Intip Tema dan Makna Logo HUT ke-78 RI

Hilda Irach diperbarui 15 Agu 2023, 15:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Dalam hitungan hari, rakyat Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI). Setiap tahunnya tema HUT berbeda-beda, lantas apa tema HUT ke-78 RI?

Mengutip dari Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia yang diterbitkan Kemensetneg RI, tema HUT ke-78 RI tahun 2023 yang diusung adalah ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’.

Tema tersebut menggambarkan pencapaian yang telah diraih menjadikan posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara. Melalui tema tersebut, diharapkan dapat mendorong Bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju.

Di momen ini, Indonesia telah menunjukkan aksi nyata yang progresif dan diharapkan untuk tidak berhenti melanjutkan pembangunan dengan semangat ‘estafet’. Dirgahayu RI ke-78 tahun ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir.

Selain tema, dirilis juga logo HUT RI ke-78. Tiap komponen logonya pun mengandung makna yang mendalam. Seperti apa? Yuk, intip!

 
2 dari 2 halaman

Logo HUT ke-78 RI

Istana meluncurkan tema dan logo HUT ke-78 RI, yuk intip maknanya! [Foto: Setneg Ri]

Logo Hari Kemerdekaan RI ke-78 ini mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, kesatuan. Bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Jika dilihat secara visual, logo HUT RI ke-78 terdiri dari perpaduan angka 7 berwarna merah dan angka 8 yang dibentuk dari lima garis berwarna merah. Pada bagian logo juga terdapat tulisan “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Logo HUT RI ke-78 terdiri dari beberapa komponen. Adapun makna dari masing-masing komponen logo Hari Kemerdekaan RI ke-78 dijelaskan sebagai berikut:

  1. Estafet (garis horizontal pada angka 7): Selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju. Bersinergi dalam satu irama, satu asa, satu bangsa.
  2. Terus Melaju (angka 7 berbentuk arah panah ke atas): Arah panah ke atas yang bermakna bergerak maju, dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.
  3. Pancasila (terbentuk dari 5 garis melengkung): Berlandaskan nilai-nilai pancasila.
  4. Tanggung Jawab Bersama (perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis): Bentuk solid melambangkan tujuan yang sama, beralih menjadi garis-garis bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju. (Bhineka Tunggal Ika).
  5. Kebelanjutan (angka 8): Keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju.
  6. Globalisasi (Bentuk bulat yang ditampilkan oleh angka 8 merepresentasikan pola pikir global): Pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.
Istana meluncurkan tema dan logo HUT ke-78 RI, yuk intip maknanya! [Foto: Setneg Ri]