Isyana Sarasvati Rasakan Beban jadi Istri Proklamator di Pagelaran Sabang Merauke

Rivan Yuristiawan diperbarui 09 Agu 2023, 13:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Solois Isyana Sarasvati melakukan persiapan matang jelang tampil di pagelaran Sabang Merauke pada 19 dan 20 Agustus 2023 mendatang. Mengangkat tema tentang Pahlawan Nusantara, gelaran tersebut dianggap Isyana merupakan sebuah suguhan spesial karena kental dengan unsur Indonesia di dalamnya. Sedikit bocoran, perempuan 30 tahun itu akan menjadi sosok Fatmawati, yang tak lain merupakan istri dari Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Ditemui di sela-sela latihannya, Isyana mengaku sangat antusias. Baginya, pagelaran yang dipelopori oleh iForte dan BCA itu merupakan pertunjukkan penting yang bisa mengingatkan masyarakat, khususnya kaum muda terhadap kearifan lokal budaya Indonesia.

"Waktu ditawarin jadi merasa terhormat diajak terlibat. Jadi awarness kembali betapa indahnya Indonesia, seperti apa sih pahlawan Indonesia," kata Isyana Sarasvati di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

2 dari 3 halaman

Ada Beban

[Foto/istimewa]

Lebih lanjut, Isyana Sarasvati pun mengaku cukup terbebani untuk memberikan suguhan terbaik dalam acara yang akan berlangsung di JIExpo Kemayoram tersebut. Pasalnya, Isyana nantinya akan tampil dengan dandanan menyerupai ibu Fatmawati yang dikenal publik sebagai sosok yang menjahit langsung bendera Indonesia saat masa kemerdekaan dulu.

"Pastinya beban ya (jadi ibu Fatmawati), tapi untungnya nggak memerankan secara teaterikal, tapi look," bebernya.

3 dari 3 halaman

Tentang Pertunjukkannya

[Foto/istimewa]

Pagelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara' merupakan pertunjukkan kolosal yang memadukan musik daerah dan nasional dengan unsur teatrikal yang menunjukkan perjuangan para pahlawan bangsa. Selain Isyana Sarasvati, sejumlah penyanyi yang juga terlibat di dalamnya antara lain Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, dan Gabriel Harvianto.

Nantinya, para penampil tersebut akan diiringi oleh sejumlah musisi ternama lain seperti Avip Priatna, Dian HP dan Dunung Basuki. Selain itu, Batavia Madrigal Singers dan Jakarta Concert Orchestra sebagai unsur musikal dari pertunjukkan tersebut.

Selain nama-nama tersebut, Pagelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara' juga menghadirkan 200 penari daerah. Nama-nama besar di panggung seni pertunjukkan juga turut ambil bagian dalam pementasan ini seperti Sandhidea Cahyo Narpati, Pulung Jati, Dian Bokir hingga Rizqy Dhafin dipercaya untuk berkolaborasi di lini koreografi. Harmonisasi para pengisi acara nantinya akan ada di bawah komando Rusmedie Agus selaku sutradara.