5 Penyebab Mudah Merasa Ngantuk yang Harus Dihindari

Virgita N. Alisa diperbarui 03 Des 2023, 13:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Perasaan mengantuk biasanya datang secara tiba-tiba disaat kita merasa kelelahan. Kebanyakan orang akan merasa tidak senang apabila perasaan mengantuk datang di waktu yang tidak pas seperti disaat bekerja, belajar, ataupun sedang berkendara.

Penasaran dengan penyebab rasa mudah mengantuk? Simak uraian berikut ini.

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

Depresi

Inilah 5 Penyebab Mudah Merasa Ngantuk/copyright shutterstock/Stock-Asso

Orang yang memiliki riwayat depresi biasanya ditandai dengan perasaan yang mudah mengantuk. Depresi juga bisa ditandai dengan perasaan tidak bersemangat untuk menjalani aktivitasnya. Mereka lebih senang mengurung diri dan kemungkinan terburuknya adalah melakukan tindakan bunuh diri.

3 dari 6 halaman

Sleep Apnea

Inilah 5 Penyebab Mudah Merasa Ngantuk/copyright shutterstock/ F01 PHOTO

Jika kamu terus mengalami perasaan mudah mengantuk, maka kamu harus waspada mengalami gejala Sleep Apnea. Penyakit ini bisa menjadi serius karena dapat mengganggu permasalahan pernafasan akibat mendengkur terlalu keras.

4 dari 6 halaman

Efek Samping Obat

Inilah 5 Penyebab Mudah Merasa Ngantuk/copyright shutterstock/Blue Titan

Konsumsi obat dengan dosis yang berlebih juga dapat membuat kamu merasa lebih mudah mengantuk dari biasanya. Kamu harus memperhatikan dosis obat yang akan diminum agar tidak terjadi efek samping.

5 dari 6 halaman

Konsumsi Alkohol

Inilah 5 Penyebab Mudah Merasa Ngantuk/copyright shutterstock/ Syda Productions

Mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan kamu mengalami perasaan yang mudah mengantuk. Efek sampingnya juga dapat menyebabkan perasaan gelisah dan mual.

6 dari 6 halaman

Pola Tidur Berantakan

Inilah 5 Penyebab Mudah Merasa Ngantuk/copyright shutterstock/Kmpzzz

Penyebab paling sering dialami oleh kebanyakan orang yang mudah merasa ngantuk adalah memiliki pola tidur yang berantakan dan kurangnya durasi istirahat. Tubuh dan otak akan kelelahan sehingga timbulnya rasa ngantuk. 

Penulis: Alisa Virgita