3 Resep Jus Sayur dan Buah untuk Merawat Kulit Wajah

Fimela Reporter diperbarui 20 Agu 2023, 16:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Untuk mendapatkan wajah yang selalu cerah dan ternutrisi, setiap orang perlu merawat kulit secara rutin dan teratur. Terutama bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan karena berbagai kotoran, debu, hingga paparan sinar UV yang berbahaya dapat merusak kulit dan menimbulkan beberapa permasalahan kulit lainnya seperti jerawat, warna kulit yang tidak merata, dan lainnya. 

Perawatan kulit dapat dilakukan dengan menggunakan skincare hingga melakukan treatment pada klinik kecantikan. Namun, yang pasti itu semua dapat kamu sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu. Tak hanya dari luar, perawatan kulit juga dapat dilakukan dari dalam dengan mengonsumsi makanan atau minuman sehat seperti buah dan sayuran.

Kamu dapat membuat dan mengonsumsi jus untuk merawat kulit wajah dengan kandungan yang tentunya harus berkhasiat seperti sayuran dan buah-buahan. Dilansir dari medicalnewstoday.com, buah dan sayuran merupakan makanan bergizi yang memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, nutrisi lainnya. Oleh karena itu, keduanya penting untuk kesehatan tubuh.

 

What's On Fimela
2 dari 4 halaman

Resep Jus Buah Mix Sayuran

Ilustrasi Jus Apel, Wortel, dan Labu. Foto: copyright freepik.com/jcomp.

Perawatan kulit tidak selalu membutuhkan biaya besar, tetapi cukup menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di rumah untuk membuat jus juga dapat kamu lakukan. Lalu, jus apa saja yang berkhasiat untuk kulit dan dapat dicoba di rumah?

Jus Apel, Wortel, dan Labu

Dilansir dari archanaskitchen.com, perpaduan 3 buah ini akan membuat jus yang dihasilkan bermanfaat bagi kesehatan. Hal tersebut karena kandungan pada masing-masing buah seperti serat, vitamin A, potasium, dan lainnya yang bermanfaat bagi kulit. Apel sendiri dapat meningkatkan kelembapan kulit, sedangkan wortel juga dapat mencegah warna kulit yang tidak merata dan labu juga memiliki banyak manfaat bagi kulit seperti mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, serta mengatasi jerawat. Tentu banyaknya manfaat dari masing-masing buah membuat jus ini bermanfaat bagi kulit. 

Sebelum membuatnya, kamu dapat menyiapkan beberapa bahan seperti:

  • 2 cangkir Labu yang sudah dikupas dan dipotong dadu
  • 2 Apel yang sudah dibuang bijinya dan dicincang
  • 1 Wortel (Gajjar) yang sudah dikupas dan dicincang
  • 1 sejumput Garam
  • 1 buah lemon yang sudah diperas

Setelah itu, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Gabungkan semua buah dan sayuran ke dalam blender dan lakukan satu kali ekstraksi tanpa menambahkan air.
  2. Tambahkan air ke dalam blender dan ekstrak lebih banyak jus dari ampas yang tersisa.
  3. Campurkan kedua ekstrak dan tambahkan garam serta lemon sesuai selera. Kamu juga dapat menambahkan air untuk menyesuaikan kekentalan sarinya.
  4. Sajikan jus ini dalam keadaan dingin dengan menambahkan es batu atau apa adanya.
3 dari 4 halaman

Jus hijau

Ilustrasi Jus hijau. Foto: copyright shutterstock/Fischeron.

Jus yang memadukan apel dengan beberapa jenis sayur seperti seledri, kangkung, dan peterseli dapat memberikan manfaat bagi kulit karena dapat diketahui apel memiliki manfaat untuk meningkatkan kelembapan kulit, seledri dapat meremajakan kulit dengan kemampuan eksfoliasinya, kangkung dapat mengobati berbagai penyakit kulit seperti jerawat, dan peterseli yang memiliki banyak manfaat bagi kulit diantaranya mengurangi iritasi, mempercepat penyembuhan luka, hingga mengecilkan pori-pori. Tentu dengan manfaat yang diberikan tiap bahan dapat membuat jus ini dapat digunakan sebagai perawatan kulit yang baik, dilansir dari epicurious.com.

Sebelum membuatnya, kamu dapat menyiapkan beberapa bahan seperti:

  • 1 jeruk nipis
  • 1 1/2 apel hijau yang dipotong menjadi empat bagian dan dibuang bijinya
  • 1/3 batang seledri yang sudah dipotong dadu6 daun kangkung besar dengan tulang rusuk tengah sudah dibuang
  • 1/2 cangkir daun peterseli segar yang dikemas rapat
  • 3/4 sendok teh bubuk kunyit

Setelah itu, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Potong kedua ujung lemon dan letakkan di sisi yang dipotong pada pisau pengupas untuk memotong kulitnya, termasuk inti putihnya.
  2. Setelah itu, gabungkan lemon, apel, seledri, kangkung, dan peterseli pada blender dan biarkan teraduk hingga halus.
4 dari 4 halaman

Jus alpukat dan air lemon

Ilustrasi Jus alpukat dan air lemon. Foto: pexels.

Alpukat memiliki banyak manfaat bagi kulit seperti mengobati jerawat, mencegah penuaan, hingga memperbaiki wajar akibat paparan sinar UV, sedangkan air lemon bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menjaga keseimbangan pH, hingga menghilangkan sel kulit mati. Maka dari itu, dengan manfaat yang dihasilkan dari keduanya menjadikan perpaduan yang baik untuk jus dalam perawatan kulit.

Sebelum membuatnya, kamu dapat menyiapkan beberapa bahan seperti:

  • 1 buah alpukat, dibelah dua
  • 4 cangkir (950 ml) air
  • ½ cangkir (120 ml) jus lemon atau air jeruk nipis
  • ½ cangkir (100 g) gula

Setelah itu, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan alpukat dan bahan lainnya ke dalam blender.
  2. Blender hingga halus dan tambahkan gula secukupnya sesuai selera.
  3. Sajikan di atas es. 

 

 

*Penulis: Fani Varensia