Film Legendaris Karya Sutradara Arifin C. Noer, Pengkhianatan G30S Siap Tayang Lagi

Anto Karibo diperbarui 29 Sep 2023, 18:18 WIB

Fimela.com, Jakarta Salah satu film paling laris sampai disebut legendaris di Indonesia adalah Pengkhianatan G30S PKI. Film yang disutradarai dan ditulis ceritanya oleh sineas Arifin C. Noer ini merupakan sebuah karya besar.

Arifin C. Noer merupakan sutradara pemenang Piala Citra dengan latar belakang teater. Dia memiliki pengalaman sebelumnya dalam genre ini, setelah membuat film perang Serangan Fajar (1981).

Film yang rilis pada 1984 tersebut, diperankan oleh dibintangi Bram Adrianto sebagai Untung Sjamsuri, Amoroso Katamsi sebagai Soeharto, Umar Kayam sebagai Soekarno, dan Syubah Asa sebagai DN Aidit.

Selain itu ada juga aktor-aktor dengan karakter kuat lainnya seperti Ade Irawan, Sofia WD, Dani Marsuni, dan Charlie Sahetapy.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Tayang Lagi

Film Pengkhianatan G30S/PKI (Istimewa)

Film Pengkhianatan Gerakan 30 September adalah sebuah karya dokumenter yang diproduseri oleh Gufran Dwipayana, yang kala itu menjabat sebagai kepala PPFN (Pusat Produksi Film Negara).

Sebagaimana diketahui, film yang didasari dari peristiwa yang terjadi di bulan September pada tahun 1965. Peristiwa itu diperingati untuk mengenang peristiwa berdarah dan kelam yang berlangsung di daerah Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Sebuah dokudram yang dibuat dengan sangat detail dan meyakinkan dari sudut pandang tertentu, kembali dapat dinikmati masyarakat lewat layar kaca tvOne pada Sabtu, 30 September 2023 jam 8 malam.

3 dari 3 halaman

Sejak 2017

Film Pengkhianatan G30S/PKI (Istimewa)

Selama orde baru, film ini menjadi tontonan wajib dalam setiap tahunnya. Lalu, beberapa tahun lamanya film yang pernah menjadi polemik ini tak ditayangkan lagi. Namun, kemudian timbul banyak keinginan supaya film tersebut kembali ditayangkan.

Tercatat, sudah banyak stasiun televisi yang kemudian menayangkan kembali film ini. Sementara tvOne sendiri sudah enam kali menayangkan film ini, pertama kali ditayangkan pada tahun 2017 menjelang hari Kesaktian Pancasila.

Selain penayangan film Pengkhianatan G30S/PKI, pada Minggu, 01 Oktober 2023 jam setengah 9 pagi juga akan menyajikan secara live pertandingan olahraga Tinju Dunia dari T-Mobile Arena Las Vegas, Amerika Serikat.