5 Rekomendasi Aktivitas Positif Ini Bisa Kamu Lakukan di Malam Hari

Tisha Sekar Aji diperbarui 09 Okt 2023, 10:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Malam hari adalah waktu terbaik untuk beristirahat setelah mengerjakan aktivitas seharian yang begitu melelahkan. Meskipun demikian ada juga orang-orang yang melakukan aktivitas lainnya di malam hari. Tentu saja aktivitas tersebut jugalah harus yang ringan serta tidak begitu memberatkan tubuh dan pikiran. 

Tapi banyak sekali orang lain yang sering melakukan aktivitas negatif yaitu begadang dan overthinking. Padahal terlalu begadang dan overthinking yang berlebihan dapat menurunkan konsentrasi serta memicu gangguan kesehatan.

Maka dari itu jika ingin beraktivitas di malam hari haruslah melakukan aktivitas positif dan ringan sebab tubuh dan pikiran juga butuh istirahat. Jika kamu bingung mau melakukan aktivitas positif di malam hari kamu bisa lihat 5 rekomendasi aktivitas positif di malam hari yang direkomendasikan Declutter the Mind. Berikut informasinya. 

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

1) Mendengarkan ASMR

Rutin mendengarkan ASMR akan memberikan dampak positif pada tubuh seperti tubuh menjadi lebih rileks dan mudah tidur. Aktivitas ini bisa rutin dilakukan setiap saat. (Foto: Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response adalah genre video maupun audio terbaru yang sedang tren saat ini. Baik video maupun audio yang disajikan selalu memasukkan suara seperti bisikan maupun goresan halus yang membantu menstimulasikan sensasi nyaman dan membuat orang menjadi rileks.

Mendengarkan ASMR audio juga membantu dirimu menjadi lebih rileks, tenang, dan menstabilkan emosi sehingga tubuhmu tidak begitu terbebani. ASMR audio ini sudah tersedia di berbagai platform seperti YouTube music dan Spotify.

Mendengarkan ASMR juga menjadi aktivitas positif yang dapat dijadikan kebiasaan sebelum tidur karena akan membantu diri untuk menjadi lebih nyaman sehingga mudah sekali untuk langsung tidur tanpa harus perlu begadang. 

2) Melakukan meditasi 

Menyempatkan sedikit waktu untuk bermeditasi sebelum tidur jugalah bagus untuk menghilangkan pikiran negatif maupun kecemasan yang dirasakan. Hal ini dapat membuat otak menjadi lebih stabil saat tidur.

Jika kamu belum pernah bermeditasi sebelumnya kamu bisa mulai dengan teknik pernafasan dan visualisasi ringan. Biasanya, ide bermeditasi pada malam ini diyakini oleh sebagian kalangan untuk melatih pikiran agar tidak begitu judgemental

Maksud judgmental di sini adalah terlalu berlebihan karena pikiran berlebihan di malam hari kurang bagus dan dapat meningkatkan gangguan lain seperti kecemasan. Maka dari itu, meditasi dapat menetralkan diri dari pikiran-pikiran tersebut.

3) Menulis jurnal 

Manfaatkan waktu beberapa menit sebelum tidur untuk menuliskan kejadian-kejadian yang telah dilalui pada hari ini. Menulis jurnal juga membuatmu mengidentifikasi serta memahami arti dari perasaan yang kamu rasakan. Tidak hanya itu, peristiwa-peristiwa yang tertulis pada jurnal juga akan memberikan gambaran atas proses kehidupan yang kamu jalani saat ini.

Berikan kesempatan diri untuk menulis jurnal setiap malam sebelum tidur. Biarkan dirimu mengekspresikan perasaan serta pikiran dalam tulisan. Tidak hanya menuliskan jurnal biasa kamu juga bisa tulis tentang jurnal yang bersifat mindfulness.

Menulis jurnal yang melibatkan pikiran dan perasaan kita atas kejadian maupun hal yang dialami sehari-hari juga dapat membantumu mengevaluasi diri dengan baik. Dirimu siap untuk menghadapi berbagai tantangan yang akan datang di hari esok. 

3 dari 3 halaman

4) .Membaca buku

Membaca buku sebelum tidur dapat menjadi aktivitas positif yang dilakukan di malam hari, sebaiknya kamu membiasakan melakukannya (Foto: Unsplash.com/Nathan Aguirre)

Membaca buku sebelum tidur dapat membantumu lebih siap untuk tidur. Tidak hanya itu, membaca buku juga dapat menghindari diri dari kecemasan dan membuat mood menjadi lebih baik ketika masuk ke dalam mimpi.

Kamu bisa temukan banyak buku yang seru untuk dibaca baik buku fisik maupun e-book. Tidak hanya itu, metode membaca yang direkomendasikan adalah light reading atau membaca kilat. Dan genre buku yang direkomendasikan juga adalah buku bergenre fiksi terutama fiksi ringan.

Hal yang harus diperhatikan lainnya adalah jangan membaca buku sambil bermain handphone atau di depan layar laptop sebab cahaya handphone dan laptop membuatmu tetap terjaga dan sulit untuk tidur.

5) Mendengarkan musik yang menenangkan 

Berbeda dengan ASMR, musik lebih mengedepankan pada pesan yang disampaikan penyanyi melalui lirik lagu. Tidak hanya itu, musik juga menjaga mood sehingga kamu lebih rileks di malam hari. Musik smooth soothing atau musik lembut yang menenangkan dapat menjadi opsi.

Rekomendasi musik yang bisa kamu dengar antara lain jazz, lofi hip hop beats, chillstep, ambient, klasik bahkan soft rock. Kamu bisa mendapatkan musik-musik menenangkan ini di platform yang sudah tersedia seperti YouTube music, Itunes, atau Spotify. 

Hal yang membuat mendengarkan musik ini cukup unik adalah karena kamu bisa mengkombinasikannya dengan aktivitas lain yang positif di malam hari, misalnya membaca buku atau menulis jurnal. Kamu menjadi lebih nyaman, tenang, serta terus menjadi pribadi yang positif jika rutin melakukan 5 aktivitas positif ini di malam hari. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries