8 Tips Pola Asuh Anak Masa Kini

Anisha Saktian Putri diperbarui 08 Okt 2024, 13:40 WIB

Fimela.com, Jakarta Membesarkan anak adalah salah satu hal yang tidaklah mudah. Maka penting untuk mengetahui pola asuh yang baik dan efektif untuk perkembangan si kecil.

Perlu diingat, pola asuh yang diajarkan oleh orangtua kita terdahulu mungkin belum tentu cocok untuk anak kita di zaman sekarang. Sebab, ada banyak informasi atau paparan media sosial yang memengaruhi pola pikir si kecil. Lalu bagaimana pola masa kini yang bisa diterapkan pada si kecil? Yuk intip, melansir kidshealth.org. 

1. Meningkatkan Harga Diri Anak

Anak-anak mulai mengembangkan rasa percaya diri ssjak bayi ketika melihat diri sendiri melalui mata orangtua. Nada suaramu, bahasa tubuh, dan setiap ekspresi diserap oleh anak-anak. Kata-kata dan tindakanmu sebagai orangtua memengaruhi harga diri anak yang berkembang lebih dari apa pun.

Memuji prestasi, betapapun kecilnya, akan membuat mereka merasa bangga; membiarkan anak-anak melakukan sesuatu secara mandiri akan membuat anak merasa mampu dan kuat. Sebaliknya, komentar yang meremehkan atau membandingkan seorang anak secara tidak baik dengan orang lain akan membuat anak merasa tidak berharga.

Hindari membuat pernyataan yang dimuat atau menggunakan kata-kata sebagai senjata. Komentar seperti "Sungguh hal yang bodoh untuk dilakukan!" atau "Kamu bertingkah lebih seperti bayi daripada adik laki-lakimu!" menyebabkan kerusakan seperti pukulan fisik.

Pilih kata-kata dengan hati-hati dan berbelas kasih. Beri tahu anak-anak bahwa setiap orang membuat kesalahan dan  tetap mencintai mereka, meskipun tidak menyukai perilaku mereka.

2. Memuji 

Pendekatan yang lebih efektif adalah memuji anak-anak melakukan sesuatu dengan benar: "Kamu membereskan tempat tidurmu tanpa diminta - itu hebat!" atau "Aku melihatmu bermain dengan kakakmu dan kamu sangat sabar." Pernyataan-pernyataan ini akan lebih mendorong perilaku yang baik dalam jangka panjang daripada omelan berulang-ulang.

Pastikan untuk menemukan sesuatu untuk dipuji setiap hari. Bermurah hati dengan hadiah - cinta, pelukan, dan pujian dapat menghasilkan keajaiban dan seringkali cukup sebagai hadiah. 

3. Tetapkan Batas dan Konsisten Dengan Disiplin 

Disiplin diperlukan dalam setiap rumah tangga. Tujuan disiplin adalah untuk membantu anak-anak memilih perilaku yang dapat diterima dan belajar pengendalian diri. Mereka mungkin menguji batasan yang ditetapkan untuk mereka, tetapi mereka membutuhkan batasan itu untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.

Menetapkan peraturan rumah membantu anak-anak memahami harapanmu dan mengembangkan pengendalian diri. Beberapa aturan mungkin termasuk: tidak ada TV sampai pekerjaan rumah selesai, dan tidak boleh ada pukulan, ejekan, atau olok-olok yang menyakitkan. 

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

4. Luangkan Waktu untuk Anak

Ilustrasi orangtua dalam mengajarkan serta mendidik anak (copyright shutterstock)

Seringkali sulit bagi orangtua dan anak untuk berkumpul bersama untuk makan bersama keluarga, apalagi menghabiskan waktu berkualitas bersama. Tapi mungkin tidak ada yang lebih disukai anak-anak.

Bangunlah 10 menit lebih awal di pagi hari agar dapat sarapan bersama anak atau meninggalkan piring di wastafel dan berjalan-jalan setelah makan malam. Anak-anak yang tidak mendapatkan perhatian yang mereka inginkan dari orangtua mereka sering bertingkah atau berperilaku buruk karena mereka pasti akan diperhatikan seperti itu.

