5 Sikap yang Harus Kamu Buang Jika Tak Ingin Dibenci Orang

Mimi Rohmitriasih diperbarui 03 Jul 2023, 12:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Siapa yang ingin dirinya dibenci orang lain? Bisa dipastikan bahwa tak ada siapapun yang ingin dibenci orang lain. Setiap orang pasti berharap ia disukai atau setidaknya dihargai orang lain. Ketika kamu ingin lebih disukai orang lain, ada beberapa sikap yang harus kamu hilangkan atau buang dari dirimu. Dengan membuang sikap ini, kamu tak akan dibenci oleh orang lain. 

Berikut beberapa sikap yang harus kamu buang jika tak ingin dibenci orang lain.

2 dari 6 halaman

Suka Minjam Barang Orang Lupa Mengembalikan

ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by Aisha Askhadova on Unsplash

Sekali dua kali, meminjam barang orang lain mungkin masih bisa dimaklumi. Tapi, jika kamu terlalu sering meminjam barang orang lain sampai lupa mengembalikan atau sampai barang tersebut rusak, ini yang tak lagi bisa dimaklumi. 

Kebiasaan meminjam barang orang lain, adalah sikap yang cukup membuat orang lain tak nyaman. Buang jauh-jauh sikap dan kebiasaan ini jika orang lain ingin lebih respect dan menghargaimu. 

3 dari 6 halaman

Minta Bantuan Tapi Cenderung Merepotkan

ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by Jeys Tubianosa from Pexels

Setiap orang pasti membutuhkan bantuan orang lain. Namun, jangan sampai kamu suka meminta bantuan hingga membuat orang lain repot. 

Misal, kamu nebeng untuk pergi ke tempat kerja tapi ini kamu lakukan setiap hari. Kamu pun seolah bergantung pada orang yang kamu mintai bantuan. Sayangnya, kamu tak pernah berpikir untuk mengganti uang bensin atau memberi ucapan terimakasih padanya. Sikap seperti ini adalah sikap yang cenderung bikin orang lain membenci dan tidak nyaman bersamamu. 

4 dari 6 halaman

Menceritakan Kebahagiaanmu Saat Orang Lain Kesusahan

ilustrasi kepribadian zodiak/Photo by Nan Ding from Pexels

Merasa bahagia dengan hidupmu adalah hal yang luar biasa istimewa. Terkadang, kamu ingin berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Tapi kamu juga harus tahu tempat dan waktu. Hindari menceritakan kebahagiaanmu dengan orang yang sedang kesusahan. Ini bisa membuat orang lain merasa terluka dan kecewa. Kamu pun bisa menjadi pribadi yang sangat dibenci nantinya. 

5 dari 6 halaman

Suka Berhutang Tapi Enggan Membayar

Ilustrasi perempuan kehabisan uang/copyright shutterstock.com/chaponta

Salah satu penyebab hancurnya persahabatan dan persaudaraan, adalah perkara hutang. Kebiasaan berhutang tanpa ada niat membayar, ini bisa membuatmu sangat dibenci orang lain. Kalau kamu punya hutang, pastikan untuk memprioritaskan membayar hutang terlebih dahulu sebelum membeli atau menggunakan uang yang kamu punya untuk suatu hal.

6 dari 6 halaman

Bermuka Dua

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Opat+Suvi

Siapa yang suka bersikap manipulatif atau bermuka dua? Sikap ini menjadi salah satu sikap yang paling dibenci semua orang. Jika kamu memiliki sikap ini, entah disadari atau tidak, pastikan untuk membuang jauh-jauh sikap ini. Cobalah jadi pribadi yang jujur, apa adanya dan sederhana agar dirimu lebih dihargai. Sikap manipulatif atau muka dua, kerap membuatmu sangat dibenci sekitar. 

Itulah sekian sikap yang harus kamu buang jauh-jauh jika tak ingin hidupmu dibenci orang lain. Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga kita senantiasa lebih bijak dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Semoga kita senantiasa menjadi pribadi yang memiliki budi pun pekerti baik.