9 Kebiasaan Baik dan Sehat yang Bisa Membantumu Terlihat Awet Muda

Gayuh Tri Pinjungwati diperbarui 04 Okt 2023, 16:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Usia hanyalah angka, namun penampilan bisa mengubahmu tetap awet muda. Menginjak usia 30 tahun, tanda penuaan pun mulai muncul seperti kerutan, flek hitam hingga garis-garis halus pada wajah. Tanda-tanda tersebut tentu membuat wajah terlihat tua. Selain melakukan perawatan dengan menggunakan skin care, Sahabat Fimela juga bisa mengubah gaya hidup sehat yang bisa membantumu menjadi terlihat awet muda.

Ada kebiasaan baik dan sehat yang bisa kamu lakukan sehari-hari untuk membantu menjaga diri tetap terlihat awt muda. Kegiatan seperti olahraga, menjaga pola makan dan kebiasaan baik lainnya bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Nah, jika penasaran, yuk, simak beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Rutin Menjaga Kulit

Salah satu kunci untuk awet muda adalah menjaga kulitmu. Jangan lupa untuk membersihkan wajah setiap malam, menggunakan pelembap, dan menggunakan tabir surya sepanjang tahun. Ini akan membantu melindungi kulitmu dari kerusakan matahari dan tanda-tanda penuaan dini.

2. Pola Makan Sehat

Makanan yang kamu konsumsi memiliki dampak besar pada penampilanmu. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran, yang dapat melawan kerusakan radikal bebas dan menjaga kulitmu tetap segar.

3. Minum Air Secukupnya

Kulitmu membutuhkan hidrasi yang baik untuk tetap kenyal dan segar. Pastikan kamu minum air secukupnya sepanjang hari. Ini juga membantu dalam mengeluarkan racun dari tubuhmu.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

4. Tidur yang Cukup

ilustrasi perempuan tidur siang/Photo by Zohre Nemati on Unsplash

Tidur adalah saat di mana tubuhmu melakukan perbaikan diri. Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap malam agar kulitmu memiliki kesempatan untuk memulihkan diri dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

5. Olahraga Teratur

Aktivitas fisik adalah kunci untuk menjaga tubuhmu tetap bugar dan sehat. Olahraga membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat memberikan kulitmu kilau alami. Cobalah berbagai jenis olahraga dan temukan yang kamu nikmati.

6. Hindari Stres Berlebihan

Stres dapat mempercepat proses penuaan. Cobalah untuk mengelola stres dengan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau bahkan dengan melakukan hobi yang kamu nikmati.

3 dari 3 halaman

7. Jangan Merokok

Ilustrasi perempuan cantik/copyrightshutterstock/theshots.co

Merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatanmu secara keseluruhan, tetapi juga dapat menyebabkan penuaan dini dan kerutan. Ini adalah alasan lebih untuk meninggalkan kebiasaan merokok jika kamu ingin terlihat muda.

8. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Pilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulitmu. Ini termasuk produk pembersih, pelembap, dan produk anti-penuaan jika diperlukan. Konsultasikan dengan seorang ahli dermatologi jika kamu tidak yakin produk mana yang cocok untukmu.

9. Tetap Aktif Sosial

Hubungan sosial yang baik dan merasa dicintai dapat berdampak positif pada penampilanmu. Jangan ragu untuk tetap aktif bersama teman-teman dan keluarga. Kehangatan dan tawa juga bisa membuatmu terlihat lebih muda!

Ingatlah, sahabat Fimela, cantik itu berasal dari dalam dan luar. Dengan menjalani gaya hidup sehari-hari yang sehat, kamu dapat menjaga penampilanmu tetap muda dan bersemangat. Jangan pernah berhenti merawat dirimu sendiri, karena kamu pantas merasa dan terlihat luar biasa setiap hari.