Terungkap, Kata-Kata Ariel NOAH saat Keluarkan Andika dari Peterpan

Nizar Zulmi diperbarui 05 Okt 2023, 23:24 WIB

Fimela.com, Jakarta Andika Naliputra merupakan founder band pop alternatif asal Bandung, Peterpan. Ia merintis karier band tersebut sejak tahun 2000, meski di tengah jalan ia terpaksa harus keluar.

Perjalanan Andika dan Peterpan mengalami fase yang berat, di mana ia mengaku dikeluarkan dari band. Sebagai leader dan founder, ia sulit menerima kenyataan jika rekan-rekan satu band ingin ia hengkang.

Di suatu momen Andika diundang ke sebuah meeting, yang terjadi setelah sebuah meeting lain di mana ia tidak dilibatkan. Ia mengungkap bagaimana situasi itu terjadi.  

"Waktu itu ada semua, kecuali Indra. Cuman pada diem, semua nggak ada yang ngomong. Gue tanya, 'ada apa? kalian mau ngeluarin gue dari band'?" tanya Andika eks Peterpan dalam podcast di kanal YouTube Ferdy Element (5/10/2023).

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Ariel Angkat Bicara

Andika Peterpan (YouTube Ferdy Element)

Dengan situasi yang sudah terasa tak mengenakkan, Andika coba mengarahkan pembicaraan tersebut. Hingga pada akhirnya Ariel, vokalis Peterpan saat itu angkat bicara.

"Ya, kita udah nggak satu visi misi lagi, kayanya udah nggak sejalan. Ya pokonya gue nggak bisa lagi kerja sama lo," ujar Andika mengingat perkataan Ariel di meeting tersebut.

Tak dipungkiri Andika, chemistry dalam band saat itu sedang tidak menyenangkan. Segala rutinitas kesibukan manggung, rekaman dan tur sudah mencapai titik jenuh. "Gue ngerasa Peterpan udah nggak fun lagi," kata sang founder Peterpan. 

3 dari 3 halaman

Tegaskan Tak Ada Masalah

Andika Peterpan (YouTube Ferdy Element)

Sampai saat ini Andika mengaku tak tahu alasan sebenarnya ia dikeluarkan dari band. Berbagai pemberitaan yang beredar, seperti minimnya kontribusi Andika dalam mencipta lagu dibantahnya di obrolan tersebut.

"Saat itu Ariel bilangnya nggak bisa menjiwai lagu ciptaan orang lain," tuturnya. Selepas pergi dari Peterpan, Andika memutuskan menggagas The Titans dan membuktikan lagu ciptaannya bisa sukses.

Namun terlepas dari gesekan di masa lalu, Andika mengaku tak ada masalah dengan Ariel. Bahkan suatu saat ia membuka kemungkinan untuk reuni dan membawa kembali nama Peterpan.

"Jadi ketika nanti tahun depan, 10 tahun lagi, ketika NOAH udah nggak ada fans lagi, atau gue udah nggak bermusik, tapi kita butuh dapur ngebul misalnya, 'eh reunian yuk'. Siapa yang nggak nungguin coba?" papar Andika.