5 Sikap Dewasa yang Membuat Hidup Makin Bahagia

Endah Wijayanti diperbarui 07 Jul 2023, 11:15 WIB

Fimela.com, Jakarta "Everybody in the world is seeking happiness—and there is one sure way to find it. That is by controlling your thoughts. Happiness doesn't depend on outward conditions. It depends on inner conditions." Kutipan dari buku How to Win Friends and Influence People tersebut kembali mengingatkan bahwa kebahagiaan bisa didapatkan dari dalam batin.

"Semua orang di dunia mencari kebahagiaan—dan ada satu cara pasti untuk menemukannya, yaitu dengan mengendalikan pikiranmu. Kebahagiaan tidak bergantung pada kondisi lahiriah. Itu bergantung pada kondisi batin." Kita bisa menemukan kebahagiaan di dalam diri kita. Bahkan kita bisa memiliki hidup yang makin bahagia dengan cara bersikap yang lebih dewasa.

 

 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Tidak Menunggu Validasi Orang Lain

ilustrasi perempuan cantik/theshots.co/Shutterstock

Saatnya untuk tidak bergantung pada validasi orang lain untuk bahagia. Sudahi kebiasaan menunggu pujian, apresiasi, atau penghargaan dari orang lain untuk bahagia. Cobalah untuk lebih fokus menghargai diri sendiri. Apresiasi dan sayangi diri sendiri sebaik mungkin di setiap fase kehidupan, maka kebahagiaan akan lebih mudah hadir di hidupmu.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Mau Mengupayakan Kebaikan

ilustrasi perempuan cantik tersenyum/GBJSTOCK/Shutterstock

Untuk bisa bahagia pada dasarnya kita perlu mengupayakannya. Bisa dimulai dengan melakukan hal-hal baik yang bisa membuat suasana hati lebih positif. Bisa coba perbanyak melakukan hal-hal yang dapat memberi arti dan manfaat yang lebih banyak lagi. Pada dasarnya saat kita melakukan kebaikan kita meningkatkan level kebahagiaan di dalam diri.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Bertanggung Jawab atas Pilihan Hidup

ilustrasi perempuan cantik/Dragon Images/Shutterstock

Saatnya untuk lebih berani bertanggung jawab atas pilihan hidupmu sendiri. Hidupmu akan terasa lebih indah saat kamu memiliki kesadaran diri bahwa apa pun pilihan yang kamu ambil itu memang yang terbaik untukmu. Tentu saja dengan tetap membuka diri untuk menerima semua bentuk konsekuensi dan tanggung jawab baru atas setiap pilihan tersebut.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Lebih Mandiri dalam Keseharian

ilustrasi perempuan bahagia/Adriana Marteva/Shutterstock

Saatnya untuk bersikap berani mandiri dalam menjalani keseharian. Dengan begini, kamu bisa melatih dirimu sendiri untuk bertahan dan mampu atasi berbagai persoalan dan tantangan baru dalam hidup. Kebahagiaan pun bisa kamu peroleh dari kepuasan batin bisa melakukan dan mengupayakan sesuatu dengan cara mandiri.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Berdamai dengan Masa Lalu

ilustrasi baik tersenyum/PH888/Shutterstock

Saatnya untuk fokus menjalani masa kini sebaik-baiknya. Berdamailah dengan semua pengalaman pahit di masa lalu. Ambil dan petik pelajaran dari semua hal yang sudah terjadi di masa lalu. Dengan begitu, kamu bisa fokus menjalani masa kini sebaik mungkin untuk masa depan yang lebih indah.

Semoga kehidupan yang lebih bahagia bisa kamu dapatkan dengan cara paling nyaman untukmu, ya.