5 Cara Membuat Inner Child Damai dan Meningkatkan Kesehatan Mental

Fimela Reporter diperbarui 21 Jul 2023, 10:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Inner child atau batin anak dalam diri tiap orang tidak mudah untuk diobati. Kejadian traumatis, pengalaman menyakitkan, hingga hal yang ternyata menyakiti batin selama masa kecil akan bertumbuh menjadi emosi tak terkendali ketika dewasa. Meski kerap diabaikan, rasa sakit bisa berubah menjadi trauma besar bila tidak ditangani dengan baik.

Mengatasi inner child adalah proses merawat kembali dirimu saat kecil yang merasa terabaikan atau ditinggalkan. Melansir dari Psych Central berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengobati inner child agar merasa damai.

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Akui Inner Child Milikmu

Ilustrasi kesehatan mental (Foto: Unsplash)

Batin anak dalam dirimu bukanlah bentuk sifat kekanakan atau kepribadian dalam diri. Inner child adalah alam bawah sadar yang masih mengingat momen baik atau buruk dan emosi saat kecil. Untuk mengobatinya, langkah awal adalah belajar untuk mengakui dan memahami. Kirimkan cinta pada dirimu sendiri dan terapkan self care agar diri merasa nyaman.

3 dari 6 halaman

2. Bayangkan Momen Masa Kecil yang Bahagia

Ilustrasi anak bermain air. (Photo by MI PHAM on Unsplash)

Membawa kembali kenangan bahagia saat kecil akan membuatmu tenang dan nyaman. Misalnya mengingat pengalaman saat pergi bersama orang tua atau merayakan ulang tahun bersama teman. Menceritakannya pada orang lain pun bisa jadi cara lainnya. Mengingat momen bahagia dapat memberi rasa bahagia.

4 dari 6 halaman

3. Bersikap Baik Pada Diri Sendiri

ilustrasi perempuan santai/koumaru/Shutterstock

Meski terdengar mudah, nyatanya banyak orang tidak mampu bersikap baik pada diri sendiri. Saat melakukan kesalahan atau tidak mampu mengejar impian, jangan menyesal atau menyalahkan dirimu yang gagal. Sebaliknya, berterima kasihlah pada dirimu yang mampu berjuang hingga akhir meski hasilnya tidak sesuai harapan. Psikolog mengatakan melatih sikap baik pada diri sendiri mampu mengatasi rasa cemas, stres, depresi, hingga mengobati inner child.

5 dari 6 halaman

4. Kenali Pemicu Emosi

Ilustrasi Sedih Credit: pexels.com/Liza

Mengobati inner child juga harus dimulai dari mengenal pemicu emosi. Misalnya kamu selalu merasa sakit hati bila diabaikan kekasih, mungkin saat kecil kamu mengalami trauma diabaikan oleh orang sekitar. Mengenal pemicu emosimu akan membantu mengendalikan kecemasan dan stres. Dengarkan isi hatimu dan kenali masalah pada alam bawah sadarmu.

6 dari 6 halaman

5. Luangkan Waktu untuk Bermain

ilustrasi perempuan melukis/copyright by kenchiro168 (Shutterstock)

Lakukan hal yang kamu sukai saat kecil. Misalnya menggambar, melukis, atau menyaksikan animasi. Bermain adalah kegiatan menyenangkan bagi anak-anak, namun menjadi terapi emosi bagi orang dewasa.

Mengobati inner child akan membuatmu merasa damai dan mampu mengendalikan diri. Bila perlu, terapkan meditasi dan kegiatan lain yang membuatmu nyaman.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S