Ciptakan "malam spesial" setiap minggu untuk bersama dan biarkan anak-anak membantu memutuskan cara menghabiskan waktu. Cari cara lain untuk terhubung — taruh catatan atau sesuatu yang spesial di kotak bekal anak.

Jangan merasa bersalah jika orangtua yang bekerja. Banyak hal kecil yang lakukan — membuat popcorn, bermain kartu, window shopping — yang akan diingat anak-anak.

5. Jadilah Role Model yang Baik

Anak-anak kecil belajar banyak tentang bagaimana bertindak dengan memperhatikan orangtua mereka. Semakin muda l, semakin banyak isyarat yang mereka ambil darimu.

Modelkan sifat-sifat yang ingin lihat pada anak-anak: rasa hormat, keramahan, kejujuran, kebaikan, toleransi. Menunjukkan perilaku tidak egois. Lakukan sesuatu untuk orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Ucapkan terima kasih dan berikan pujian. Yang terpenting, perlakukan anak-anak sebagaimana mengharapkan orang lain memperlakukanmu.

6. Jadikan Komunikasi sebagai Prioritas

Anak menginginkan dan pantas mendapatkan penjelasan seperti halnya orang dewasa. Jika kita tidak meluangkan waktu untuk menjelaskan, anak-anak akan mulai bertanya-tanya tentang nilai dan motif kita dan apakah itu memiliki dasar.

Orangtua yang bernalar dengan anak-anak mereka memungkinkan mereka untuk memahami dan belajar dengan cara yang tidak menghakimi.

3 dari 3 halaman

7. Buat ekspektasi jelas

Ilustrasi pola asuh anak, credit/Shutterstock.com/anek.soowannaphoom

Jika ada masalah, jelaskan, ungkapkan perasaanmu, dan ajak anak untuk mencari solusi bersama. Pastikan untuk memasukkan konsekuensi. Membuat saran dan menawarkan pilihan. Bersikaplah terbuka terhadap saran anak. Negosiasi. Anak-anak yang berpartisipasi dalam pengambilan keputusan lebih termotivasi untuk melaksanakannya.

8. Bersikaplah Fleksibel dan Mau Menyesuaikan Gaya Pengasuhan

 Jika sering merasa "dikecewakan" oleh perilaku anak, mungkin dirimu memiliki ekspektasi yang tidak realistis. Orangtua yang berpikir "harus" (misalnya, "Anak saya seharusnya sudah dilatih menggunakan pispot sekarang") mungkin merasa terbantu untuk membaca tentang masalah tersebut atau berbicara dengan orang tua lain atau spesialis perkembangan anak.Lingkungan anak-anak berpengaruh pada perilaku mereka, jadi mungkin dapat mengubah perilaku tersebut dengan mengubah lingkungan.

Jika terus-menerus mengatakan "tidak" kepada anak yang berusia 2 tahun, cari cara untuk mengubah lingkungan sehingga lebih sedikit hal yang dilarang. Ini akan menyebabkan lebih sedikit frustrasi bagi berdua.Saat anak berubah, secara bertahap harus mengubah gaya pengasuhan. Kemungkinan besar, apa yang berhasil dengan anak sekarang tidak akan berhasil dalam satu atau dua tahun.

Remaja cenderung kurang memperhatikan orangtua mereka dan lebih kepada teman sebayanya sebagai panutan. Namun terus berikan bimbingan, dorongan, dan disiplin yang sesuai sambil membiarkan anak remaja Anda mendapatkan lebih banyak kebebasan. Dan raih setiap momen yang tersedia untuk membuat koneksi!

9. Tunjukkan Bahwa Cinta Tidak Bersyarat

Sebagai orangtua, bertanggung jawab untuk mengoreksi dan membimbing anak-anak. Tapi bagaimana l mengungkapkan bimbingan korektif l membuat semua perbedaan dalam bagaimana seorang anak menerimanya.

Saat harus mengkonfrontasi anak, hindari menyalahkan, mengkritik, atau mencari-cari kesalahan, yang dapat merusak harga diri dan dapat menimbulkan kebencian. Sebaliknya, cobalah untuk mengasuh dan mendorong, bahkan ketika mendisiplinkan anak-anak. Pastikan mereka tahu bahwa meskipun dirimu menginginkan dan mengharapkan yang lebih baik lain kali, cinta l tetap ada, apa pun yang terjadi.