5 Sikap yang Membuat Hidup Lebih Bahagia di Usia Dewasa Ini

Endah Wijayanti diperbarui 05 Okt 2023, 13:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia dewasa adalah perjalanan hidup yang penuh dengan tantangan dan perubahan. Terlebih lagi, sebagai seorang perempuan dewasa, ada berbagai peran dan tanggung jawab yang harus dijalani. Namun, kebahagiaan tetap bisa menjadi bagian integral dari perjalanan ini.

Mengadopsi beberapa sikap positif dalam hidup dapat membantu kita mencapai kebahagiaan yang lebih besar dan merasa lebih puas dengan perjalanan hidup kita. Kali ini kita akan membahas lima sikap yang dapat membantu membuat hidupmu lebih bahagia di usia dewasa ini. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini, ya Sahabat Fimela.

 

 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Berani Memilih Jalan Berbeda

Ilustrasi perempuan bahagia/copyrightshutterstock/GBJSTOCK

Salah satu langkah pertama menuju kebahagiaan di usia dewasa adalah berani memilih jalan yang berbeda. Terlalu sering, kita terjebak dalam rutinitas dan kebiasaan yang membuat kita merasa terjebak. Namun, tidak ada yang mengatakan bahwa kita harus terus menerus melakukan hal yang sama jika itu tidak membuat kita bahagia.

Berani memilih jalan berbeda berarti berani untuk mengambil risiko dan mencari sesuatu yang benar-benar kita nikmati. Mungkin itu berarti mencari pekerjaan baru yang lebih memenuhi, menjelajahi hobi baru, atau bahkan memutuskan untuk mengubah arah hidup sepenuhnya. Ingatlah, perubahan adalah bagian alami dari kehidupan, dan kadang-kadang, kita perlu melangkah keluar dari zona nyaman untuk menemukan kebahagiaan yang sebenarnya.

Elizabeth Gilbert, penulis buku Eat, Pray, Love, menggambarkan perjalanannya untuk menemukan kebahagiaan dan arti dalam hidupnya sebagai pengalaman pribadi yang mencari makna dan keseimbangan dalam hidupnya. Pandangan Gilbert dalam bukunya adalah bahwa mencari kebahagiaan dan arti dalam hidup adalah perjalanan yang pribadi dan unik bagi setiap individu. Ia mendorong pembaca untuk menjalani kehidupan mereka sesuai dengan keinginan dan nilai-nilai mereka sendiri, dan untuk tidak takut untuk mengambil risiko dan menjelajahi dunia untuk menemukan apa yang benar-benar mereka cari.

 

3 dari 6 halaman

2. Tekun Mengupayakan Hal Bermakna dalam Hidup

ilustrasi perempuan cantik/Jirawatfoto/Shutterstock

Kebahagiaan seringkali terkait erat dengan merasa bahwa kita sedang melakukan sesuatu yang memiliki makna dalam hidup kita. Untuk mencapai hal ini, penting untuk mengejar hal-hal yang memenuhi kita secara emosional dan spiritual.

Dalam usia dewasa, banyak dari kita memiliki tanggung jawab yang mengikat kita, seperti pekerjaan, keluarga, atau kewajiban sosial. Namun, itu bukan alasan untuk tidak mengejar hal-hal yang bermakna dalam hidup kita. Carilah waktu untuk hobi, kegiatan amal, atau proyek-proyek pribadi yang memberikan rasa pencapaian dan memenuhi jiwa kamu.

Ingatlah bahwa tekun adalah kunci. Terkadang, mencapai hal-hal yang berarti memerlukan usaha dan waktu yang signifikan. Namun, ketika kamu melihat hasil dari usaha tersebut, kamu akan merasa puas dan bahagia.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Mencintai Diri Sendiri Sebaik Mungkin

ilustrasi bahagia single/heartor/Shutterstock

Salah satu langkah penting dalam mencapai kebahagiaan adalah mencintai diri sendiri sebaik mungkin. Terlalu sering, kita terlalu keras pada diri sendiri dan terlalu fokus pada kekurangan kita daripada pada kelebihan.

Coba untuk menerima diri kamu apa adanya. kamu adalah individu yang berharga dengan segala keunikan dan kelebihan kamu sendiri. Perempuan dewasa seringkali memiliki tekanan sosial dan ekspektasi yang tinggi, tetapi penting untuk ingat bahwa kamu tidak harus sempurna.

Mencintai diri sendiri juga mencakup merawat kesehatan fisik dan mental kamu. Luangkan waktu untuk merawat diri dengan olahraga, makan dengan baik, tidur yang cukup, dan praktik kesehatan mental seperti meditasi atau terapi jika diperlukan. Ketika kamu merasa sehat dan merasa baik dalam diri kamu sendiri, kebahagiaan akan lebih mudah dicapai.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Mensyukuri Semua Hal yang Ada dan Pernah Dialami

ilustrasi perempuan bahagia/copyright by Shutterstock

Mengamati dan mensyukuri semua hal yang telah ada dan pernah dialami adalah sikap yang sangat kuat untuk mencapai kebahagiaan. Terlalu sering, kita terlalu fokus pada apa yang kita inginkan atau apa yang kurang dalam hidup kita, sehingga kita lupa untuk menghargai apa yang telah kita capai.

Cobalah untuk membuat daftar hal-hal yang kamu syukuri setiap hari. Ini bisa menjadi hal-hal kecil seperti matahari terbit yang indah, saat-saat bersama teman-teman, atau pencapaian kecil dalam pekerjaan. Dengan mengakui dan menghargai semua hal positif dalam hidup kamu, kamu akan merasa lebih bersemangat dan bahagia.

Selain itu, penting untuk melihat dari sisi positif dalam pengalaman yang sulit atau pahit. Kebahagiaan seringkali muncul dari kebijaksanaan yang diperoleh dari pengalaman-pengalaman tersebut.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Fokus Menikmati Proses yang Ada Saat Ini

ilustrasi perempuan bahagia/Dean Drobot/Shutterstock

Satu lagi sikap yang tak kalah penting adalah fokus pada menikmati proses yang ada saat ini. Terlalu sering, kita cenderung terlalu terjebak dalam merencanakan masa depan atau mengenang masa lalu, sehingga kita lupa untuk benar-benar hidup dan menikmati momen sekarang.

Cobalah untuk berada dalam "momen sekarang" sebanyak mungkin. Nikmati makanan yang kamu makan dengan kesadaran penuh, habiskan waktu dengan orang yang kamu cintai tanpa gangguan ponsel atau pikiran tentang pekerjaan, dan nikmati keindahan alam di sekitar kamu.

Menikmati proses juga berarti menerima bahwa hidup tidak selalu akan sempurna. Ada tantangan dan ketidakpastian yang datang bersama dengan kehidupan dewasa, tetapi dengan menerima dan menghadapinya, kamu dapat menemukan kebahagiaan dalam perjalanan tersebut.

Kebahagiaan di usia dewasa dapat dicapai dengan sikap yang positif dan pemahaman tentang diri sendiri. Berani memilih jalan berbeda, tekun mengupayakan hal bermakna, mencintai diri sendiri, mensyukuri apa yang ada, dan menikmati proses saat ini adalah langkah-langkah yang dapat membantu kamu mencapai kebahagiaan yang berkelanjutan di usia dewasa ini.

Setiap perjalanan kebahagiaan bisa bersifat sangat personal atau pribadi, dan kamu memiliki kemampuan untuk menciptakan kehidupan yang bahagia sesuai dengan yang kamu inginkan.