5 Tanda Perempuan Cerdas yang Tak Gampang Diremehkan Orang

Endah Wijayanti diperbarui 04 Jul 2023, 14:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Sebagai perempuan kita akan selalu dihadapkan pada dilema. Apa pun pilihan hidup yang kita ambil selalu saja ada omongan miring hingga cibiran yang kita dapakan dari orang lain. Bahkan ketika sudah berusaha sebaik mungkin melakukan sesuatu, ada saja pandangan meremehkan dari orang lain.

Di sini kita perlu lebih dulu menyadari bahwa kita tak pernah bisa mengendalikan respons orang lain. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha membekali diri dengan kemampuan untuk memiliki mental yang kuat. Selama ini pun bisa jadi kamu sudah punya mental yang kuat dan membuatmu jadi perempuan cerdas yang tak gampang diremehkan orang.

 

 

2 dari 6 halaman

1. Punya Pandangan Positif terhadap Diri Sendiri

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/theshotsco

Orang mungkin meremehkanmu karena sudut pandang mereka yang sempit. Selama kamu bisa tetap menjaga pandangan positif terhadap dirimu sendiri, maka kamu tak akan gampang terpuruk menghadapi orang-orang yang toxic di sekitarmu. Saat kamu masih bisa memuji diri sendiri, kamu bisa tetap tenang. "Start your day with self-praise—which happens to come highly recommended. Praise yourself as often as you can. This will improve your mood and reduce any feelings of envy you may experience." Kutipan yang diambil dari buku The Child in You ini memaparkan manfaat memuji diri sendiri yang bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa iri. Dari sini kamu bisa tetap merasa tenang ketika diremehkan orang lain sebab hanya dirimu yang paling mengenal dirimu dengan baik.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Berani Bersikap Tegas

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/amnaj3086

Untuk bersikap tegas memang tak selalu mudah. Namun, saat kamu memiliki keberanian ini kamu bisa lebih mudah menghadapi orang-orang yang hanya ingin menjatuhkanmu tanpa merasa terpuruk atau meratapi diri sendiri. Ketika kamu bisa membuat batasan yang sehat dengan orang-orang di sekitarmu, kamu pun bisa lebih nyaman dalam menjalani keseharianmu.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Mau Terbuka Belajar Hal-Hal Baru

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/amnaj3086

Orang yang meremehkanmu mungkin sedang merasa minder dengan kehidupan mereka sendiri. Dalam menghadapinya kamu bisa coba untuk berempati. Tingkatkan empatimu sembari terbuka untuk belajar hal-hal baru. Mungkin memang ada hal yang perlu diperbaiki dari caramu melakukan sesuatu. Sehingga kamu bisa memilih untuk berusaha meningkatkan kualitas diri dan bukan menanggapi orang-orang yang suka memandangmu sebelah mata.

 

5 dari 6 halaman

4. Terbiasa Mandiri

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/theshotsco

Kemandirianmu menjadi salah satu kelebihan terbesar yang kamu miliki. Saat kamu sudah terbiasa mandiri, kamu bisa lebih bertanggung jawab atas pilihan hidup yang kamu ambil. Serta bisa lebih mawas diri dalam membuat prioritas hidupmu sendiri. Sehingga kamu pun bisa lebih tenang menyikapi orang-orang yang suka meremehkanmu. Sebab kamu tahu ada hal-hal lain yang lebih penting untuk dikerjakan dan diselesaikan.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Suka Mencoba Tantangan Baru

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/GBJSTOCK

Keberanianmu mencoba tantangan baru bisa memperkuat mentalmu. Kecerdasanmu juga bisa makin meningkat seiring dengan makin banyaknya pengalaman yang kamu dapatkan. Dari sini mentalmu juga bisa makin kuat. Pribadimu yang makin kuat ini pun bisa tampak lebih karismatik. Orang-orang yang ingin menjatuhkanmu pun bisa merasa minder sendiri saat melihatmu bisa bersinar dengan mentalmu yang makin kuat ini.

Semoga kamu pun bisa tetap menjalani hidup dengan hati yang makin kuat dan tegar lagi, ya.