids 2023-2025. (Foto: Maritza Samira)

Setelah terpilih, anak-anak dilantik seperti halnya prosesi pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat di suatu negara. Acara pelantikan dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Desember 2023 di Junio Metropolitan Theatre KidZania Jakarta yang menandai dimulainya masa tugas anggota CongreZZ Kids.

Direktur PT Aryan Indonesia (KidZania Jakarta), Faisal Reza, melantik dan meresmikan pembukaan kegiatan KidZania CongreZZ 2023-2025. Prosesi kenegaraan ini dimulai dengan pembacaan sumpah CongreZZ Kids, dilanjutkan dengan pelantikan dan penandatanganan perjanjian CongreZZ Kids.

Adapun tugas-tugas CongreZZ Kids, antara lain membentuk undang-undang, melakukan pengawasan terhadap pelaksaan undang-undang, menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi anak-anak, termasuk memberikan masukan, mambantu dan mengawasi jalannya pemerintahan kota KidZania. Setiap anggota CongreZZ Kids memiliki hak untuk bermain dan menikmati fasilitas permainan di KidZania Jakarta secara gratis selama dua tahun bersama dua orang pendamping.

3 dari 3 halaman

Gali potensi generasi penerus bangsa

Pidato pertanggungjawaban Congrezz Kids 2019-2023. (Foto: Maritza Samira)

Tema What Action are Needed for a Better World diangkat guna menggali pendapat dan mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Anak-anak mampu mengungkapkan ide, pemikirannya dan berperan serta dalam bentuk aksi yang diperlukan bagi setiap kondisi yang terjadi di dunia.

Dengan terpilihnya anggota CongreZZ Kids, anak-anak diharapkan dapat menjadi generasi penerus bangsa yang bisa mencapai impiannya dan memiliki masa depan yang maju. Hal ini sering terlihat di mana anak-anak memiliki semangat belajar yang tinggi dan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik.

Momen ini pun bertepatan dengan masa tahunan politik sehingga melatih anak-anak untuk menyampaikan aspirasinya terhadap isu-isu di lingkungan sekitar sembari belajar untuk mencari solusi. Sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat, CongreZZ Kids perlu memahami cara kerja pemerintah serta mengetahui kualifikasi yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin.

Mereka akan dibagi dalam beberapa komisi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi saat ini seperti Komisi Kesejahteraan, Komisi Pendidikan, Komisi Teknologi dan Lingkungan, serta Komisi Khusus Komunikasi. Agar anggota CongreZZ Kids dapat melihat langsung pekerjaan tersebut di dunia profesional, mereka akan melakukan kunjungan kerja ke Kementerian atau Instansi Pemerintah dan juga Partner Industri KidZania Jakarta.

 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesDesember