5 Sikap Berani Mandiri agar Tidak Diremehkan Orang

Endah Wijayanti diperbarui 29 Agu 2023, 19:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Dalam era modern yang penuh dengan tuntutan, tekanan, dan harapan sosial yang makin banyak, penting bagi kita sebagai perempuan dewasa untuk mencari kemandirian dalam diri kita. Memiliki keberanian dan kemandirian yang tinggi bisa menguatkan mental kita, dan mental yang kuat ini bisa membuat kita tak gampang merasa terpuruk saat diremehkan orang.

Kali ini, kita akan mengeksplorasi lima cara menjadi pribadi yang lebih mandiri dengan mengusung konsep yang ditawarkan oleh Ralph Waldo Emerson, seorang filsuf dan esais abad ke-19 yang mempromosikan pemikiran independen dan keberanian untuk mengikuti intuisi pribadi. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini, ya Sahabat Fimela.

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Percayalah pada Intuisimu Sendiri

ilustrasi perempuan mandiri/Mix and Match Studio/Shutterstock

Emerson meyakini bahwa setiap individu memiliki kebijaksanaan bawaan yang mampu membimbing mereka dalam mengambil keputusan dan menemukan arah hidup.

Dalam kata-katanya yang terkenal, "Percayalah pada dirimu sendiri: setiap hati memancarkan kebijaksanaan, tapi hanya orang yang berani yang bisa mendengarkannya." Ini adalah panggilan untuk mengandalkan intuisi kita, mengenali kekuatan dalam ketidakpastian, dan tidak terlalu bergantung pada pandangan orang lain.

3 dari 6 halaman

2. Jadilah Pemimpin dalam Diri Sendiri

Ilustrasi perempuan bekerja/copyrightshutterstock/David Gyung

Emerson menekankan pentingnya menjadi pemimpin dalam hidup kita sendiri. Ia menolak ide meniru atau mengekor standar masyarakat, dan lebih mendorong kita untuk mengembangkan potensi unik yang dimiliki masing-masing.

Dalam kata-katanya, "Siapapun yang berjalan sendiri, jika dia cukup kuat, menunjukkan bahwa dia adalah seorang pemimpin, meski hanya di atas perangkat kayu." Ini mengingatkan kita untuk merangkul peran kita sebagai pemimpin dalam menjalani hidup kita, mengukir jejak unik yang merefleksikan nilai-nilai pribadi.

4 dari 6 halaman

3. Hadapi Rintangan dengan Keberanian

ilustrasi perempuan mandiri/TimeImage Production/Shutterstock

Penting bagi perempuan dewasa untuk menghadapi tantangan dan rintangan dengan penuh keberanian. Emerson mengajarkan bahwa ketika kita berani menghadapi ketidakpastian dan bahkan kegagalan, kita mampu mengatasi keterbatasan dan tumbuh sebagai individu.

Dia mengungkapkan gagasannya ini dalam kalimat yang penuh semangat, "Kegagalan adalah batu loncatan menuju kesuksesan." Oleh karena itu, jangan takut untuk menghadapi rintangan, karena di dalamnya terdapat peluang untuk tumbuh dan berkembang.

5 dari 6 halaman

4. Pertahankan Autentisitasmu

ilustrasi perempuan tertawa/Krakenimages.com/Shutterstock

Dalam dunia yang sering kali meminta kita untuk mengikuti tren dan norma sosial, Emerson mendorong kita untuk tetap setia pada diri sendiri. "Apa pun yang sejajar dan sesuai dengan jiwamu, jangan ragu untuk melakukannya," katanya.

Pesan ini menjadi pengingat penting bahwa kita harus menghormati dan merawat nilai-nilai yang mendefinisikan siapa kita, daripada mencoba menjadi apa yang diharapkan oleh orang lain.

"To be yourself in a world that is constantly trying to make you something else is the greatest accomplishment." Menjadi dirimu sendiri di dunia yang terus berusaha membuatmu menjadi sesuatu yang lain adalah pencapaian terbesar.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Luangkan Waktu untuk Merenung

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Daenin

Menemukan momen untuk merenung dan merenungi adalah bagian penting dari hidup yang mandiri. Emerson menekankan perlunya waktu kesendirian untuk merenungkan arti hidup dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri kita.

Dalam kata-katanya yang terkenal, "Seringkali, dalam kesendirian paling dalam, saya merasa hadirnya sesuatu yang tak terlukiskan dan suci." Ini mengajak kita untuk menghargai kesendiran sebagai kesempatan untuk menyelami kedalaman pikiran dan emosi kita.

Bagi perempuan dewasa, ajaran-ajarannya tetap relevan dalam menghadapi tekanan sosial dan menemukan makna dalam hidup yang lebih dalam. Dari mempercayai intuisi kita sendiri hingga menjalani kehidupan yang autentik, Emerson mengingatkan kita bahwa perjalanan menuju kemandirian adalah tentang menemukan dan merayakan keunikan kita sendiri.

Saat kita bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri, kita pun tak akan gampang merasa tertekan dengan pandangan negatif dari orang lain yang belum tentu benar. Sebab kita sudah mengenali dan memahami nilai diri dengan lebih baik.