Tingkatkan Kualitas Udara, Inilah Manfaat Memasang Exhaust Fan di Rumah

Fimela Reporter diperbarui 08 Jan 2024, 14:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, belakangan ini rasanya cuaca sedang sangat panas, ya? Cuaca panas ekstrim yang sedang terjadi ini mencapai suhu 35 derajat celcius. Apalagi ditambah dengan kualitas udara yang sangat buruk, menjadikan cuaca semakin terik dan tidak sehat.

Cuaca yang sangat panas ini juga bisa kita rasakan saat di dalam ruangan. Jika kita tidak menggunakan AC atau kipas angin, hawa panas dan kualitas udara di dalam ruangan bisa jadi ikut memburuk. Untuk mengatasi hal ini, Sahabat Fimela mungkin bisa mempertimbangkan untuk memasang exhaust fan di rumah.

Dilansir dari Attainable Home, exhaust fan adalah sejenis kipas angin yang berfungsi untuk menciptakan udara sekaligus membantu membersihkan sirkulasi udara, sehingga udara di dalam ruangan tetap bersih dan segar. Exhaust fan beroperasi dengan menarik polutan dari udara dalam ruangan.

Exhaust fan ini bekerja untuk membuang udara yang terasa pengap dan tercemar ke luar, lalu menggantinya dengan udara yang lebih segar. Selain itu, kipas angin elektronik ini juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan panas. Dengan demikian, exhaust fan mampu untuk menjaga tingkat kelembapan dalam ruangan. Exhaust fan biasanya dipasang di ruangan yang pengap atau lembap, seperti di kamar mandi ataupun dapur. Jika Sahabat Fimela tertarik untuk memasang exhaust fan di rumah, inilah beberapa manfaat yang akan dirasakan, dilansir dari Gmmodular.com.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Meningkatkan kualitas udara

Memasang exhaust fan di rumah dapat meingkatkan kualitas udara dalam ruangan (foto: Pexels/Joey Galang)

Salah satu manfaat utama dari exhaust fan adalah peningkatkan kualitas sirkulsi udara di dalam rumah. Area seperti kamar mandi dan dapur, di mana udara sering kali menjadi tercemar dengan polutan, seperti uap air, bau masakan, dan asap, kipas elektronik ini dapat membantu menggantikan udara di dalam ruangan dengan cepat. Nah, exhaust fan ini membantu menghilangkan polutan dan menggantinya dengan udara segar dari luar. Dengan demikian, kualitas udara di dalam ruangan meningkat serta lingkungan dalam ruangan kadi lebih sehat dan nyaman.

Membantu menjaga kelembapan

Kelembapan yang berlebihan dapat menjadi masalah serius di rumah, terutama pada area yang cenderung lembap, seperti kamar mandi. Area yang terlalu lembap dapat menyebabkan masalah seperti pertumbuhan jamur dan lumut yang dapat merusak dinding rumah. Tentunya, kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi di dalam rumah, kan? Nah, exhaust fan berfungsi efektif untuk menghilangkan kelembapan berlebihan dari udara. Dengan mengeluarkan udara lembap, kipas exhaust membantu menjaga tingkat kelembaban yang sehat dan melindungi rumah dari kerusakan.

3 dari 3 halaman

Menghilangkan bau dan asap

Exhaust fan dapat membantu untuk menghilangkan bau yang menyengat (foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Exhaust fan juga berguna untuk menghilangkan asap dan bau yang tidak diinginkan, lho. Kipas elektronik ini membantu menyerap asap dan bau yang menyengat, seperti bau masakan atau bau tidak sedap, sehingga bau tersebut tidak menyebar ke ruangan lain. Saat memasak di dapur, sering kali muncul asap dan bau yang menyengat. Dengan memasang exhaust fan di dapur, Sahabat Fimela bisa lebih nyaman untuk memasak dan membuat kualitas udara dalam ruangan tetap segar.

Meningkatkan kenyamanan

Pemasangan exhaust fan juga berkontribusi untuk meningkatkan kenyamanan dalam rumah, nih. Dengan menjaga sirkulasi udara yang baik dan menghilangkan kelembapan yang berlebihan, bisa dipastikan, Sahabat Fimela akan merasa lebih nyaman di rumah. Udara yang segar dan lingkungan yang terjaga kelembapannya menciptakan suasana yang lebih nyaman untuk ditinggali.

Menghemat energi

Sahabat Fimela, tahu nggak, kalau beberapa exhaust fan dirancang dengan efisiensi energi tinggi. Hal ini dapat memengaruhi biaya listrik, jadi Sahabat Fimela bisa lebih hemat saat membayar tagihan listrik, deh. Dengan menggunakan teknologi motor yang canggih, kipas elektronik ini memberikan kinerja yang baik dengan mengonsumsi energi yang lebih sedikit.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundaries